Uang Tak Menjamin Kebahagiaan, Hotman Paris Pun Pernah Ingin Bunuh Diri

26 April 2018
|Chandra W.
0SHARES

Apakah uang bisa membeli kebahagiaan? Secara langsung, nggak bisa. Tapi uang dapat digunakan untuk membeli sesuatu yang membuat kita bahagia. Meskipun demikian, kita nggak boleh menggantungkan diri pada uang. Sobat kepo pasti tahu dong Hotman Paris Hutapea pengacara terkenal yang bukan sobat kismin. Melihat kekayaannya dan hobinya buang-buang uang, siapa sih yang akan menyangka ia pernah stres dan punya keinginan untuk bunuh diri?

Dilansir dari Liputan6.com, pada tahun 1982 ia telah menyisihkan ratusan orang untuk dapat diterima sebagai pengacara di firma hukum milik Adnan Buyung. Ia berhasil menyisihkan pesaing-pesaingnya, namun kemudian dipanggil untuk bekerja di Bank Indonesia tanpa tes. Sebagai bank sentral di Indonesia, nggak perlu dipertanyakan lah ya berapa gajinya. Tentu cukup bahkan mungkin berlebih untuk hidup sehari-hari. Banyak orang sampai sekarang memimpikan untuk bekerja di instansi keuangan tersebut.

Namun, Hotman justru merasa stres dan frustrasi hingga ingin bunuh diri dengan menenggak obat nyamuk. Untung saja ia urung membunuh dirinya sendiri karena mendengar para tukang becak saling bersenda gurau dan tertawa-tawa. Ia berpikir, "Tukang becak saja bisa bahagia, masa pegawai bank sentral nggak bisa?"

Uang memang penting, tetapi bukan segalanya. Itu yang bisa diambil dari sekelumit kisah Hotman Paris. Menurut Hotman, orang bisa sukses dengan mencintai pekerjaannya. Namun, orang yang mencintai pekerjaannya pun bisa mengalami kegagalan. Jadi kebahagiaan itu sebenarnya bukan tujuan. Orang-orang seringkali salah memaknai hal ini. Bahagia itu sebenarnya kondisional dan situasional, seperti mood. Terkadang kamu sedih, terkadang bahagia, terkadang tidak merasa apa-apa. Jika lebih banyak orang sadar akan hal ini pasti frustrasi dan depresi tidak akan menjangkiti. 

Sementara itu selama ini karena kebahagiaan dijadikan tujuan, salah satu turunannya adalah: bahagia karena kaya. Kaya artinya punya banyak uang. Padahal ada banyak cara untuk berbahagia dengan tidak menjadikannya tujuan. Setiap hari pun kamu pasti bisa bahagia dengan cara sederhana seperti tersenyum pada orang asing, bangun pagi dan menyaksikan matahari terbit, menghirup aroma teh dan kopi sebelum menyesapnya, dan masih banyak lagi. Jadi, jangan takut kalau kamu nggak punya banyak uang. Takutlah kalau kamu sering lupa bersyukur. Sebab bahagia bukan soal berapa banyak yang kita punya, melainkan seberapa banyak kita bersyukur.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Chandra W.
"Sebaik-baik tulisan adalah yang dibaca sampai akhir."
0SHARES