Uang Tak Bisa Menentukan Kebahagiaan, Tapi 7 Hal Ini Membuat Kamu Berpikir Ulang

www.pexels.com

Uang dan kebahagiaan. Nampaknya dua hal ini saling berkaitan. Apakah kamu menyadari hal ini juga? Contoh sederhananya begini, kamu bekerja tujuannya untuk apa sih? Memiliki karier? Cari pengalaman? Membangun relasi? Ya, apa pun jawabanmu tidak ada yang salah. Tapi pada akhirnya uanglah yang kamu cari. Santai, ini wajar kok karena uang memang bisa membuat kamu merasakan berbagai kenikmatan. Ya, meskipun banyak yang bilang bahwa uang tidak bisa menentukan kebahagiaan. Namun ungkapan ini sepertinya tidak sepenuhnya benar jika kamu ingin memaknainya secara realistis.

Sebenarnya artikel ini nggak menyalahkan bahwa kebahagiaan tidak bisa dibeli oleh uang. Ini memang benar. Tetapi tidak punya uang juga sulit untuk merasakan kebahagiaan itu sendiri. Jadi ketika kamu berpikir realistis dan hidup seimbang, mungkin beberapa hal ini bisa membuat kamu berpikir ulang.

1. Ibarat untuk makan dengan secuil nasi kucing saja kamu tetap membutuhkan uang

uniek88.wordpress.com

Sebut saja nasi kucing yang ukurannya semini itu. Kamu tahu berapa harganya? Mungkin kisaran Rp 1 ribu atau Rp 2 ribu. Murah banget, bukan? Kamu bisa membayangkan jika kamu tak memiliki uang untuk membeli nasi kucing, akhirnya kamu jadi kelaparan dan susah sendiri. Tapi ini hanya contoh sederhana saja. Sebab, kalau kamu ingin merasakan kenikmatan itu terkadang memang membutuhkan uang juga.

2. Faktanya, uang bisa membantu kamu untuk mencukupi segala kebutuhan dalam hidup

unsplash.com

Ini seperti kamu bekerja. Ya memang di dalam proses ini banyak hal yang kamu cari. Misal ingin punya jabatan, karier cemerlang, punya relasi yang luas, pengalaman, dan lain sebagainya. Tapi sebenarnya ujung-ujungnya kamu juga mencari uang untuk mencukupi kebutuhan kamu juga, kan? Kamu pasti juga membayangkan jika kamu nggak punya pekerjaan atau uang. Bisakah kamu melakukan hal ini? Atau ujungnya merana dan mendramatisir nasib kamu sendiri?

3. Bisakah kamu menyebutkan satu hal yang benar-benar tidak membutuhkan uang di dunia ini?

unsplash.com

Hmm, apa ya. Emang di dunia ini ada yang sepenuhnya bisa kamu nikmati secara gratis? Udara? Ya, gratis tapi nggak bikin kenyang juga. Cinta? Tetap saja kamu butuh uang untuk menjadikan itu sempurna. Apalagi buat meresmikan hubungan menjadi sah membutuhkan banyak modal. Kencan juga butuh duit buat beli makan. Apa lagi? Kebahagiaan? Kalau kamu nggak punya duit, masih bisa merasakan itu nggak? Hmm, yuk mikir bareng-bareng sambil mencari jawaban untuk poin ini.

4. Antara uang dan kebahagiaan, antara orang kaya dan miskin. Di tengahnya terdapat keadilan juga

www.instagram.com

Percayalah hidup ini maha adil. Kamu tak perlu sirik melihat orang kaya yang bisa membeli segalanya untuk mendapatkan kebahagiaan (meski sirik juga normal). Tapi yakinlah bahwa mereka juga punya masalah sendiri dalam hidup. Bahkan, bisa jadi masalahnya lebih berat dari problematika hidup kamu. Contoh paling gampang sih para koruptor. Kalau soal harta mereka nggak perlu diragukan lagi. Semua juga bisa dia beli dengan uang. Tapi pada akhirnya ujungnya di penjara juga. Belum lagi kalau dia punya utang banyak. Jadi bersyukurlah dengan apa yang kamu miliki sekarang. Uang dan kebahagiaan bisa kamu cari, kok.

5. Tenang, hidup sederhana tetap bisa membuat kamu merasakan kebahagiaan seutuhnya
unsplash.com

Sederhana dan nggak aneh-aneh sebenarnya cara terbaik untuk bisa menikmati hidup dan kebahagiaan itu sendiri. Kamu tetap harus bersyukur sekalipun uangmu juga tidak banyak. Kamu tak perlu pusing jika tidak mampu membeli berbagai barang mahal, sudah bisa makan saja sudah untung. Kamu harus bisa melihat orang-orang sekitarmu, bagaimana kehidupan orang di belahan dunia lain. Jika kamu bisa melakukan hal ini, kamu bakal bisa hidup lebih bersyukur karena kebahagiaan tidak melulu soal uang.

6. Hiduplah secara efektif. Penuhilah kebutuhan kamu, bukan keinginan semata
unsplash.com

Tak peduli uangmu banyak atau sedikit. Tapi selalu ingat hal ini agar kehidupanmu terasa lebih menyenangkan. Memburu keinginan semata nggak akan ada habisnya dan hanya membuat dompet kamu kering. Ini bahaya, apalagi kalau duitmu cuma pas-pasan, bisa makin jebol tuh dompet. Jadi hiduplah secara efektif sekaligus dalam menggunakan uangmu. Meskipun pundi-pundi rupiah kamu tidak banyak, tetapi management-nya bagus, pasti kamu bisa lebih menikmati hidup dan bahagia.

7. Percayalah Tuhan selalu maha adil, tinggal bagaimana cara kamu memaknainya

www.pexels.com

Berpikir hidup ini tidak adil? Lebih baik jangan menyalahkan Tuhan dalam hal ini. Parah juga kalau kamu berpikirnya kayak gitu. Sebenarnya kebahagiaan hidup itu tinggal bagaimana cara kamu memaknainya, karena mungkin kamu belum bisa merasakan kenikmatan itu sendiri. Contoh sederhananya ketika kamu makan. Sekalipun kamu cuma makan sama nasi kucing sambel teri, cobalah kamu rasakan setiap gigitannya, kalau kamu benar-benar bisa merasakannya, kenikmatan itu bisa kamu dapatkan, kok. Kamu juga harus tahu bahwa banyak orang di liuar sana yang nggak seberuntung kamu. Malahan, bisa jadi mereka nggak tahu nasi kucing.

Setelah membaca artikel ini, kamu harus bisa sadar bahwa hidup itu harus seimbang dan realistis. Semua tak perlu kamu paksakan. Tapi kalau kamu nggak punya uang ya jangan pasrah juga. Kebahagiaan memang nggak bisa ditentukan oleh uang, begitu pula sebaliknya. Tapi perdebatan ini nggak penting. Tapi lebih bagaimana kamu menjalani hidup kamu dengan segala kondisi yang ada. Mulai sekarang, seimbanglah dalam mengolah kehidupan kamu, realistislah dalam melihat keadaan kamu. Semoga dengan begitu, kamu bisa menikmati hidup ini lebih baik.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
7 Tips Stalking Aman Tanpa Pakai Akun Palsu. Kepo Like A Pro, Yuk!

7 Tips Stalking Aman Tanpa Pakai Akun Palsu. Kepo Like A Pro, Yuk!

Gaji Nggak Bakal Ludes di Awal Bulan dengan 10 Aplikasi Money Management Terbaik Ini!

Gaji Nggak Bakal Ludes di Awal Bulan dengan 10 Aplikasi Money Management Terbaik Ini!

Duduk 8 Jam Sehari itu Nggak Sehat, Lakukan Gerakan Workout Ringan Ini Biar Bugar!

Duduk 8 Jam Sehari itu Nggak Sehat, Lakukan Gerakan Workout Ringan Ini Biar Bugar!

Jangan Biarkan Ketakutan Menutup Potensi yang Kamu Miliki. Cara Ini Bikin Kamu Pede Lagi!

Jangan Biarkan Ketakutan Menutup Potensi yang Kamu Miliki. Cara Ini Bikin Kamu Pede Lagi!

Nggak Perlu ke Dukun! Menurut Zodiak, Begini Cara Bikin Cowok Jatuh Cinta Sama Kamu

Nggak Perlu ke Dukun! Menurut Zodiak, Begini Cara Bikin Cowok Jatuh Cinta Sama Kamu

10 Inspirasi Meja Kerja Minimalis. Kalau Gini, Jadi Makin Semangat Ngejar Target!

10 Inspirasi Meja Kerja Minimalis. Kalau Gini, Jadi Makin Semangat Ngejar Target!

loading