Trik Mudah Bergaul dengan Keluarga Besar Saat Lebaran untuk Si Introvert

unsplash.com

Memiliki kepribadian yang cenderung tertutup atau introvert memang seringkali membuat seseorang menjadi tidak nyaman saat harus berkumpul dengan. Nggak menutup kemungkinan saat ada kumpul keluarga besar saat Lebaran nanti.

Mereka yang memiliki kepribadian tertutup ini biasanya menarik diri dari lingkungan sekitarnya, dan senang menghabiskan waktu sendiri. Tapi, bagaimana ketika seorang introvert harus berkumpul bersama banyak orang termasuk keluarga besar mereka sendiri? Ada banyak dari mereka yang akan tertekan.

Tetapi, ada beberapa trik mudah untuk mengurangi perasaan tertekan atau perasaan tidak nyaman saat harus berkumpul dengan banyak orang. Kira-kira cara yang seperti apa yang bisa dipraktikkan saat hari besar ini tiba?

1. Berpikir dengan tenang sebelum bertemu banyak orang

pexels.com

Saat berkumpul dan bertemu dengan banyak orang, mereka yang memiliki kepribadian tertutup ini biasanya terlihat gugup, tidak percaya diri bahkan panik. Maka dari itu, sebelum bertemu dengan banyak orang, kamu yang memiliki kepribadian ini diwajibkan untuk menenangkan diri terlebih dahulu.

Jangan terburu-buru untuk bertemu banyak orang. Kamu harus meyakinkan dirimu sendiri sebelum bertemu banyak orang tidak akan bikin kamu merasa tertekan. Apalagi saat harus berkerumun dengan banyak orang.

2. Buatlah dirimu nyaman sebelum bertegur sapa

pexels.com

Buatlah dirimu nyaman dulu sebelum keluar dari zona nyaman. Ketika berkunjung ke rumah saudara atau ada keluarga besarmu yang berkunjung ke rumah, buat rasa percaya diri terkumpul terlebih dulu sebelum menyambut para tamu.

Hal ini dibutuhkan seseorang yang memiliki kepribadian tertutup untuk meminimalisir risiko mereka merasa tertekan dan panik. Mereka yang tertutup cenderung menghindari kerumunan orang banyak karena merasa dirinya kurang percaya diri. Yakinkan dirimu sendiri untuk nyaman, ya.

3. Cari tempat untuk menyendiri sejenak dari banyak orang

pexels.com

Bagi yang memiliki kepribadian tertutup, baiknya kamu menemukan tempat untuk menyendiri sejenak dari banyak orang. Situasi crowded adalah hal yang paling dibenci mereka yang introvert. Menjauhkan diri sejenak untuk menenangkan pikiran bisa menjadi solusi terbaik saat kamu sudah mulai merasa jengah.

4. Jangan memaksakan diri untuk berbicara kalau tidak suka
pexels.com

Poin selanjutnya yang perlu dilakukan adalah jangan terlalu memaksakan diri untuk berbicara dengan banyak orang jika kamu memang dirasa sudah tidak nyaman. Berbicara dengan banyak orang memungkinkan kamu untuk lebih merasa tertekan. Apalagi jika bahan pembicaraannya cenderung tidak nyambung dan tidak kamu sukai. Kamu tidak harus basa-basi dengan orang lain. Mereka mungkin akan mengerti dengan hal ini karena tahu jika kamu memang tidak bisa berbasa-basi.

5. Hindari percakapan yang mengarah ke kehidupan pribadimu
pexels.com

Selanjutnya, hindari percakapan yang mengarah ke ranah privasi. Membicarakan kehidupan pribadi dengan orang lain meskipun itu adalah keluargamu sendiri, akan membuatmu merasa jauh lebih tertekan. Orang lain akan mengetahui hal-hal senstitif tentang dirimu. Hal ini tidak baik bagi si introvert karena akan membuatnya jadi serba salah dan sensitif.

6. Jangan jadi orang lain, banggalah dengan dirimu apa adanya

pexels.com

Ketika berkumpul dengan orang banyak, kamu yang memiliki kepribadian tertutup ini jangan memaksakan diri untuk menjadi orang lain. Jika kamu memang tidak nyaman dan tidak menyukai berbasa-basi dengan orang lain.

Mungkin kamu harus mulai membiarkan orang mengenal dirimu yang sesungguhnya. Biarkan saja jika mereka ingin mengomentarimu. Jadilah dirimu sendiri, jangan biarkan orang lain menganggu apa yang membuatmu bahagia dan nyaman.

7. Jika sudah selesai acara, segera pamit undur diri

pexels.com

Pulang adalah hal yang mungkin paling ditunggu-tunggu mereka yang tertutup. Undur diri adalah satu-satunya hal yang dapat membuat mereka bebas dari segala kerumunan banyak orang. Kamu bisa merencanakan pulang lebih awal setelah acara selesai.

Jangan terlalu lama berada di sana. Setelah acara selesai, kemungkinan untuk harus berbasa-basi akan jauh lebih banyak. Tapi ini bukan berarti kamu harus menjauhi keluarga besar, ya.

Momen berkumpul dengan keluarga besar memang menyenangkan dan bisa menjadi momen langka akibat kesibukan masing-masing. Namun, hal ini tidak selalu dirasakan sama oleh mereka yang memiliki kepribadian serba tertutup.

Berkumpul dengan keluarga besar mungkin baik untuk mereka. Namun jika akhirnya malah membuatmu tertekan, lebih baik segera disudahi. Yang penting, niat dan tujuan sudah dilaksanakan. Jangan lupa untuk selalu meninggalkan kesan baik kepada keluarga besar walaupun sebenarnya kamu tidak terlalu nyaman. 

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
7 Cara Terbaik Agar Tetap Nyaman dengan Diri Sendiri

7 Cara Terbaik Agar Tetap Nyaman dengan Diri Sendiri

8 Hal Mengganggu yang Akan Muncul Jelang Hari Pernikahan

8 Hal Mengganggu yang Akan Muncul Jelang Hari Pernikahan

Langkah Tepat Menolong Orang yang Kondisinya Belum Pernah Kita Alami

Langkah Tepat Menolong Orang yang Kondisinya Belum Pernah Kita Alami

Tips Simpel Mengusir Bad Mood Saat Menunaikan Ibadah Puasa

Tips Simpel Mengusir Bad Mood Saat Menunaikan Ibadah Puasa

Tanda Hubunganmu Udah Nggak Sehat. Lebih Baik Tinggalkan Daripada Menderita Dipertahankan

Tanda Hubunganmu Udah Nggak Sehat. Lebih Baik Tinggalkan Daripada Menderita Dipertahankan

Kebaikan-kebaikan Kecil Ini Bikin Kamu Percaya, Masih Ada Orang yang Hatinya Mulia!

Kebaikan-kebaikan Kecil Ini Bikin Kamu Percaya, Masih Ada Orang yang Hatinya Mulia!

loading