Trik Mendekorasi Ruang Tamu dengan Tatanan Anti Mainstream

unsplash.com

Ruangan pertama yang akan dilihat oleh orang lain yang berkunjung ke rumah kita setelah halaman depan adalah tamu. Itu sebabnya, menata ruang tamu menjadi cukup penting. Bukan unuk mendapat pengakuan dari tamu yang datang. Bukan juga diniatkan untuk memamerkan sesuatu kepada tamu. Tapi supaya setiap orang yang berkunjung ke rumah kita merasa nyaman.

Hal itu seringkali tidak begitu diperhatikan oleh orang-orang. Padahal menata ruang tamu juga bisa memberikan kenyamanan bagi setiap penghuni rumah tersebut. Jadi tidak ada salahnya mulai saat ini kita lebih memperhatikan penataan di rumah kita sendiri.

1. Dimulai dari perabotan wajib

unsplash.com

Cara menata ruang tamu yang pertama adalah memperhatikan kebutuhan serta furnitur. Ruang tamu di setiap rumah nggak selalu memiliki kebutuhan perabot yang sama. Hal ini disebabkan oleh gaya hidup dari sang empu.

Untuk pemilik rumah yang lebih suka menghabiskan waktu di luar, cara menata ruang tamu akan terpengaruh karena ruang tamu akan sangat jarang digunakan. Terlepas dari apapun fungsi tersebut, ada beberapa perabotan wajib yang harus ada dalam setiap ruang tamu.

Tempat duduk: kursi atau sofa

Tidak perlu diperdebatkan lagi bahwa kehadiran sofa dan kursi tamu adalah hal wajib saat berbicara mengenai cara menata ruang. Terutama mengenai pemilihan perabotan. Tempat duduk adalah perabot wajib yang harus ada. Tapi, tempat duduk seperti apa yang harus dipilih untuk ruang tamu milikmu?

Kalau sering menerima tamu dan menghabiskan waktu di ruang tamu, cara menata ruang yang lebih cocok adalah dengan menggunakan kursi sofa yang memiliki bantalan yang nyaman. Sedangkan jika ruang tamu jarang digunakan, kursi rotan atau kursi minimalis sudah cukup untuk mengisi ruang tamu milikmu.

Coffee table

Banyak yang menganggap coffee table hanya mempersempit ruang tamu. Padahal perabot satu ini juga penting. Cara menata ruang tamu saat kamu memiliki ruang terbatas adalah menggantinya dengan side table yang berukuran lebih kecil.

Adanya meja juga akan mempermudah tamu yang datang membawa barang. Selain itu, tentu kamu memerlukan meja untuk menyajikan minuman kepada tamu yang datang, bukan?

2. Pemilihan warna dan pola dinding

unsplash.com

Cara menata ruang tamu juga tak lepas dari finishing dinding yang akan diaplikasikan pada ruang utama ini. Hal satu ini menjadi penting karena dinding akan menjadi elemen dominan yang akan mempengaruhi atmosfer dan suasana dari ruang tamu.

Untuk ruang tamu yang sering digunakan bercengkrama dengan tamu dan keluarga, cara menata ruang yang tepat adalah minimalisir warna terang dan pola-pola terlalu berlebihan. Ini akan memberikan kesan keras dan menjadi terlalu melelahkan untuk mata.

Kamu bisa menggunakan warna yang lembut agar ruangan tersebut tetap nyaman untuk dinikmati dalam waktu yang lama. Sedangkan untuk ruang tamu sebagai ruang pelengkap, kamu bisa lebih ekspresif dengan warna terang dan pola-pola lebih berani.

3. Material lantai yang pas dan nyaman

unsplash.com

Cara menata ruang tamu agar lantai terasa nyaman adalah dengan penggunaan material yang hangat dan tidak terlalu keras. Pilihan umumnya adalah parket dan vynil. Namun, banyak juga yang ingin menghadirkan kemewahan pada ruang tamu dengan material seperti marmer ataupun material keras lainnya. 

4. Pencahayaan
unsplash.com

Banyak yang masih belum tahu cara menata ruang tamu, khususnya pada bagian pencahayaan. Fungsi pencahayaan pada ruang tamu tidak hanya untuk mempermudah aktivitas, tapi juga akan menghidupkan suasana.

Kalau banyak melakukan aktivitas berat seperti berdiskusi hingga membaca buku, pencahayaan lampu terang berwarna putih akan jauh lebih baik. Pencahayaan temaran cocok sebagai cara menata ruang tamu yang lebih nyaman untuk bercengkerama.

Jangan karena ruangan itu adalah ruang tamu dan cenderung jarang disinggahi, tempat tersebut jarang diperhatikan penampilannya. Justru saat ruang tamu terlihat nyaman, ruangan lain pun pasti dibuat lebih nyaman.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Bikin Heboh Sebut Renang Bisa Hamil, Netizen Geram Usai Tahu Gaji Komisioner KPAI Rp21 Juta per Bulan! | Keepo.me

Bikin Heboh Sebut Renang Bisa Hamil, Netizen Geram Usai Tahu Gaji Komisioner KPAI Rp21 Juta per Bulan! | Keepo.me

Tanda Seseorang Terindikasi Jadi Bucin ke Pasangan

Tanda Seseorang Terindikasi Jadi Bucin ke Pasangan

Ketika Menikah Segampang DM "Assalamualaikum"! | Keepo.me

Ketika Menikah Segampang DM "Assalamualaikum"! | Keepo.me

Lakukan Hal Ini Agar Meja Belajar Selalu Rapi dan Nyaman

Lakukan Hal Ini Agar Meja Belajar Selalu Rapi dan Nyaman

10 Laptop AMD Ryzen 5 Murah & Terbaik  untuk Kerja Harian hingga Gaming | Keepo.me

10 Laptop AMD Ryzen 5 Murah & Terbaik untuk Kerja Harian hingga Gaming | Keepo.me

Tips Menciptakan Kamar Mandi dengan Nuansa Alam

Tips Menciptakan Kamar Mandi dengan Nuansa Alam

loading