Trik Finansial Jitu Ala Anak Kos untuk Bertahan di Tanggal Tua

pixabay.com

Jauh dari orangtua dan melakukan banyak hal sendiri adalah konsekuensi menjadi anak rantau. Uang saku pas-pasan, mau jajan dan jalan kudu mikir berkali-kali adalah ciri khas yang melekat kuat dalam diri anak kos.

Bagi yang harus bertahan hidup di luar kota, pasti paham rasanya saat menghadapi akhir bulan. Terancam nggak bisa nongkrong sampai gagal ngajakin gebetan makan bareng jadi sebagian kecil dari kepahitanmu.

Mengais uang recehan dan jadi langganan di warteg sudah jadi hal lumrah tiap kali mendekati tanggal 20-an. Meski sebenarnya kehidupan anak kos itu menyenangkan, tetap semuanya terasa suram. Ikuti trik jitu ini untuk bertahan di tanggal tua.

1. Rajin jadi panitia seminar atau event gratis kampus

pexels.com

Seminar kampus mungkin terkesan membosankan bagi sebagian orang. Jangan salah, acara seminar dan event gratis kampus yang menurutmu membosankan ini nyatanya bisa menyelamatkan keuanganmu di tanggal tua.

Menjadi peserta dan panitia penyelenggara bisa bikin kamu kenyang. Biasanya para peserta maupun para panitia penyelenggara akan mendapatkan jatah katering gratis dari kampus.

Bahkan kalau beruntung, kamu malahan dihrauskan menghabiskan stok roti yang bakalan basi kalau nggak langsung dimakan. Selain dapat ilmu dan pengalaman, tentunya perut jadi riang.

2. Berdayakan diskon atau promo makan di aplikasi daring

pexels.com

Biasakan mengecek diskon dan promo makanan di aplikasi daring. Zaman udah canggih, kita nggak perlu lagi menukar voucher promo dari koran. Kamu tetap bisa makan enak dengan harga miring.

Sering-sering saja cek aplikasi jasa antar dan e-wallet, akan selalu ada promosi yang menggiurkan dan hemat. Tentu hal ini nggak boleh dilewatkan para pengabdi diskonan akhir bulan.

Kamu bisa menyisihkan uang jajan dari awal bulan untuk di top-up ke aplikasi tersebut. Kalau sewaktu-waktu butuh dan kebetulan ada promo, tinggal pesan deh.

3. Sering silaturahmi ke rumah teman maupun mantan terdekat

pexels.com

Buat yang punya teman yang memang tinggal dengan orangtuanya di kota sana, kamu bisa juga nih memanfaatkan kesempatan ini untuk makan gratis. Jangan lupakan juga tujuan utamanya untuk menambah pahala dengan bersilaturahmi.

Nggak ada salahnya main ke rumah teman untuk silaturahmi maupun belajar bareng. Pas ditawari makan, kamu juga ikut kecipratan.

4. Modal beli rice cooker dan stok beras bulanan
pexels.com

Trik yang bisa diandalkan untuk meminimalisir pengeluaran adalah dengan memasak nasi sendiri. Tinggal beli lauk di warteg termurah di sekitarmu.

Nggak ada salahnya menyisihkan uang untuk membeli penanak nasi dan stok beras bulanan tiap dapat uang saku. Dengan memasak nasi sendiri, setidaknya kamu bisa menghemat pengeluaran hingga 5 ribuan untuk sekali makan.

5. Jangan sia-siakan janur kuning di sekitarmu
pexels.com

Menjadi tamu dalam sebuah pernikahan memang menyenangkan. Makan gratis dan dapat souvenir lucu. Hal kayak gini nggak seharusnya dilewatkan para anak kos yang udah kepepet banget menjalani hari-hari di tanggal tuanya.

Buat anak kos yang nggak tahu diri, mungkin sudah sering hunting sama teman mencari janur kuning biar bisa jadi tamu illegal dan makan gratis. Namanya juga kepepet.

6. Jangan ragu jadi asisten dosen loyal di kampus

pexels.com

Buat yang lumayan pintar menarik hati dosen, jangan menolak tawaran untuk menjadi asisten dosen. Profesi ini membanggakan sekaligus menguntungkan. Selain yang jelas akan mendapatkan banyak ilmu dan pengalaman yang nggak dirasakan kebanyakan mahasiswa lain, kecipratan makan gratis juga bisa kamu dapatkan.

Apalagi kalau dosennya memang terkenal loyal dan baik hati. Kalau ada lemburan dari dosen, sudah pasti kamu mendapatkan uang saku tambahan walaupun jumlahnya nggak seberapa.

7. Sisihkan uang bulanan, jangan hedon, dan menabung

pexels.com

Jangan malas untuk menyisihkan sedikit demi sedikit uang jajan setiap hari. Tabung dan simpan di tempat yang sulit untuk diambil kembali. Jangan selalu dihabiskan untuk berfoya-foya di awal bulan. Makan enak di restoran sesekali sih nggak apa-apa, tapi jangan setiap hari.

Kalau merasa jadi salah satu anak kos yang harus berjuang sendirian di kota orang, pastikan kamu untuk menyimak dan mempraktikkan melaksanakannya trik-triknya. Selamat mencoba! Tidak ada lagi kelaparan di akhir bulan.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Cara Print Excel dari Laptop dan PC Anti Ribet, Kelar Secepat Kilat! | Keepo.me

Cara Print Excel dari Laptop dan PC Anti Ribet, Kelar Secepat Kilat! | Keepo.me

Temanmu Suka Pamer Aktivitas Lari? Justru Mereka yang Harus Ditiru!

Temanmu Suka Pamer Aktivitas Lari? Justru Mereka yang Harus Ditiru!

Resep Sempol Ayam Rumahan dengan Jaminan Rasa yang Juara | Keepo.me

Resep Sempol Ayam Rumahan dengan Jaminan Rasa yang Juara | Keepo.me

Kiat Sukses Jadi Freelancer dengan Income yang Berlimpah

Kiat Sukses Jadi Freelancer dengan Income yang Berlimpah

Cara Membuat Dimsum Rumahan yang Mendekati Resep Autentiknya | Keepo.me

Cara Membuat Dimsum Rumahan yang Mendekati Resep Autentiknya | Keepo.me

Inspirasi Kamar Bernuansa Putih dan Natural Wood yang Sedang Digemari

Inspirasi Kamar Bernuansa Putih dan Natural Wood yang Sedang Digemari

loading