Trik Belanja Barang Elektronik Secara Online, Aman dan Bebas Khawatir

unsplash.com

Digitalisasi terjadi karena perkembangan teknologi yang begitu cepat. Di setiap aspek kehidupan, semuanya dituntut untuk cepat dalam mengelola segala hal. Hal itu diwujudkan dengan kehadirak barang elektronik seperti smartphone, tablet ataupun komputer jinjing yang semakin banyak. Pembaharuan yang terus terjadi membuat banyak orang mau tidak mau harus membeli gadget baru untuk bisa mengikuti kecepatan teknologi.

Dalam membeli barang elektronik baru, tentu selain harga kamu juga perlu mempertimbangkan kenyamanan dan ketepatan saat bertransaksi. Apapun alat elektroniknya mulai dari smartphone, televisi, kulkas, pendingin udara, hingga komputer, saat ini bisa dibeli di e-commerce tanpa perlu harus datang ke toko. 

Namun pada praktiknya, masih ada banyak orang yang takut untuk membeli barang elektronik lewat online store. Entah karena takut ditipu atau takut barang rusak sebelum dipakai. Supaya bisa mendapatkan harga terbaik dari barang berkualitas, ikuti tips belanja ini saja, guys.

1. Periksa status toko online dan lihat ulasannya

pixabay.com

Hal yang pertama dilakukan saat mencari barang elektronik yang diinginkan adalah melihat toko untuk menentukan apakah lapak itu terpercaya atau tidak. Saat ini, e-commerce mempermudah calon pembeli untuk melihat status toko. Mulai dari terakhir aktif, jumlah banyak barang yang terjual, dan ulasan dari pelanggan

Bahkan saat ini, banyak brand besar yang ikut bergabung dengan e-commerce sehingga pembelinya bisa membeli barang secara terpercaya karena tokonya telah terverifikasi.  Khusus untuk pembeli barang elektronik, biasanya dilengkapi dengan garansi 7 hari penukaran dan 100% jaminan produk asli dari seller terverifikasi.

2. Bandingkan tiap toko

pixabay.com

Seperti belanja pada umumnya, kamu tetap harus membandingkan harga dari toko ke toko. Banyaknya toko di e-commerce bisa membuatmu membandingkan rincian jenis barang, penawaran terbaik, diskon, hingga harga yang cocok dengan budget yang dimiliki. 

Kamu harus tahu dulu harga pasar agar tak mudah tergiur dengan harga yang jauh kebih murah. Selain itu, kamu juga perlu cek orisinalitas dari produk yang dijual dan garansi yang ditawarkan. Supaya mudah, lakukan perbandingan harga secara online dari gambar yang tertera dan spesifikasi barang yang akan dibeli.

3. Pilih e-commerce yang terpercaya

pixabay.com

Mudahnya teknologi untuk menciptakan banyak hal membuat banyak e-commerce bermunculan. Kamu juga perlu hati-hati dalam memilih toko apalagi untuk melakukan transaksi. Kemudahan untuk melakukan pembayaran barang dari online shop juga sudah beragam. 

E-commerce kini bermitra dengan banyak bank, minimarket, dan dapat memilih untuk membayar melalui metode Cash On Delivery (COD), transfer melalui bank, serta angsuran kartu kredit. Apapun pilihannya, gunakan cara yang memberikanmu pengalaman bertransaksi yang aman dan terlindungi.

4. Cek rekomendasi produk
pixabay.com

Biasanya ketika membeli produk online, kamu akan direkomendasikan barang berdasarkan histori pencarian di e-commerce. Platform belanja online saat ini sudah membuat daftar produk sesuai dengan kategori untuk lebih mudah dicari dan pembeli tidak merasa kerepotan. Meski barangnya lucu dan murah, jangan mudah tergiur dan ingin membelinya padahal tidak sedang benar-benar butuh. Pikir baik-baik sebelum checkout, ya.

5. Tanyakan ketersediaan barang ke penjual
pixabay.com

Barang elektronik tentu memiliki kompleksitas dari segi varian dan spesifikasi. Selain kamu harus sudah tahu spesifikasinya dari review di YouTube dan website resminya, kamu perlu tahu kekurangan dan kelebihan dari barang tersebut.

Sebagai pembeli, kamu nggak boleh menyepelekan detail specs yang ditulis oleh penjualn online di kolom deskripsi. Kamu harus tahu dengan baik berbagai aspek terkait produk yang akan dibeli. Semakin banyak informasi yang kamu ketahui, semakin mudah untuk mengetahui mana toko yang paling cocok dan sesuai dengan kantong. Kamu juga bisa bertanya lebih dahulu dan bisa menilai dari cara penjual memberikan jawaban yang meyakinkan ketika ditanya terkait produknya.

6. Tanyakan packing produk

pixabay.com

Langkah selanjutnya jika sudah yakin membeli di toko tertentu, kamu bisa tanyakan soal pengemasan produk saat dikirim. Apalagi produk elektronik memang rentan rusak apabila tidak di-pack dengan baik. Apalagi jika dikiri ke luar kota. Khawatir itu wajar, maka dari itu manfaatkan fitur chat untuk menanyakan soal hal tersebut kepada seller.

Kamu bisa bertanya kepada penjual untuk meminta tambahan bubble wrap agar menghindari hal yang tidak diinginkan. Kamu juga bisa meminta packing kayu yang digaransi. Selain itu, kamu juga perlu membayar lebih jika request tambahan untuk pengiriman barangnya, ya.

7. Beli merek terkenal

pixabay.com

Budget pas-pasan membuatmu bingung mau beli produk. Meskipun begitu jika berurusan dengan barang elektronik, ada baiknya untuk membeli merek yang sudah terkenal dan populer. Selain mudah untuk klaim garansi, kamu juga lebih mudah mendapatkan informasi untuk review dan ulasannya. Meski agak mahal, brand terkenal bisa memberi jaminan konsumen bebas khawatir dan masa garansi yang lebih lama.  

Banyak pembeli yang memandang sebelah mata soal fungsi dari deskripsi produk di online store. Padahal dari penjelasan tersebut kamu bisa melihat keniatan penjualnya untuk menuliskan detail barang yang dijual. Ini adalah aspek penting yang menguntungkan dan memudahkan kedua belah pihak ketika betransaksi membeli barang elektronik maupun kebutuhan lainnya. Selalu terapkan cara di atas demi pengalaman belanja yang aman, ya.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
40 Kata-kata Bijak Lucu Penuh Humor yang Mengundang Tawa | Keepo.me

40 Kata-kata Bijak Lucu Penuh Humor yang Mengundang Tawa | Keepo.me

Perintilan Fashion yang Wajib Dimiliki Wanita di Usia 20-an

Perintilan Fashion yang Wajib Dimiliki Wanita di Usia 20-an

Aplikasi Watermark Foto untuk Hindari Pencurian Karya Visual | Keepo.me

Aplikasi Watermark Foto untuk Hindari Pencurian Karya Visual | Keepo.me

Merasa Kesepian? Coba Lakukan Ini untuk Jaga Kesehatan Mental

Merasa Kesepian? Coba Lakukan Ini untuk Jaga Kesehatan Mental

5 Artis Cilik Ini Berani Berakting dalam Film Kategori Dewasa | Keepo.me

5 Artis Cilik Ini Berani Berakting dalam Film Kategori Dewasa | Keepo.me

Mengintip Gaya Keren Para Selebriti Tanah Air Saat Bersepeda

Mengintip Gaya Keren Para Selebriti Tanah Air Saat Bersepeda

loading