Tips untuk Pendaki Pemula yang Mau Memulai Perjalanan ke Puncak Gunung

unsplash.com

Indonesia memang dikenal kaya dengan pesona alamnya. Untuk yang penat karena banyak tugas dari kuliah dan deadline kerjaan, kalian bisa liburan dengan mendaki gunung. Meskipun mau banget naik gunung, tapi banyak juga berita mengenai kehilangan dan kejadian aneh di atas gunung bikin nyali ciut.

Ada beberapa faktor dari kecelakaan ketika mendaki gunung itu karena ketidaktahuan dan ketidakpedulian dari para pendaki itu sendiri. Kalau mau naik gunung tapi masih pemula, kami akan memberikan tips mendaki gunung yang akan mengurangi risiko kecelakaan di gunung. Check this out!

1. Meluruskan niat terlebih dahulu

unsplash.com

Menjelajahi alam untuk sebuah foto pamer di Instagram tanpa mementingkan keselamatan bakal membawa petaka. Pastikan dalam pendakian kamu meniatkan hal-hal baik niatmu sudah lurus dan kuat, fisik juga jadi kuat karena kamu yakin kamu akan selalu dalam lindungan-Nya.

Semua pendaki pasti ingin mencapai puncak gunung yang didaki. Namun puncak bukan segalanya. Kita perlu tahu kapasitas masing-masing. Jangan sampai malah maksa ke puncak dengan mengorbankan teman seperjuanganmu. Buat kamu yang niatnya masih miring, tolong diluruskan dulu, ya!

2. Izin orangtua itu penting

unsplash.com

Paling penting dari naik gunung adalah kita mengagumi keindahan alam sekaligus mengasah pribadi bersama sesama pendaki. Tapi, izin dari orang tua sebelum mendaki itu paling penting. Restu Tuhan ada pada orang tua. Kalau tidak disetujui untuk pergi mendaki, cobalah beri pengertian dan jangan marah-marah.

Kasih perhatian tentang omongan apa yang keluar dari mulut orang tua kalian ketika meminta izin mendaki. Biasanya, orangtua memang cemas dengan keselamatanmu. Untuk itu, selain kamu membuktikan bahwa fisik dan stamina kamu oke dengan rajin bantu-bantu orangtua beres-beres, coba minta baik-baik dengan meminta doa untuk menjelajah alam ini.

3. Punya mental baja

unsplash.com

Banyak orang yang mau mendaki tapi nyalinya ciut ketika tahu harus jalan kaki berjam-jam sambil bawa tas besar di punggung. Mau naik gunung buat sekadar nampang, kamu salah besar. Tahu nggak sih kalau naik gunung itu melelahkan.

Menjelajahi gunung itu belajar survive, bertahan dari kelemahan diri sendiri, menjadi berani dan kembali lagi ke rumah dengan selamat. Jadi, persiapkan dulu mental kalian sebelum mendaki.

4. Fisik yang terlatih
unsplash.com

Fisik lemah kurang cocok jadi kamu punya niatan untuk naik gunung. Walaupun gunung itu diam dan kamu injak-injak, jangan pernah remehkan gunung. Meskipun dapat banyak informasi kalau gunung yang akan didaki itu aman, kamu harus selalu mempersiapkan diri.

Kita tidak pernah tahu akan terjadi apa nanti. Persiapan fisik yang matang sebelum mendaki jadi point penting agar kita punya kekuatan lebih untuk bertahan sebelum mencapai puncak. Untuk meningkatkan kekuatan, biasakan latihan fisik minimal 1 bulan sebelum keberangkatan dengan jogging setiap pagi dan sore agar fisikmu tidak mudah lelah.

5. Packing adalah kunci
unsplash.com

Karena di gunung nggak ada minimarket serba ada, kamu harus menyiapkannya barang yang bakal dibutuhkan. Tapi, jangan semuanya dibawa ya! Kalau membawa beban terlalu berat, nanti kamu bakal kehabisan energi di perjalanan. Kalau terlalu ringan, nanti menyusahkan teman seperjalanan.

Naik gunung 'kan bukan kondangan, jadi tinggalkan semua makeup, parfum dan semua barang yang nggak begitu penting. Baju ganti juga jangan terlalu banyak, sehari cukup pakai satu stel pakaian. Yang terpenting adalah membawa baju hangat dan baju bahan katun yang menyerap keringat. Selain itu, baju berbahan denim perlu dihindari karena akan berat ketika basah.

Naik gunung juga perlu bawa senter, korek api, bahan bakar, alat makan yang seminimalis mungkin, pisau, sleeping bag dan matras. Tenda bisa disesuaikan jumlah pendaki. Packing ini juga perlu memperhatikan carrier yang dibawa. Gunakanlah carrier yang kuat dan nyaman untuk memasukan barang.

6. Lengkapi informasi dengan detail

unsplash.com

Pelajari informasi seputar gunung yang akan didaki bersama teman. Pelajari jalurnya, di mana base camp-nya dan apa ada sumber air disana. Periksa cuaca dan berita tentang kejadian terakhir di gunung tersebut. Hal ini bisa membantumu untuk lebih waspada ketika naik gunung. 

7. Jangan sombong

unsplash.com

Kalau naik gunung, kunci utamanya ada pada niat. Untuk orang yang sudah berniat naik gunung, penting untuk selalu hormat terhadap adat dan kepercayaan serta mitos masyarakat setempat. Meskipun tidak mempercayainya, kamu harus selalu respek terhadap kepercayaan penduduk. Jangan sombong karena kalau ada apa-apa, merekalah yang pertama kali akan membantumu.

Itulah tadi tips naik gunung untuk pemula. Utamakan keselamatan dan jangan berani di ambisi saja yang malah akan mengorbankan keselamatan diri. Agar kalian lebih tenang ketika naik gunung, jangan lupa berdoa bersama ya!

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Viral Pernyataan ‘Papua Tanah Israel Kedua’ Kemendagri Panggil Sekda Hery! | Keepo.me

Viral Pernyataan ‘Papua Tanah Israel Kedua’ Kemendagri Panggil Sekda Hery! | Keepo.me

8 Persiapan yang Harus Dimatangkan Sebelum Traveling Sendirian

8 Persiapan yang Harus Dimatangkan Sebelum Traveling Sendirian

Gila! Penjajahan Gaya Baru! Amerika Serikat Berencana Membeli Greenland! | Keepo.me

Gila! Penjajahan Gaya Baru! Amerika Serikat Berencana Membeli Greenland! | Keepo.me

9 Situs Ini Punya Ribuan Resep Memasak yang Mudah dan Enak

9 Situs Ini Punya Ribuan Resep Memasak yang Mudah dan Enak

5 Goyangan yang Hebohkan Panggung Dangdut Tanah Air | Keepo.me

5 Goyangan yang Hebohkan Panggung Dangdut Tanah Air | Keepo.me

Kalau Nggak Baper Namanya Bukan Manusia. Ini Alasan Kenapa Baper Itu Baik!

Kalau Nggak Baper Namanya Bukan Manusia. Ini Alasan Kenapa Baper Itu Baik!

loading