Tips Merawat Kebaya Agar Awet dan Nggak Cepat Lusuh

unsplash.com

Kebaya merupakan outfit tradisional asli Indonesia yang biasanya dipakai di acara tertentu seperti wisuda, pertunangan, hingga pernikahan. Bahkan saat ini kebaya bisa dipadupadankan dengan padanan yang lebih simpel. Seperti celana bahan dan skinny skirt untuk dipakai ke acara seperti resepsi pernikahan kerabat.

Karena itu, perawatan kebaya biasanya lebih eksklusif dengan pakaian lainnya. Pastinya kamu nggak ingin kebaya milikmu terlihat cepat lusuh dan tidak bisa dipakai lagi jika membutuhkannya. Ternyata, ada beberapa rules yang bisa diikuti untuk merawat kebaya supaya awet, nggak mudah melar, berlubang, bahkan rontok payetnya.

1. Jangan terlalu sering dicuci

www.instagram.com

Setelah dipakai, kamu nggak perlu mencuci kebaya terlalu sering. Kamu hanya harus mencucinya jika kebaya sudah benar-benar kotor dan bau setelah beberapa kali dipakai. Cukup angin-anginkan dengan cara dibentangkan di atas meja dan biarkan hingga kering. Lakukan di tempat sejuk dan di ruangan ber-AC.

2. Butuh teknik khusus mencuci kebaya

www.instagram.com

Pertama-tama, rendam kebaya dengan deterjen khusus yang mengandung pelembut biar kebaya tetap lembut dan harum. Hindari pemakaian deterjen yang memiliki kandungan pemutih. Setelah direndam selama 10 menit, jangan kucek kebaya, kamu cukup meremasnya secara perlahan. Hindari juga penggunaan bahan pelembut yang umumnya mengundang wax karena dapat merusak serat kain.

Untuk proses pengeringan, kamu bisa membentangkannya di atas sebuah handuk. Lalu gulung tanpa memerasnya hingga air keluar dan diserap oleh handuk. Menjemurnya pun jangan langsung di tempat yang terkena sinar matahari. Tinggal rebahkan saja di dalam rumah hingga benar-benar kering.

3. Air jeruk nipis sebagai penghilang noda

pixabay.com

Air jeruk nipis mengandung zat yang bisa mengikis bercak noda dan memelihara warna bahan pakaian. Jika kebaya terkena noda, bersihkan dengan menggunakan air jeruk nipis. Gosok bagian yang terkena noda dengan air jeruk nipis, biarkan hingga meresap, lalu rendam dengan air. Dengan cara ini, noda yang ada di kebaya bakal hilang seketika.

4. Hati-hati saat menyetrika
pixabay.com

Saat hendak menyetrika kebaya, lapisi dengan menggunakan kain. Letakkan kebaya di bawah kain sehingga suhu panas yang dikeluarkan oleh setrika tidak akan terkena kebaya secara langsung. Sebab, suhu panas yang terlalu tinggi bisa merusak serat kain pada kebaya. Jika kebayamu berbahan tulle, jangan menyetrikanya sama sekali agar tidak rusak dan bahannya menjadi lemas.

5. Simpan di tempat khusus
www.instagram.com

Agar kebaya tak cepat kusut, kamu harus bisa menyimpannya dengan benar. Sebelum menyimpann, pastikan kebaya benar-benar ada dalam kondisi kering. Sedangkan untuk yang berbahan lace, tulle, payet, dan manik, sebaiknya disimpan dalam kotak untuk menjaga struktur dan bentuk.

Untuk kebaya yang terbuat dari sutra, satin, atau organza, bisa tinggal digantung di dalam lemari. Namun, pastikan hanger yang dipakai dilengkapi dengan padding untuk menjaga bagian lengan kebaya tidak berubah. Jika sudah lama di dalam lemari, ada baiknya untuk dikeluarkan secara berkala untuk diangin-anginkan.

6. Ganti pemakaian kamper dengan silica gel

pixabay.com

Jika tak mau kebaya cepat rusak, jangan menggunakan kamper dan kapur barus saat menyimpannya dalam lemari. Kamper bisa merusak bahan baju tradisional ini. Sebagai gantinya, kamu bisa gunakan silica gel untuk menyerap kelembapan agar kebayamu kering sepanjang hari.

7. Jangan semprotkan parfum secara langsung ke kebaya

www.pexels.com

Tekstur warna kebaya akan rusak jika terus-menerus terkena zat yang terkandung dalam parfum. Karena itu, alangkah baiknya jika menyemprotkan parfum ke bagian tubuh yang bisa menyebarkan bau parfum secara alami, seperti di bagian tengkuk, dada, atau di pergelangan tangan. Usahakan untuk tidak menyemprot ke kainnya, ya.

Sudah tahu 'kan cara merawat kebaya agar awet dan nggak cepat lusuh. Dengan mengikuti langkah perawatan yang tepat, pakaian tradisional ini bakal awet dan bisa dipakai oleh generasi berikutnya dalam acara penting lainnya.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Trik Belanja Barang Elektronik Secara Online, Aman dan Bebas Khawatir

Trik Belanja Barang Elektronik Secara Online, Aman dan Bebas Khawatir

Perintilan Fashion yang Wajib Dimiliki Wanita di Usia 20-an

Perintilan Fashion yang Wajib Dimiliki Wanita di Usia 20-an

Merasa Kesepian? Coba Lakukan Ini untuk Jaga Kesehatan Mental

Merasa Kesepian? Coba Lakukan Ini untuk Jaga Kesehatan Mental

Mengintip Gaya Keren Para Selebriti Tanah Air Saat Bersepeda

Mengintip Gaya Keren Para Selebriti Tanah Air Saat Bersepeda

Hacks Membuat Tipografi Kekinian untuk Unggahan di Instagram Story

Hacks Membuat Tipografi Kekinian untuk Unggahan di Instagram Story

Dampak Buruk Mengonsumsi Kopi Instan Terus-terusan

Dampak Buruk Mengonsumsi Kopi Instan Terus-terusan

loading