Tips Menjaga Kesehatan untuk Milenial yang Gila Kerja

www.wuwm.com

Sudah bukan rahasia lagi bahwa persaingan dunia kerja untuk generasi milenial jauh lebih ketat. Tapi, upah yang diterima oleh generasi ini jauh lebih kecil dibanding dengan gaji yang diterima oleh baby boomers. Jika dibandingkan, selisih jauh perbandingannya.

Kenyataan itu membuat para generasi milenial harus bekerja lebih keras. Harus mempunyai pekerjaan sampingan, usaha tambahan, dan lebih banyak bekerja tidak kenal waktu. Jangan heran jika melihat milenial bekerja sepanjang waktu di berbagai bidang tanpa mempedulikan kesehatan.

Padahal sudah banyak penelitian yang menyimpulkan gila kerja sangat berdampak buruk terhadap kesehatan. Sebut saja mulai dari gangguan kecemasan, depresi, peningkatan berat badan, dan berbagai gangguan fisik dan mental lainnya. Berikut beberapa cara menjaga kesehatan bagi millenial yang gila bekerja.

1. Kurangi multitasking

www.google.com

Menurut medis, gila kerja tergolong sebagai gangguan mental. Lalu, bagaimana caranya seseorang khususnya milenial agar dapat terlepas dari pola hidup gila kerja ini? 

Mengurangi multitasking merupakan cara pertama yang dianjurkan oleh ahli kesehatan mental. Salah satu penyebab banyak dari generasi milenial cepat kelelahan ialah multitasking. Banyak dari mereka yang akhirnya memiliki kebiasaan memikirkan rencana, tanggung jawab, dan tugas dalam satu waktu.

Padahal, semakin sering melakukan multitasking akan semakin mudah merasa kelelahan. Pada akhirnya justru membuat produktivitas menurun. Gila kerja dan multitasking ternyata tidak bisa dilakukan secara bersamaan. Jadi, kamu harus fokus terhadap satu pekerjaan dan menyelesaikannya sebelum berpindah ke pekerjaan yang lain.

2. Istirahat kilat

www.marketwatch.com

Memiliki kebiasaan satu ini sangat bermanfaat bagi yang super sibuk. Menyisipkan jadwal istirahat walaupun hanya sekejap di sela kesibukan ternyata sangat baik bagi tubuh dan mental.

Waktu istirahat sebentar itu tidak selalu untuk tidur, tapi juga bisa dimanfaatkan untuk berbagai hal yang bisa membangkitkan mood dan produktivitas. Banyak hal bisa dilakukan untuk mengisi waktu istirahat kilat ini misalnya membaca beberapa halaman buku, mendengarkan beberapa judul lagu, atau mengobrol dengan sahabat terdekat kamu.

3. Menghabiskan waktu di alam bebas

indinomads.com

Menurut sebuah penelitian, ruang hijau bisa meningkatkan kekuatan dan kesehatan mental seseorang. Itu sebabnya jalan-jalan sebentar di ruang hijau seperti taman atau sejenisnya sangat baik dilakukan oleh kamu yang sangat sibuk. Tidak perlu setiap hari, paling tidak selama satu minggu cobalah beberapa kali melakukannya walau durasinya hanya 10 menit.

4. Matikan notifikasi ponsel

www.spymasterpro.com

Generasi milenial adalah yang lahir dan tumbuh bersama teknologi smartphone dan internet. Tidak heran jika mereka sangat dekat dengan dua penemuan mutakhir tersebut. Padahal, terlalu lama sibuk dengan kedua hal tersebut justru membuat seseorang semakin sibuk dan kehilangan waktu luangnya.

Coba matikan notifikasi ponsel kamu, dan nikmati kehidupan kamu. Nikmati waktu istirahat, lingkungan sekitar kamu, dan saat bercengkrama dengan orang terdekat tanpa ada notifikasi ponsel yang mengganggu. Cobalah hal ini beberapa waktu dalam sehari.

5. Melatih ketenangan batin
www.readersdigest.ca

Tidak harus pergi ke tempat kebugaran atau mengikuti kelas yoga agar bisa mendapat ketenangan batin. Sebab kamu bisa melakukannya di mana saja. Kuncinya, latihan lah untuk fokus terhadap apa pun yang sedang kamu kerjakan tanpa terganggu oleh pikiran lain.

Jika kamu sedang di toilet, nikmati beberapa menit kondisi di toilet itu. Coba kosongkan pikiran, buang segala beban pikiran yang mengganggu. Begitu pula ketika sedang berada di kondisi yang lain. Intinya, cobalah nikmati yang sedang kamu lakukan hingga ke dalam pikiran dan perasaan.

Menjadi generasi milenial memang tidak mudah. Mereka harus siap dengan berbagai hal yang justru berpotensi mengganggu kesehatan fisik dan mentalnya. Namun sebenarnya hal-hal itu bisa dihindari atau paling tidak dikurangi dampaknya selama mereka millenial menginginkannya.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Ingin Lihat Akting Bang Haji? 10 Daftar Film Rhoma Irama Terbaik yang Patut Ditonton | Keepo.me

Ingin Lihat Akting Bang Haji? 10 Daftar Film Rhoma Irama Terbaik yang Patut Ditonton | Keepo.me

Trik Jitu Biar Para Pekerja Paruh Waktu Nggak Merasa Lonely

Trik Jitu Biar Para Pekerja Paruh Waktu Nggak Merasa Lonely

Film dan Drama Choi Minho SHINee, Kualitas Aktingnya Jempolan | Keepo.me

Film dan Drama Choi Minho SHINee, Kualitas Aktingnya Jempolan | Keepo.me

Penuhi Kualitas Ini Agar Nikah Muda Tidak Berujung pada Perceraian

Penuhi Kualitas Ini Agar Nikah Muda Tidak Berujung pada Perceraian

Dear Ladies, Ini Cara Menghitung Masa Subur dengan Kalender yang Akurat | Keepo.me

Dear Ladies, Ini Cara Menghitung Masa Subur dengan Kalender yang Akurat | Keepo.me

Mudah Bosan Bikin Millenial Tidak Cocok Kerja di Kantor, Kenapa?

Mudah Bosan Bikin Millenial Tidak Cocok Kerja di Kantor, Kenapa?

loading