Tips Menjaga Kesehatan di Kost Selama Pandemi Belum Berakhir

unsplash.com

Selama pandemi masih belum berakhir, kamu harus tetap beradaptasi dengan kegiatan online dan offline secara terus menerus. Bekerja dari rumah maupun yang tetap ngantor, tetap harus ada hal yang diperhatikan jika sudah berurusan dengan kesehatan.

Meski jadwal kuliah didominasi pembelajaran daring sampai beberapa bulan ke depan, tidak menutup kemungkinan masih banyak darimu yang harus bertahan di kos untuk menyelesaikan skripsi atau bekerja di perantauan. Kalau sudah begitu, rasa khawatir bakal tertular pasti muncul sesekali.

Hal ini bisa mempengaruhi kondisi kesehatanmu ketika jauh dari rumah. Ikuti beberapa tips berikut ini agar kamu bisa mempertahankan daya tahan tubuh dan sehat selalu.

1. Buka jendela kamar sesering mungkin

unsplash.com

Virus Corona terbukti sangat mudah menyebar utamanya di ruangan tertutup. Untuk itu, kamu bisa memperkecil pergerakannya dengan membuka jendela lebar-lebar saat di kamar. Dengan begitu, sirkulasi udara lancar dan misalnya kamu tak sengaja membawa virus, ia bisa cepat pergi alias tidak terjebak di dalam kamarmu. 

2. Hindari menyentuh muka di tempat umum

unsplash.com

Saat berada di tempat umum yang banyak dijamah orang lain, tahan tangan untuk tidak menyentuh muka. Kamu bisa saja secara tak sadar menyentuh benda yang banyak dipegang orang lain. Mengenakan masker bisa jadi cara agar tidak menyentuh bagian mulut dan hidung secara langsung. 

3. Cuci tangan rutin

unsplash.com

Jika harus bepergian, jangan lupa untuk selalu membawa hand sanitizer di saku dan tas. Jika ada tempat cuci tangan atau wastafel dengan sabun, jangan ragu untuk memanfaatkannya. Mencuci tangan jadi salah satu cara ampuh membunuh virus dan bakteri yang bisa saja menempel di tangan. 

4. Gunakan alat makan sendiri
unsplash.com

Sebenarnya kalau sudah berpengalaman tinggal di kos, memiliki alat makan sendiri adalah hal wajib. Kamu nggak pernah tahu apakah rekan satu kosmu punya penyakit tertentu yang bisa menular karena penggunaan alat makan secara bersama. Apalagi di pandemi seperti ini, lebih baik sehabis makan dan mencucinya segera keringkan dan simpan lagi dalam wadah tertutup di kamar. Jangan biarkan kering di dapur umum. 

5. Pesan antar makanan
unsplash.com

Sebagai anak kos, makan di luar seperti warung dan restoran sudah jadi hal lumrah yang dilakukan. Selain karena tidak adanya dapur di kos, makan di luar juga dirasa lebih praktis saja. Namun di masa pandemi seperti ini, ada baiknya kamu tetap mengutamakan keselamatan dengan membeli makanan menggunakan metode pesan antar atau bawa pulang. Langsung pindah makanan ke alat makanmu yang bersih, cuci tangan, berdoa, baru makan. 

6. Berkomunikasi dengan teman dan keluarga secara daring

unsplash.com

Berada di perantauan sendirian adalah hal yang paling menyedihkan. Untuk itu, jaga tali silaturahmi dengan berkomunikasi secara rutin dengan teman dan keluarga. Manfaatkan teknologi untuk mengobrol dengan mereka barang beberapa menit atau jam sehari. 

7. Bisa ketemu teman tapi harus utamakan keselamatan

unsplash.com

Namanya manusia pasti tetap butuh interaksi langsung. Kadang video call tidak cukup dan kamu punya kesempatan buat melakukan pertemuan tatap muka. Hal ini nggak dilarang tetapi tetap utamakan keselamatan. Gunakan masker, nggak perlu bersalaman apalagi cipika cipiki, dan selalu jaga jarak. Jika sedang merasa tak enak badan, jujur saja pada temanmu dan lebih baik batalkan janjiannya.

8. Olahraga dan makan sehat

unsplash.com

Selain upaya pencegahan dari luar, kamu bisa mencegah paparan virus korona dengan memperkuat daya tahan tubuh. Lakukan olahraga rutin bisa dengan yoga di dalam kamar atau jalan-jalan di sekitar kos. Pilah dan pilih makanan, hindari junk food, dan perbanyak makanan sehat seperti sayur, buah, dan air putih. Kurangi pula makanan manis, sebab gula darah tinggi juga bisa meningkatkan risiko komplikasi yang lebih parah saat terpapar virus. 

9. Produktif di kosan

unsplash.com

Daripada suntuk karena merasa terkurung di kamar kos, manfaatkan waktu yang biasanya kamu habiskan buat pulang pergi kerja atau nongkrong bareng teman untuk memulai belajar hal baru. Sadar atau tidak, berada di rumah atau kos lebih lama bisa memberikanmu banyak waktu untuk melakukan hal yang sebelumnya selalu tertunda. 

Usaha sudah dilakukan untuk membuat kamu tetap waras dan tubuh selalu sehat. Jangan lupa buat berdoa untuk keselamatanmu dan orang lain. Semoga tahun depan semua sudah membaik. 

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Tips Mencuci Botol Minuman Agar Nggak Jadi Sarang Lumut dan Jamur

Tips Mencuci Botol Minuman Agar Nggak Jadi Sarang Lumut dan Jamur

Tipe Celana yang Ideal untuk Menutupi Lemak Berlebih di Perut

Tipe Celana yang Ideal untuk Menutupi Lemak Berlebih di Perut

Tips and Trick Memadukan Celana Pendek Ala Wanita Perancis

Tips and Trick Memadukan Celana Pendek Ala Wanita Perancis

Review Produk Kosmetik dan Skincare yang Sempat Tren di TikTok

Review Produk Kosmetik dan Skincare yang Sempat Tren di TikTok

Trik Membuat Sweatpants Jadi Terlihat Semakin High Fashion

Trik Membuat Sweatpants Jadi Terlihat Semakin High Fashion

12 Tipe dan Fungsi Asam yang Dikandung pada Skincare

12 Tipe dan Fungsi Asam yang Dikandung pada Skincare

loading