Tips Menghemat Budget Tanpa Mengurangi Anggaran untuk Ngemil

pixabay.com

Makanan penutup alias dessert selalu menggoda untuk disantap setelah makan. Es krim, biskuit, hingga snack gurih yang mengandung micin sangat kita sukai untuk dibeli. Apalagi kalau lewat sekolahan SD di mana surga jajanan berada, keuanganmu dijamin bakal bocor.

Kalau punya hobi jajan dan anggaran jajan selalu bengkak, ada baiknya untuk bikin camilan sendiri. Selain hemat dan sehat, bikin jajanan sendiri bisa membuatmu lebih bahagia. Sebuah cara penghematan budget yang efektif, bukan?

1. Sedia buah

pixabay.com

Sebagai seorang tukang ngemil, rasanya nggak lengkap kalau belum memakan sesuatu setelah makan nasi. Biasanya, kita akan membeli kue manis seperti wafer atau biskuit. Selain makanan manis, kita cenderung membeli es krim atau jus yang segar.

Kadang, kita lupa kalau buah-buahan bisa dijadikan camilan. Camilan seperti buah cocok untuk dimakan setelah atau sebelum makan berat. Kalau keuanganmu kritis, ada baiknya berhenti beli camilan manis dan beralih membeli buah-buahan saja.

Sekali beli, buah-buahan bisa dimakan beberapa kali. Bahkan bisa jadi stok camilan beberapa hari ke depan. Hemat dan sehat! Kalau kalian tidak suka buah, mungkin ada baiknya beli buah dalam bentuk permen yang bisa dikunyah.

2. Stok tepung dan telur

pixabay.com

Kalau mau hemat, bikin camilan sendiri. Bahannya? Gampang! Pakai tepung dan telur sebagai bahan utama. Kamu bisa buat nyaris semua camilan dari tepung. Dari makanan manis seperti donat, bakpao, hingga makanan asin seperti bakwan dan pastel.

Jangan takut gagal, justru dengan membuat camilan sendiri. Kamu jadi tahu betapa susahnya makanan itu dibuat hingga kita jadi lebih menghargai makanan yang ada. 

3. Bikin daftar keinginan

pixabay.com

Kadang kita suka tidak ingat berapa budget yang dimiliki ketika sudah di depan makanan. Untuk menghindari keuangan yang membengkak, ada baiknya kalau punya daftar keinginan makan camilan apa setiap hari.

Kamu juga bisa membuat daftar keinginan membuat camilan sendiri. Punya daftar keinginan ini bisa memperkirakan pengeluaran. Kamu nggak bakal kebocoran uang di dompet lagi, deh!

4. Tidak ngemil saat nonton
pixabay.com

Percaya atau tidak, makan cemilan saat nonton itu bikin kita jadi mengonsumsi secara berlebihan. Ada baiknya untuk tidak makan saat menonton televisi atau youtube.

Selain memicu berat badan yang berlebihan, memakan camilan saat nonton juga menyebabkan kita menghabiskan jatah makanan untuk camilan esok hari. Boleh nyemil saat nonton, tapi jangan sampai kebablasan!

5. Jangan lupa serat
pixabay.com

Camilan yang biasa kita beli di supermarket biasanya penuh dengan karbohidrat dan gula. Itulah mengapa kadang keseringan nyemil malah bisa bikin naik berat badan bahkan obesitas. Asupan tubuh yang harus dipenuhi selain karbohidrat agar membentuk energi bisa didapat dari serat.

Buah dan sayur bisa dikonsumsi sebagai camilan sehat. Misalnya merebus brokoli dan menjadikannya salad sayur, memakan buah apel langsung, dan banyak cara lainnya. Menyantap oats sebagai gantinya serat juga bisa. Kalian bisa membuat biskuit oats sendiri supaya jumlahnya bisa lebih banyak dan rasanya cocok di lidahmu.

6. Jangan skip makan malam

pixabay.com

Kalau sehabis makan siang ada snack time, biasanya ketika jam makan malam perut  akan masih merasa kenyang dan tidak ingin makan. Padahal dengan makan malam, kita bisa menghindari camilan dini hari sehingga berat badan tidak naik.

Kebiasaan melewatkan makan malam berpengaruh pada rasa lapa di tengah malam. Tentunya kalau makan lewat jam 8, pencernaan kita tidak lancar karena tubuh memiliki jam biologis untuk mengolah apapun yang masuk ke dalam tubuh.

Jangan skip makan malam. Ada baiknya untuk mengurangi snack time agar masih bisa menikmati makan malam kalian.

7. Minum air putih

pixabay.com

Bagaimana caranya mengurangi keinginan untuk ngemil? Jawabannya adalah minum air putih! Biasanya setelah minum air putih, perut akan terasa kenyang dan keingan untuk makan lagi jadi berkurang. Perlu diingat bahwa minum air putih minimal 8 gelas per hari. Tetapi tergantung dan disesuaikan dengan tingkat kebutuhan asupan cairan tubuhmu juga.

Camilan masih boleh dikonsumsi, asalkan tidak berlebihan. Yang sedang diet pun tetap disarankan untuk menyantap kudapan, asalkan nutrisi dan kalorinya tidak melebihi angka asupan harian.

Meskipun selalu dianggap salah satu pemicu kenaikan berat badan, camilan sehat buatan sendiri bakal bisa mengurangi anggaran bulanan yang membengkak. Konsumsinya jadi terkontrol, kenaikan berat badan akibat kebanyakan ngebil juga tidak akan terjadi.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Ingin Lihat Akting Bang Haji? 10 Daftar Film Rhoma Irama Terbaik yang Patut Ditonton | Keepo.me

Ingin Lihat Akting Bang Haji? 10 Daftar Film Rhoma Irama Terbaik yang Patut Ditonton | Keepo.me

Kreasi untuk Sulap Jeans Bekas Jadi Barang yang Lebih Bermanfaat

Kreasi untuk Sulap Jeans Bekas Jadi Barang yang Lebih Bermanfaat

Film dan Drama Choi Minho SHINee, Kualitas Aktingnya Jempolan | Keepo.me

Film dan Drama Choi Minho SHINee, Kualitas Aktingnya Jempolan | Keepo.me

Kenapa Sulit Untuk Nggak Berkomentar Negatif Di Social Media?

Kenapa Sulit Untuk Nggak Berkomentar Negatif Di Social Media?

Dear Ladies, Ini Cara Menghitung Masa Subur dengan Kalender yang Akurat | Keepo.me

Dear Ladies, Ini Cara Menghitung Masa Subur dengan Kalender yang Akurat | Keepo.me

7 Hal Positif yang Bisa Diteladani dari Seorang Jerome Polin

7 Hal Positif yang Bisa Diteladani dari Seorang Jerome Polin

loading