Tips Mengatasi Sakit yang Umum Dikeluhkan Busui Newbie

unsplash.com

Momen menjadi orangtua membuktikan bahwa kamu adalah orang yang hebat. Apalagi bagi perempuan yang menjadi ibu, banyak hal yang dirasakan dan dikeluhkan.

Keluhan itu katanya adalah sebuah tanda perjuangan sebagai ibu. Momen yang ditunggu setelah melahirkan tentu momen menyusui. Banyak yang bilang, momen menyusui sangat menakjubkan. Sama halnya dengan kehamilan dan persalinan, proses menyusui juga punya masalah dalam menghadapinya dan perlu penyesuaian.

1. Kompres hangat dan dingin

unsplash.com

Umum bagi para ibu yang baru melahirkan jika payudara mereka keras dan bengkak. Hal ini terkadang cukup mengejutkan bagi sebagian perempuan menemukan tubuhnya tampak lebih berisi dibagian payudara. Apalagi ketika pasokan ASI sedang tinggi, payudara mereka terasa nyeri dan penuh.

Saat kondisi ini terjadi, ibu-ibu mungkin akan kesulitan untuk mengangkat lengan. Rasa nyeri dari pembengkakan payudara itu disebabkan karena tidak seimbangnya produksi dan pengeluaran ASI. Atau, pola menyusuinya belum teratur sehingga ASI yang diminum bayi belum banyak. 

Gunakan kompres hangat sebelum menyusui dan kompres dingin setelah menyusui sampai proses pelekatan dan jadwal menyusui yang mulai rutin. Untuk membantu membuat payudara tetap nyaman saat bengkak, mengompres memang menjadi solusi. Ketika jadwal menyusui sudah mulai rutin, secara alami dapat menghilangkan pembengkakan dan nyeri pada payudara. Proses menunggu jadwal menyusui sampai rutin ini umum terjadi dalam hitungan hari atau minggu setelah ibu mulai menyusui sang anak.

2. Ganti posisi

unsplash.com

Masih masalah bengkak saat menyusui? Biasanya para orang tua akan memberi nasihat untuk sering memijat payudara. Pijatan ini selain merangsang ASI yang berlimpah, juga membuat rasa sakit akibat bengkak itu berangsur-angsur menghilang. Bengkak yang dirasakan ketika ASI telah penuh bisa dirileksasi dengan melakukan pijatan yang dianjurkan oleh dokter.

3. Keluarkan ASI

unsplash.com

Radang jaringan pada payudara atau dikenal sebagai mastitis terjadi ketika pasokan ASI tidak mengalir dengan lancar. Dikutip dari laman What to Expect, masitis terjadi karena saluran susu yang tersumbat atau dari bakteri yang memasuki payudara. Kuman dapat berasal dari kulit ibu atau dari mulut bayi itu sendiri dan masuk melalui celah di bagian saluran susu.

Mastitis ini menimbulkan efek seperti radang payudara. Sangat mungkin akan mengalami gejala yang mirip seperti flu, termasuk demam tinggi, kelelahan dan menggigil ketika mengalami mastitis. Mengeluarkan ASI yang tersumbat sebisa mungkin terus dilakukan agar tidak bengkak. Cara mengeluarkan ASI bisa dengan pijat payudara.

Mungkin ibu akan sulit melakukannya sendiri, jadi bisa segera meminta bantuan dokter laktasi untuk mengeluarkan ASI yang tersumbat kuman. Jika ibu sudah mengalami gejala flu, biasanya dokter akan meresepkan antibiotik, yang tentunya aman diminum sambil menyusui sang buah hati.

4. Latihan terus
unsplash.com

Untuk para ibu baru, terutama ibu dengan anak pertama, proses pelekatan saat awal menyusui biasanya terasa sulit meskipun sudah tahu teorinya kalau hal ini sangat penting agar bisa meningkatkan produksi ASI. Memastikan sang buah hati agar mendapat cukup asupan nutrisi membuat ibu-ibu perlu tenaga ekstra. 

Rutin berlatih agar masalah pelekatan bisa segera maju dan selesai. Bahkan kalau memang sangat dibutuhkan, maka melakukan konsultasi dengan dokter laktasi atau bidan menjadi salah satu solusi.  Hal ini dapat membantu mengatasi masalah pelekatan antara ibu dan anak. Pelajari juga mengenai posisi menyusui yang tepat, lalu tekan areola dengan ibu jari dan telunjuk sendiri. Pastikan si kecil membuka mulutnya lebar-lebar saat awal menyusui sehingga ia tidak sampai tersedak.

5. Pakai kulkas
unsplash.com

Produksi ASI yang melimpah membuat kita perlu melakukan penyimpanan. Hal ini menguntungkan bagi ibu yang bekerja di luar rumah. Payudara akan menghasilkan ASI tetapi hal ini terasa sulit karena waktu di kantor bisa jadi lebih lama daripada di rumah.

Bekerja atau melakukan aktivitas di luar harusnya tidak menjadi pengecualian untuk ASI. Upayakan juga untuk bergantian saat menyusui antara payudara kanan dan kiri. Serta usahakan untuk memompa ASI juga di antara waktu menyusui. Setelah itu, simpan di freezer.

6. Jaga asupan makanan

unsplash.com

Sudah mengikuti jadwal menyusui tapi bayi masih belum naik berat badan juga? Ibu-ibu pasti khawatir saat mengetahui hal ini. Sejak diberi ASI, tapi sang buah hati tidak lantas membuat kenaikan berat badan yang signifikan. Frekuensi buang air kecil bayi pun kurang dari 3-4 kali per harinya.

Produksi ASI biasanya akan meningkat jika asupan nutrisi Ibu juga tercukupi. Jadi bukan hanya si kecil yang diperhatikan, sang ibu juga perlu menjaga makanan agar sebisa mungkin asupan bergizi masuk ke dalam tubuh secara teratur, usahakan juga istirahat cukup, dan tidak lupa untuk rutin minum air putih. Kalau ingin melakukan konsultasi dengan dokter anak juga boleh jika dirasa perlu untuk memastikan berat badan si kecil. 

7. Periksa posisi

pixabay.com

Masalah lain yang bisa terjadi adalah puting lecet. Hal ini umum terjadi karena pelekatan yang kurang sempurna. Efeknya kulit pada puting akan tampak lecet dan menimbulkan nyeri yang luar biasa. Ada sensasi terbakar atau tampak berkerak, mungkin juga terjadi infeksi jamur yang sering disebut sebagai thrush ketika puting lecet. 

Periksa apakah posisi menyusui sudah benar atau belum, pastikan bayi sudah melekat dengan benar pada areola dan puting saat menyusu. Jika mulai terasa lecet, ibu bisa membasuh payudara dengan air hangat setelah menyusui. Bisa juga menggunakan nipple cream untuk mengatasi lecet tersebut. 

Jika diatasi dengan tepat, masalah tadi tidak memengaruhi kemampuan para ibu untuk memasok ASI. Bayi pun tetap bisa menyusu tanpa hambatan. Yang terpenting, cobalah untuk tetap berlatih dan rutin menyusui ya, bu!

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Depopulasi Dunia: Pesawat Semprot Zat Kimia Berupa Chemtrails di Angkasa (Project Cloverleaf)? | Keepo.me

Depopulasi Dunia: Pesawat Semprot Zat Kimia Berupa Chemtrails di Angkasa (Project Cloverleaf)? | Keepo.me

OOTD Ala Revalina S. Temat untuk Gaya Hijab Anggun dan Kekinian

OOTD Ala Revalina S. Temat untuk Gaya Hijab Anggun dan Kekinian

Lihat Nih Penampakan Calon Penganten Pas Bridal Shower, Bikin Merinding! | Keepo.me

Lihat Nih Penampakan Calon Penganten Pas Bridal Shower, Bikin Merinding! | Keepo.me

Cara Mix and Match Hoodie Biar Terlihat Lebih Modis

Cara Mix and Match Hoodie Biar Terlihat Lebih Modis

Kisah Ini Memperingatkanmu Supaya Berhati-Hati Jika Mencari Jodoh Lewat Online | Keepo.me

Kisah Ini Memperingatkanmu Supaya Berhati-Hati Jika Mencari Jodoh Lewat Online | Keepo.me

Beberapa Pertimbangan Sebelum Mengajukan Pinjaman Uang

Beberapa Pertimbangan Sebelum Mengajukan Pinjaman Uang

loading