Tips Liburan di Jakarta, Low Budget tapi Tetap Fun

pixabay.com

Penat dengan kegiatan yang monoton? Kalau begitu, kamu perlu merencanakan liburan. Cuma punya waktu di akhir pekan tidak masalah kok. Liburan singkat ini bakal diisi dengan kegiatan yang menyenangkan di Jakarta.

Meskipun Jakarta dikenal dengan gedung tinggi perkantoran dan kemacetannya, bukan berarti Jakarta tidak memiliki destinasi wisata. Ibukota negara ini penuh dengan berbagai wisata edukasi yang bisa dikunjungi di akhir pekan. Berbagai museum, monumen, taman kota, taman hiburan sampai kebun binatang dan gedung pertunjukan budaya ada di sana.

Nggak perlu panik untuk melancong ke Jakarta di akhir pekan. Meskipun ramai, tentunya bisa memberikanmu wawasan baru mengenai Kota Jakarta yang bersejarah ini.

1. Estimasi waktu

pixabay.com

Sebelum menjadi turis sehari di Jakarta, kamu perlu belajar yang namanya time management. Jakarta sangat terjadwal untuk jam kendaraan berangkat hingga jam bukanya tempat wisata. Kalau jarak dari tempat tinggal ke lokasi wisata cukup jauh, perlu membuat perkiraan waktu kosong sekitar 45 menit dari jam yang dijadwalkan. Supaya tidak buru-buru dan tetap tenang jika sewaktu-waktu ada hal yag terjadi di luar perkiraanmu.

2. Pilihan tempat wisata

pixabay.com

Jakarta punya segudang tempat untuk lokasi hunting foto, belajar hingga bersantai yang tidak diungut biaya. Kecuali jika tempat itu dikelola oleh pihak swasta, tentunya kamu perlu merogoh kocek.

Pilihan tempat wisata yang gratis bisa didatangi adalah Kawasan Wisata Kota Tua yang meliputi Pasar Glodok, Museum Fathahillah, Museum Bank Indonesia, sampai ke Pelabuhan Sunda Kelapa. Kalau mau ke landmark kota, tentu bisa datang ke Monas yang lokasinya di Gambir. Mau bermain wahana? Bisa datang ke Dufan dan TMII.

3. Beli cinderamata

pixabay.com

Kalau mau bawa buah tangan untuk orang di rumah, atau diberikan pada orang lain, kalian bisa beli berbagai kaus atau gelang. Harganya bisa jadi lebih murah karena beli lebih banyak.

4. Pilihan kendaraan
pixabay.com

Naik pribadi ketika akhir pekan nggak akan membantu sama sekali. Yang ada kamu stres duluan karena macet yang tdak kunjung terurai. Daripada makin kesal, suntuk, emosi, mending segera ambil tas ransel dan naik kendaraan umum saja. Berbagai fasilitas dalam kendaraan umum ditingkatkan demi kenyamanan penumpang.

Kalau jadi turis, tentu harus coba yang namanya kendaraan umumnya. Sudah ada TransJakarta, Bus City Tour, KA Commuter Line, LRT dan MRT. Tinggal lihat maps dan mengikuti rute yang ada, kamu nggak akan tersesat.

Mau yang gratis saja? Ada bus untuk City Tour yang merangkum sebagian besar sejarah yang ada di Jakarta. Bus City Tour akan membawamu melewati jalan yang dijadikan pusat aktivitas masyarakat seperti museum, hotel, hingga pusat perbelanjaan yang dilewati di rute tersebut.

5. Pakaian nyaman

pixabay.com

Jakarta sudah jadi rahasia umum. Kalau mau jadi turis di Jakarta, kenakan pakaian yang nyaman. Pilihan pakaian jenis kaus, celana jeans, juga sepatu kets dapat membantumu untuk tetap nyaman beraktivitas di tengah cuaca terik Jakarta.

Jangan lupa aplkasikan sublock dan sunscreen agar kulitmu aman tersengat matahari. Hal ini akan membuat kamu tetap bisa menikmati wisata meskipun cuaca di Jakarta sangat humid.

6. Cari kuliner

www.instagram.com

Liburan tidak lengkap tanpa jajan. Di akhir pekan, biasanya pedagang makanan semakin tumpah ruah di sepanjang jalan. Biasanya, kawasan Sudirman-Thamrin, setiap Minggu dijadikan tempat olahraga sekaligus tempat jajan oleh warga Jabodetabek.

Kalian bisa jajan apapun mulai dari kerak telor, hingga bubur ayam Jakarta. Kamu juga bisa sambil berjalan-jalan melihat megahnya pusat perkantoran yang ada di kawasan ini.

7. Dokumentasi

pixabay.com

Dokumentasi jadi jejak digital yang dibuat sebagai arena publikasi diri. Kalau sedang liburan, harus selalu mengabadikannya agar bisa dijadikan kenangan. 

Berpergian dengan budget yang rendah artinya harus siap panas-panasan. Apalagi karena mengeluarkan biaya seminim mungkin, usahakan untuk tidak backpacker ke tempat yang tidak begitu jauh. Sangat memungkinkan kamu bisa liburan di akhir pekan di ibukota Jakarta.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Inspirasi Desain Rumah Bergaya Vintage yang Elegan dan Hangat

Inspirasi Desain Rumah Bergaya Vintage yang Elegan dan Hangat

Fakta Tentang Garam yang Belum Banyak Diketahui Orang

Fakta Tentang Garam yang Belum Banyak Diketahui Orang

Butuh Ruang Rahasia di Rumah? Ikuti Tips and Trick Berikut Ini!

Butuh Ruang Rahasia di Rumah? Ikuti Tips and Trick Berikut Ini!

Alasan Menyantap Daging Ikan Itu Penting bagi Tubuh

Alasan Menyantap Daging Ikan Itu Penting bagi Tubuh

Inspirasi Desain Ruang Kerja di Rumah, Nyaman dan Bikin Betah!

Inspirasi Desain Ruang Kerja di Rumah, Nyaman dan Bikin Betah!

Trik Mengatasi Anggota Keluarga dan Teman Dekat yang Toxic

Trik Mengatasi Anggota Keluarga dan Teman Dekat yang Toxic

loading