Tips dan Bocoran Agar Traveling Jadi Lebih Bermakna untuk Dikenang

www.pexels.com

Banyak yang bilang jika perempuan yang senang traveling katanya cuma buang-buang uang. Padahal, liburan bukan sekadar pergi untuk asik-asikan, foto ria, dan membuang waktu di tempat baru. Menjadi traveler artinya kamu bisa lebih banyak mendapat wawasan baru, the real struggle, dan tentunya jadi lebih cinta lingkungan.

Mungkin sebagaian orang juga mengira kalau jadi traveler perlu banyak uang serta harus ke luar negeri. Apabilagi kalau dari kalangan selebritas. Tapi, bukan itu esensi yang didapat soal liburan. Ada rahasia yang perlu dilakukan supaya kegiatan bepergian ini bisa tetap seru dan membawa faedah. Buat orang biasa perlu berpikir berulang kali sebelum memesan tiket pesawat dan booking penginapan di tempat wisata yang mahal, kini kalian tak perlu bingung lagi, deh.

1. Berbaur dengan warga lokal

www.pexels.com

Kata siapa traveling harus mahal dan ke luar negeri? Kalau mau jadi traveler keren, kaum juga perlu berbaur dengan warga lokalnya. Sambil membeli jajanan, interaksi dengan pedagangnya bisa membuatmu menggali informasi bermanfaat tentang masyarakat setempat.

Memang benar kalau internet adalah sumber informasi untuk urusan liburan. Tapi akan lebih valid kalau kamu dapat langsung tips dari penduduk lokalnya. Selain itu, bisa jadi kamu malah dapat rekomendasi tempat wisata yang belum terekspos di media soal.

2. Menulis jurnal

www.pexels.com

Membawa buku saat traveling ternyata cukup diperlukan sebagai teman selama perjalanan. Kamu juga bisa membawa jurnal untuk mencatat lika-liku yang terjadi selama liburan. Tuliskan saja apa adanya. Mulai dari kejadian tak terduga, makanan yang tidak enak, lokasi yang sulit ditempuh, atau mungkin kamar penginapan yang tidak sesuai dengan ekspektasi dan realita. Pengalaman baik dan buruk yang ditulis dalam jurnal akan menjadi kenangan di masa depan dan menarik untuk diceritakan kembali. Traveing bisa membuat kamu lebih peka terhadap budaya dan kebiasaan orang lain.

3. Potret sesuatu yang ada di sekitarmu

www.pexels.com

Sebuah perjalanan akan berkesan ketika kamu menyimpan banyak kenangan. Inilah kenapa saat ini Instagram digemari banyak orang di dunia untuk mengabadikan momen. Sebagai traveler, kamu juga perlu memotret hal yang ada di sekitarmu yang bisa mengingatkanmu pada kejadian yang telah berlalu.

Mengabadikan kenangan dengan lensa polaroid, kamera ponsel, kamera profesional, bahkan sketsa sudah cukup menjadi bukti kalau kamu pernah pergi ke suatu tempat. Apalagi kalau perginya ke tempat idaman, tentu bakal ada banyak hal menarik yang diabadikan untuk memori dan diunggah di media sosial.

4. Bawa barang seperlunya
www.pexels.com

Saat menjadi traveler, kamu harus sudah menentukan destinasi dan melakukan riset untuk merencanakan liburan dengan detail. Hal ini penting karena menentukan bawaan yang dikemas dalam tas. Memikirkan packing ternyata cukup menguras energi. Kamu harus menyesuaikan dengan lama tinggal, cuaca, dan situasi di medannya.

5. Bepergian bersama teman
www.pexels.com

Biasanya para traveler lebih suka melakukan perjalanan sendiri. Selain karena alasan ketidakcocokan saat melancong bersama, biasanya traveling bersama teman akan menunjukkan dua sisi: menguatkan atau memisahkan ikatan pertemanan. Kalau mau mengajak teman untuk bepergian bersama, kamu perlu mendiskusikan berbagai hal seputar perjalanan kalian nantinya.

Kebiasaan bangun, tipe backpacker atau koper, dan piihan tempat wisata juga perlu disesuaikan. Kamu tidak perlu khawatir ketika pergi beramai-ramai dengan teman. Meskipun banyak perdebatan selama perjalanan, ini akan membuat liburanmu memiliki lebih banyak kenangan.

6. Baca peta

www.pexels.com

Kalau memilih untuk traveling tanpa agensi tertentu, kamu perlu melakukan riset yang lebih mendalam seputar tempat wisata yang akan didatangi. Kamu perlu nge-list tempat wisata dari yang populer sampai yang underrated. Jika pergi ke tempat baru tanpa pemandu, kemampuan membaca peta juga harus kamu kuasai. Paling tidak, siapkan maps online, kamus, dan kuota internet yang stabil untuk menemukan informasi dan letak yang valid.

7. Pakai baju yang nyaman

www.instagram.com

Sebagai traveler yang ahli, kamu harus mengenakan pakaian yang nyaman selama perjalanan. Tidak perlu baju bermerek, yang penting tidak bikin gerah dan sopan. Kamu juga perlu menyesuaikan dengan budaya dan adat di destinasi liburanmu, 'kan.

Pada dasarnya, hal terbaik yang bisa dipetik ketika melakukan perjalanan sebagai traveler adalah semakin bisa memahami diri sendiri dan orang lain. Budaya, latar belakang, dan kebiasaan yang berbeda membuatmu lebih mengenal dan memperbesar keinginan untuk lebih tahu dantoleransi dengan perbedaan. Konten yang bagus itu hanyalah bonus.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
40 Kata-kata Bijak Lucu Penuh Humor yang Mengundang Tawa | Keepo.me

40 Kata-kata Bijak Lucu Penuh Humor yang Mengundang Tawa | Keepo.me

Mengenal Apa Itu Evening Anxiety dan Cara Mengatasinya

Mengenal Apa Itu Evening Anxiety dan Cara Mengatasinya

Aplikasi Watermark Foto untuk Hindari Pencurian Karya Visual | Keepo.me

Aplikasi Watermark Foto untuk Hindari Pencurian Karya Visual | Keepo.me

Tips buat Freelancer Agar Lancar Bekerja di Mana Saja

Tips buat Freelancer Agar Lancar Bekerja di Mana Saja

5 Artis Cilik Ini Berani Berakting dalam Film Kategori Dewasa | Keepo.me

5 Artis Cilik Ini Berani Berakting dalam Film Kategori Dewasa | Keepo.me

Ragam Kuliner Mie Khas Nusantara yang Wajib Dicoba Saat Traveling

Ragam Kuliner Mie Khas Nusantara yang Wajib Dicoba Saat Traveling

loading