Tips Cerdas dalam Time Management Ini Bikin Pikiran Jadi Lebih Sehat

unsplash.com

Sering merasa waktu bergulir sangat cepat? Padahal tugas masih menumpuk bagaikan gunung dan menunggumu untuk mendapatkan giliran diperiksa atau diselesaikan. Lalu, kamu masih merasa waktu 24 jam dalam sehari ini masih kurang cukup.

Mungkin kamu sedang mengalami kekacauan dalam time management. Untuk melakukan aktivitas sehari-hari dengan efektif dan efisien, kamu memang memerlukan time management yang baik. Karena waktu seberharga itu. Dengan manajemen waktu yang baik, kamu tidak terburu-buru dalam mengerjakan sesuatu dan bisa bekerja atau menyelesaikannya dengan optimal.

Jadi, bagaimana ya kira-kira mengatur waktu dengan baik? Agar kita tidak cepat lelah, tidak stres dan lebih menikmati perjalanan hidup.

1. Membuat to-do list

unsplash.com

Dalam mengatur waktu, kamu bisa mulai menulis apa saja kegiatan yang akan kamu lakukan pada hari itu. Cara ini memungkinkan kamu untuk memantau daily activity. Kamu bisa mengevaluasi kegiatan apa saja yang memang sangat menghabiskan waktu kamu padahal kegiatan tersebut tidak termasuk ke dalam prioritas.

Untuk membuat to do list, kamu bisa menggunakan buku agenda kecil sehingga mudah dibawa kemana pun. Kamu juga bisa menggunakan aplikasi pada smartphone-mu untuk lebih praktisnya.

2. Tentukan prioritas

unsplash.com

Tidak hanya pada saat membeli kebutuhan, kamu harus pandai mengetahui apa saja yang menjadi prioritas dalam kegiatan sehari-hari. Kamu bisa membagi kegiatan yang akan dilakukan ke dalam empat bagan. Penting-mendesak, tidak penting-mendesak, penting-tidak mendesak dan tidak penting-tidak mendesak.

Dari bagan inilah kamu bisa melihat apa saja yang perlu kamu lakukan terlebih dahulu. Ini bisa mencegah dirimu untuk melakukan sesuatu yang memang sangat tidak penting dan hanya menghabiskan waktu.

3. Pasang reminder

unsplash.com

Termasuk orang yang mudah lupa? Kamu bisa menggunakan reminder dengan sticky notes dan menempelkannya di tempat yang terjangkau serta sering dilihat. Misalnya kaca di kamar mandi, lemari pakaian, atau di atas handphone.

Ketika kamu bangun tidur di pagi hari, kamu bisa ingat dengan jadwal kamu hari ini atau apa yang perlu kamu lakukan pada hari tersebut. Kamu juga bisa memanfaatkan smartphone kamu untuk menyetel reminder dengan alarm.

4. Need a hand?
unsplash.com

Memiliki kegiatan yang penting tapi tidak mendesak? Jangan ragu untuk meminta bantuan rekan kerjamu atau anggota keluarga yang lain. Kamu tidak perlu ragu juga untuk menerima bantuan dari orang terdekatmu.

Justru dengan bantuan merekalah kamu bisa menghemat waktu yang ada, sehingga kamu bisa memiliki leisure time. Momen ini dapat dimanfaatkan dengan melakukan hobi atau mengerjakan pekerjaan lain yang ternyata menyita waktu lebih banyak dari dugaan awal.

5. Selesaikan satu persatu dan fokus
unsplash.com

Kalau beranggapan bahwa mengerjakan pekerjaan dalam satu waktu itu efektif dan lebih hemat waktu, kamu salah. Nyatanya, orang akan kehilangan fokusnya ketika beralih ke pekerjaannya yang lain padahal pekerjaan awal belum selesai.

Di sini, kamu membutuhkan waktu beberapa lama untuk mendapatkan fokus kamu kembali. Jadi, lebih baik untuk fokus pada satu tugas terlebih dulu hingga selesai, baru kemudian kamu mulai beralih pada tugas lain dan menyelesaikannya. Dalam manajemen waktu, kamu perlu menghindari yang namanya multitasking.

6. Disiplin waktu

unsplash.com

Belajar mengatur waktu berarti sudah berkomitmen untuk disiplin dalam mengatur waktu. Kamu sudah berjanji untuk menyelesaikan tugas sesuai target awal, maka cobalah untuk menjaga komitmen tersebut. Lebih baik mengerjakan suatu pekerjaan jauh-jauh hari sebelum deadline, dan tidak menundanya.

Hal ini lebih baik dibandingkan jika mengerjakannya dadakan. Kamu pun juga akan memiliki waktu untuk mengevaluasi pekerjaan yang diselesaikan sehingga bisa menghasilkan hasil yang sempurna. Semakin lama menunda pekerjaan, akan semakin menumpuk pekerjaanmu. Kemungkinan terburuknya, kamu tidak mampu menyelesaikannya sesuai target.

7. Memotivasi diri

unsplash.com

Kamu perlu meng-upgrade diri kamu dalam melakukan time management. Saat menemui kesulitan dalam pekerjaanmu, kamu mungkin bingung apa yang harus dilakukan. Ini akan menghambat penyelesaian tugas dari target yang sudah ditentukan.

Untuk keluar dari masalah ini, kamu perlu berdiskusi dengan orang terdekatmu sehingga mereka dapat membagi motivasi dan semangat denganmu. Dengan begitu, kamu tidak terlalu stres dalam menyelesaikan pekerjaan.

Jika kalian sudah menerapkan tips di atas, dijamin kalian akan terhindar dari stres akibat deadline. Terbebas dari stres dapat mempengaruhi kesehatan kamu. Dengan manajemen waktu yang baik, kamu akan lebih menikmati hidup dan tidak diburu oleh waktu.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Nikita Mirzani Tepergok Joget Seksi di Atas Kapal, Terekam Video tak Pakai Bra | Keepo.me

Nikita Mirzani Tepergok Joget Seksi di Atas Kapal, Terekam Video tak Pakai Bra | Keepo.me

7 Pesan Moral yang Bisa Dipetik dari Nonton Sinema Azab

7 Pesan Moral yang Bisa Dipetik dari Nonton Sinema Azab

Warung Makan Ini Sediakan Menu Makanan dengan Deskripsi Unik yang Bikin Pembeli Terpingkal | Keepo.me

Warung Makan Ini Sediakan Menu Makanan dengan Deskripsi Unik yang Bikin Pembeli Terpingkal | Keepo.me

7 Phobia yang Disebabkan dan Berhubungan dengan Cinta

7 Phobia yang Disebabkan dan Berhubungan dengan Cinta

Ngeri! Inilah Deretan Kisah Mistis Pasca Meletusnya Perang Dunia II | Keepo.me

Ngeri! Inilah Deretan Kisah Mistis Pasca Meletusnya Perang Dunia II | Keepo.me

7 Hal yang Harus Diperhatikan Baik-baik Jelang Prosesi Lamaran

7 Hal yang Harus Diperhatikan Baik-baik Jelang Prosesi Lamaran

loading