Tips Bertahan Menggunakan High Heels dari Mantan Supermodel Dunia

15 Juli 2017
|Romlah Sundari
Life
0SHARES

Seperti mantan, high heels menjadi salah satu keindahan yang menyakitkan bagi para perempuan. Sepatu hak tinggi menambah indah bentuk tubuh perempuan, namun segala yang cantik dan indah memang tidak datang tanpa tuntutan. Atribut penghias kaki perempuan ini dapat menimbulkan berbagai permasalahan pada kaki, mulai dari lecet dan ruam hingga varises. Meski begitu, kemampuan high heels untuk memberi ilusi kaki yang jenjang dan lekuk tubuh yang lebih feminine membuat para perempuan rela menerima berbagai konsekuensi yang didapatkan dari sepatu menyakitkan ini.

Namun kesengsaraan yang didapatkan dari penggunaan sepatu hak tinggi dapat kamu minimalisir dengan mengikuti trick lifehack dari Marie Helvin ini. Marie Helvin adalah seorang mantan supermodel. Ia sering tampil dalam berbagai peragaan busana kelas dunia dan menjadi model dalam majalah-majalah fashion seperti Vogue. Tentu saja dalam karirnya sebagai supermodel, ia memiliki pengalaman dan jam terbang yang tinggi sebagai pengguna high heels. Masa kejayaan Marie Helvin memang sudah lewat beberapa dekade, namun tips-tips darinya untuk meminimalisir dampak buruk dari penggunaan sepatu hak tinggi ini dapat kamu amalkan sampai sekarang.

1. Amplas bagian sol dari high heels barumu

High heels seringkali dibuat dengan sol yang licin, meski hal tersebut sebenarnya berbahaya. Mungkin karena memiliki fungsi estetik yang lebih, maka bagian sol sepatu hak tinggi pun biasanya dibuat cantik dengan permukaan yang licin. Karena itu, Helvin biasanya mengamplas atau melukai sol sepatu yang licin dengan gunting atau kertas amplas.

2. Lakukan pemanasan sebelum mengenakan sepatu hak tinggi dalam waktu yang lama

Mengenakan sepatu hak tinggi itu layaknya olahraga untuk kaki. Otot-otot kaki akan dipaksa untuk bekerja lebih keras saat mengenakan sepatu hak tinggi. Karena itu, dibutuhkan pemanasan sebelum mengenakan sepatu hak tinggi ini. Helvin melakukan pemanasan dengan meregangkan otot-otot hamstringnya dan memutar sendi-sendi pergelangan kaki. Pemanasan mudah ini dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja. Bagi kamu yang sehari-hari menggunakan sepatu hak tinggi, jadikan pemanasan ini sebagai bagian dari rutinitasmu.

3. Rekatkan jari telunjuk dan jari tengah kakimu dengan plester

Jika kamu sering merasa keseimbanganmu begitu buruk saat menggunakan high heels, merekatkan jari telunjuk dan jari tengah kakimu akan membantu persoalan yang satu ini. Menurut Helvin, dengan merekatkan dua jari tersebut akan membantu kaki dalam menjaga otot-ototnya agar tetap lurus sehingga telapak kaki bagian depan akan menjadi lebih stabil dan seimbang. Dengan begitu, otot kaki juga tidak akan bekerja terlalu keras untuk menjaga kaki agar seimbang saat menggunakan sepatu hak tinggi. Tips yang satu ini memang terdengar aneh, namun beberapa perempuan yang sudah mencoba tips ini bersumpah bahwa tips ini benar-benar berhasil. 

4. Semprotkan deodoran ke kakimu sebelum mengenakan sepatu hak tinggi

Menyemprotkan deodoran ke kaki sebelum mengenakan sepatu hak tinggi, menurut Helvin, akan mencegah keringat pada kaki dan meminimalisir pergesekan sehingga kaki tidak akan mengalami lecet atau ruam yang terlalu parah.

5. Gunakan bantalan ekstra dalam sepatu hak tinggimu

Bantalan ekstra atau foot cushion akan membuat perubahan yang drastis pada kenyamanan saat mengenakan sepatu hak tinggi. Bantalan ini selain memberikan tumpuan yang empuk bagi kaki,  juga akan menahan kaki untuk tetap di tempat sehingga jari-jari kaki tidak menjadi tumpuan saat menggunakan sepatu hak tinggi. Hal ini tentu akan meminimalisir rasa sakit di kaki.

6. Kaki pegal dan lecet setelah menggunakan sepatu hak tinggi? Rendam dalam air garam

Setelah seharian kaki bekerja keras dengan mengenakan sepatu hak tinggi, tentu ia berhak untuk dimanjakan dengan berbagai bentuk perawatan. Selain memijat dan melemaskan otot kaki yang tegang karena penggunaan sepatu hak tinggi, merendam kaki dalam larutan air garam hangat ternyata juga bisa meredakan pegal pada kaki dan membantu menyembuhkan lecet-lecet.

Tips-tips dari Marie Helvin ini sudah dibuktikan oleh beberapa perempuan dan mereka mengaku tips-tips tersebut sangat membantu untuk mengurangi rasa sakit akibat high heels. Hmm, mungkin kamu bisa turut mengaplikasikannya.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Romlah Sundari
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES