Tips Anti Canggung untuk Cairkan Suasana Saat Ketemu Calon Mertua

www.pexels.com

Sekian lama menjalani hubungan asmara, akhirnya kamu akan dikenalkan kepada keluarga kekasihmu. Karena belum pernah ketemu, pasti kamu merasa grogi karena akan ketemu camer alias calon mertua.

Saking groginya, kamu sampai mencari beragam tips supaya nggak salah langkah dan mendapat restu untuk terus memiliki hubungan asmara dengan sang anak. Jika kalian sudah membaca tuntas ulasan ini, ucapkan selamat tinggal untuk rasa grogi yang kalian rasakan. Kamu bisa langsung akrab dengan calon mertua!

1. Kalimat sapaan

pixabay.com

Ketika ketemu dengan orangtua pasangan, tentu ada kalimat sapaan apa yang harus kamu ucap. Kalian bisa tanya pasangan kalian mengenai hal ini. Misalnya saja ada orangtua yang lebih senang dipanggil tante dan om dibanding ibu dan bapak. Ada juga orangtua yang senang disebut nama panggilan seperti anak memanggilnya, mama misalnya.

Setiap orang punya karakteristik yang berbeda. Kamu harus pastikan kalau kalimat sapaanmu nggak salah dan bikin bingung orang lain. Apalagi yang namanya orangtua bisa sangat sensitif terhadap segala sesuatu. Diskusikan dulu sama pasanganmu enaknya manggil apa supaya nggak canggung.

2. Makan bersama

pixabay.com

Namanya juga bertamu, pasti basa-basi yang paling umum adalah kalimat ajakan makan kepada setiap orang. Jadikan momen ini sebagai peluang untuk mengakrabkan diri kepada calon mertua. Kamu bisa ikut menyiapkan piring, menata meja atau menyendokkan nasi ke piring

Sebelum makan, biasanya ada obrolan ringan seputar makanan kesukaan masing-masing. Kalau sudah begitu, kamu tinggal nimbrung dengan obrolan itu dengan menceritakan dirimu atau kejadian lucu yang pernah terjadi sama pasanganmu ketika makan.

Obrolan seputar kamu dan pasangan bisa jadi kunci untuk obrolan yang lebih akrab lagi dengan calon mertua. Pasalnya, mereka tidak tahu bagaimana anaknya beraktivitas di luar sana. Obrolanmu dengan sang camer membuat orangtua senang. Ceritakan hal lucu yang kalian berdua alami juga bisa membuat suasana cair dan nggak canggung lagi.

3. Pancing obrolan

pixabay.com

Ini adalah tips paling tricky kalau kamu adalah seorang convo killer alias pemutus obrolan. Terkadang saat ada obrolan, suka bingung untuk balas apalagi. Usahakan untuk nggak memaksa obrolan yang sudah garing dan tidak renyah dan gantilah topik obrolan lain.

Kamu juga bisa bertanya tentang kegiatan sang calon mertua sehari-hari bahkan soal bagaimana pasanganmu kalau di rumah. Tanyakan hal sederhana yang membangkitkan kenangan sang calon mertua dengan masa lalu yang akan membuatnya bercerita panjang lebar tanpa disuruh.

Selain membuat calon mertua senang karena ada yang mendengarkan, memancing obrolan seperti ini membuat kita jadi bertambah pengetahuan mengenai latar belakang pasangan kita. Mantap, 'kan!

4. Ingat waktu
pixabay.com

Kalau masalah sopan santun, hampir semua orang pasti paham. Jangankan ketemu calon mertua, ketemu keluarga sendiri saja harus sopan. Yang bikin orangtua bersikap kaku kepada kamu bisa jadi karena ada perilaku yang nggak disukai.

Misalnya kamu main ke rumah calon mertua terlalu lama atau terlalu dekat duduknya sama pasangan kamu. Coba perhatikan perilakumu. Jangan-jangan perilaku kalian memang menyebalkan di depan calon mertua. Berperilaku sopan dengan mendengarkan calon mertua ngobrol itu baik. Tetapi kalau sampai memotong ucapannya karena ingin menimpali ceritanya, bisa jadi beliau jadi tersinggung.

5. Bersih-bersih
pixabay.com

Bersih di sini artinya memperhatikan apa yang kamu bawa dan pakai. Misalnya kendaraan kalian masih berdebu, kotor dan plat nomornya sudah habis masa berlaku. Orangtua itu suka jeli terhadap sesuatu. Mungkin mereka nggak bilang langsung, tetapi mereka akan langsung mengecap kamu sebagai orang yang jorok dan pemalas. Susah deh dapet restu calon mertua! Untuk itu, perhatikan dirimu sendiri sebelum datang ke rumah calon mertua.

6. No mesra day

pixabay.com

Kalau biasanya kamu dan pasangan suka melakukan skinship alias bermesraan seperti mengelus kepala, mengusap lengan atau mengelus pipi, jangan coba melakukan hal itu di depan calon mertua. Apalagi untuk kalian yang baru bertemu calon mertua, jangan umbar kemesraan itu.

Bukan hanya mengganggu dan mengejutkan bagi sang calon mertua, gestur sepert itu akan mengancam citra buruk darimu. Gantilah dengan senyum lembut dan menatapnya saja dibandingkan harus mengelus pipi pasangan kalian di depan wajah calon mertua.

7. Menjadi pendengar yang baik

pixabay.com

Calon mertua adalah pendongeng ulung. Mereka akan menceritakan apa saja dari hal sepele hingga flashback masa kecil sang anak. Kamu cukup menyimak ceritanya sambil menanggapi obrolan tersebut agar tidak menyakiti hati sang calon mertua.

Mencairkan suasana dalam berbagai kebersamaan memang tidak mudah. Banyak cerita dan harus menyiapkan mental untuk melakukannya. Paling tidak, lakukan tips di atas supaya pertemuan ini jadi makinlancar, ya.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Bergaya Seksi dengan Rambut Baru, Millendaru Disebut Mirip Kylie Jenner | Keepo.me

Bergaya Seksi dengan Rambut Baru, Millendaru Disebut Mirip Kylie Jenner | Keepo.me

Plus Minus yang Dirasakan Ketika Berpacaran Selama Bertahun-tahun

Plus Minus yang Dirasakan Ketika Berpacaran Selama Bertahun-tahun

Viral Babi Masuk Masjid, Emak-emak Pengajian Teriak Astagfirullah! | Keepo.me

Viral Babi Masuk Masjid, Emak-emak Pengajian Teriak Astagfirullah! | Keepo.me

Pengalaman Kencan Gagal Ketika Meetup dengan Teman Tinder

Pengalaman Kencan Gagal Ketika Meetup dengan Teman Tinder

Pria di Bali Bunuh Pacar Lalu Bunuh Diri, Surat Wasiat Jadi Petunjuk Lokasi Jasad Korban | Keepo.me

Pria di Bali Bunuh Pacar Lalu Bunuh Diri, Surat Wasiat Jadi Petunjuk Lokasi Jasad Korban | Keepo.me

Persiapan Mental yang Harus Dilakukan Sebelum Memutuskan untuk Nikah

Persiapan Mental yang Harus Dilakukan Sebelum Memutuskan untuk Nikah

loading