Tips Ampuh Ini Hindarkan Kamu dari Bau Mulut Saat Puasa

31 Mei 2017
|Arian Widya
10SHARES

Bau mulut memang menjadi masalah yang paling mengganggu khususnya saat berpuasa. Bau mulut tidak hanya membuat penderitanya tidak nyaman tetapi juga orang-orang di sekelilingnya merasa tidak nyaman. Maka dari itu masalah bau mulut ini harus segera diatasi. Sebenarnya bau mulut ini disebabkan oleh beberapa faktor, dan penyebabnya sering kali disepelekan. Sisa-sisa makanan yang tidak dibersihkan dengan benar ketika berbuka dan sahur dapat menjadi gas sulfur, nah gas itulah yang menyebabkan bau mulut.

Faktor lain adalah karena kita tidak mengonsumsi apapun selama puasa maka produksi saliva akan menurun dan menyebabkan bakteri berkembang lebih cepat. Selain itu bau mulut juga disebabkan karena adanya penyakit dalam tubuh, seperti penderita diabetes dan maag. Nah, tapi nggak perlu khawatir gengs bau mulut juga bisa diatasi kok. Mau tau gimana? Yuk kepoin!

1. Menggosok gigi

Bau mulut akan berkurang atau hilang jika kita menggosok gigi dengan baik dan benar. Nggak cuma menggosok gigi saja tetapi lidah juga. Sehingga tidak adalagi makanan yang tertinggal di mulut.

2. Teh hijau

Mengonsumsi teh hijau tanpa campuran gula saat berbuka dan sahur sangat baik untuk kesehatan mulut. Terlebih lagi untuk menghilangkan bau mulut. Karena teh hijau mengandung zat polyphenol yang berfungsi untuk membersihkan bakteri di area mulut dan pernafasan. Nggak cuma itu mengonsumsi teh hijau sangat baik untuk perokok karena mengurangi peradangan di rongga pernafasan.

3. Hindari mengkonsumsi makanan lengket

Coklat, biskuit, kue, dan es krim merupakan makanan yang sulit dibersihkan dan menempel di gigi cukup lama sehingga menimbulkan bau mulut. Selain karena lengket, makanan tadi juga mengandung terlalu banyak gula sehingga dapat merusak gigi.

4. Air mineral

Mengkonsumsi air mineral sangat dianjurkan saat berpuasa, minimal 8-10 gelas ketika sahur dan berbuka. Air mineral dapat menghilangkan bau mulut karena air mineral akan meningkatkan produksi saliva (air liur). Selain itu air mineral juga mencegah dehidrasi selama puasa.

5. Berolahraga

Jangan karena berpuasa menyebabkan kita malas untuk berolahraga. Berolahraga ringan saat berpuasa sangat dianjurkan, hal itu dapat dilakukan sebelum atau sesudah berbuka puasa. Selain menjaga tubuh agar tetap bugar saat berpuasa ternyata berolahraga juga dapat melepaskan zat-zat beracun dalam tubuh, termasuk racun atau bakteri penyebab bau mulut. 

6. Periksalah ke dokter

Apabila bau mulut kalian nggak hilang juga setelah melakukan tips-tips tadi, segeralah pergi ke dokter dan tanyakanlah apakah ada yang salah pada tubuhmu. Seperti terkena maag, penyakit pernafasan, diabetes atau yang lain. Periksalah sebelum terlambat gengs!

Nah itu tadi tips untuk mengatasi bau mulut saat berpuasa. Selamat mencoba gengs! Selamat menjalankan ibadah puasa!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Arian Widya
Gak Punya Quote Nih!
10SHARES