Tips Agar Resepsi Pernikahan Tidak Menyisakan Beban di Kemudian Hari

pexels.com

Siapa yang nggak ingin pesta pernikahannya dirayakan secara mewah dan dihadiri banyak tamu undangan? Tentunya kita sering disajikan pesta pernikahan yang super mewah. Sebut saja pernikahan Raisa, Nagita Slavina hingga Syahrini. Panggung megah dengan gaun cantik nan mahal menambah gengsi para pengantinnya.

Tentunya tidak semua orang memiliki kemampuan untuk menyelenggarakan pesta semegah itu. Alhasil, banyak anak muda zaman sekarang yang berusaha untuk menggelar resepsi pernikahan sesederhana mungkin. Bukan berarti nggak ada tantangannya, kebanyakan orangtua masih menginginkan pesta pernikahan yang meriah.

Sementara kalau mengikuti kemauan orang lain, bisa-bisa budget pernikahan masih di atas 50 juta! Maka dari itu buat yang ingin menyelenggarakan pesta pernikahan tapi takut kantong jebol, trik di bawah ini cocok untuk dipraktikkan. Biar nggak meninggalkan beban di kemudian hari.

1. Rencanakan budget akad dan resepsi, lalu atur konsep

pexels.com

Mulailah untuk merencanakan budget mulai dari akad dan resepsinya. Budget bisa diatur semampunya dan usahakan tanpa meminjam uang ke orang lain.

Pernikahan bisa dilaksanakan di KUA biar gratis. Untuk menekan budget, usahakan untuk tidak terlalu meminta banyak seserahan agar dana bisa dialokasikan untuk tambahan katering. Kamu juga bisa mengatur konsep sendiri untuk pesta pernikahan yang lebih sederhana daripada harus menyewa wedding organizer yang mahal.

2. Usahakan tidak mengundang terlalu banyak tamu

pexels.com

Salah satu faktor yang membuat biaya pernikahan membengkak adalah katering dan biaya tambahan waktu di gedung atau aula. Maka dari itu, mempertimbangan jumlah tamu undangan itu salah satu cara terbaik untuk menghemat pengeluaran.

Kamu bisa mengundang tamu secukupnya untuk sahabat dan keluarga dekat saja. Tidak perlu memaksakan diri untuk mengundang teman yang kurang akrab atau keluarga jauh yang bahkan nggak kamu kenal.

3. Membuat undangan pernikahan sendiri agar lebih hemat

pexels.com

Undangan pernikahan memang terlihat sepele. Banyak tempat percetakan undangan yang menerapkan konsep semakin banyak undangan maka biayanya juga akan semakin murah. Kebanyakan dari percetakan menerapkan biaya yang jauh lebih murah untuk minimal 300 undangan! Harga undangan tersebut bisa turun hingga 50% dari harga normal satuan.

Bagaimana cara mengakalinya kalau tamu undanganmu nggak sampai 300? Kamu bisa membuat undanganmu sendiri agar lebih hemat. Kamu bisa mengambil desain undangan dari situs desain gratisan. Setelah itu ubah nama, alamat serta isi undangan seperti apa yang kamu mau.

Setelah itu, bawa ke percetakan digital dan minta paket cetak dengan kertas art carton. Minta juga untuk menghitung biaya cutting dan folding agar undangan rapi. Pasti jauh lebih hemat deh.

4. Membuat sovenir sendiri untuk menekan budget
pexels.com

Sama halnya seperti undangan, semakin banyak maka semakin murah. Untuk yang tamu undangannya nggak terlalu banyak, kamu bisa mengakalinya dengan cara membuat sendiri souvenir pernikahanmu dari bahan sederhana.

Kamu bisa custom gantungan kunci murah dengan cetakan namamu dan pasangan atau notebook kecil murah dengan packaging sendiri ala kamu. Selain pastinya berbeda dari yang lain, kamu juga bisa menghemat budget untuk kenang-kenangan ini.

5. Tidak perlu memaksakan hiburan, cukup mengandalkan sound system
pexels.com

Tidak perlu memaksakan hiburan meriah. Untuk mengakali hiburan ala kadarnya, kamu bisa menyewa sound system atau speaker yang bisa disambungkan ke laptop. Kamu bisa mengunduh berbagai lagu yang kamu suka dan minta saudaramu untuk menjadi operator musik.

6. Turunkan gengsi, usahakan agar pesta tidak menghabiskan budget

pexels.com

Usahakan pesta pernikahan tidak menghabiskan semuda budget pernikahan. Sisakan juga untuk hal yang tidak terduga. Atur konsep resepsi sesederhana mungkin. Kamu bisa memanfaatkan salon kenalanmu untuk merias dan sewa baju.

Untuk tenda dan panggung, kamu bisa menggunakan latar sederhana dari kayu bekas yang masih layak dan hiasan berupa daun dan bunga gantung palsu. Manfaatkan juga sofa rumah untuk singgasananya. Jangan selalu mengandalkan wedding organizer, kamu bisa menciptakan panggung ala kamu sendiri yang tentunya dapat menekan budget secara drastis.

7. Semakin lama resepsinya, maka semakin mahal biayanya

pexels.com

Satu hal lagi yang perlu kamu ingat. Semakin lama pesta pernikahan digelar, maka akan semakin besar biaya yang dikeluarkan. Umumnya, pesta pernikahan di gedung, aula maupun di masjid berjalan tidak terlalu lama. Maksimal 3-4 jam sejak akad nikah.

Beberapa orang yang menyelenggarakan pesta di rumah bisa menghabiskan waktu hingga seharian bahkan sampai subuh. Hal ini tentunya nggak baik untuk tubuh dan dompet. Pasalnya, semakin lama pesta diselenggarakan, kamu harus berganti kostum, dirias berulang kali dan menambah porsi makanan untuk para tamu hingga acara selesai. Maka dari itu, ada baiknya kamu bijak menyikapi waktu penyelenggaraan pesta.

Menikah itu murah, tapi gengsi yang bikin jadi mahal. Untuk yang sudah cukup usia dan berencana menikah dalam waktu dekat, kamu bisa menerapkan beberapa tips di atas dan meyakinkan kedua pihak keluarga besar agar menyelenggarakan pernikahan sesederhana mungkin.

Pernikahan bisa jadi hanya sekali seumur hidup, tapi kehidupan setelah pernikahan itu seumur hidup. Jadi, bijaklah dalam mengatur keuangan. Bedakan juga antara keinginan dan kemampuan.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Pamer Foto Perut Sixpack, Cinta Laura Dipuji Seksi oleh Netizen | Keepo.me

Pamer Foto Perut Sixpack, Cinta Laura Dipuji Seksi oleh Netizen | Keepo.me

7 Menu Sarapan yang Nggak Disarankan Dimakan di Pagi Hari

7 Menu Sarapan yang Nggak Disarankan Dimakan di Pagi Hari

Nasa : Asteroid Sebesar "Dua Kali Monas" Akan Menghantam Bumi Pada 13 April 2029! | Keepo.me

Nasa : Asteroid Sebesar "Dua Kali Monas" Akan Menghantam Bumi Pada 13 April 2029! | Keepo.me

Camilan Enak Sebagai Pengganjal Lapar di Tengah Malam

Camilan Enak Sebagai Pengganjal Lapar di Tengah Malam

Deretan Sejarah dan Mitos tentang Lawang Sewu, Bangunan Terangker Kedua se-Asia! | Keepo.me

Deretan Sejarah dan Mitos tentang Lawang Sewu, Bangunan Terangker Kedua se-Asia! | Keepo.me

7 Kesalahan yang Sering Dilakukan Ketika Traveling

7 Kesalahan yang Sering Dilakukan Ketika Traveling

loading