Tinggalkan Pasanganmu Jika Ia Melakukan 8 Hal Ini. Hubungan Abusive Nggak Perlu Dipertahankan!

www.elitedaily.com

Abusive relationship atau hubungan abusive dapat dimengerti secara sederhana sebagai hubungan yang penuh kekerasan. Terdapat suatu pola atau perilaku kekerasan dalam hubungan ini yang digunakan untuk membentuk kuasa dan kendali atas pasangannya. Orang yang terlibat dalam hubungan yang abusivebaik korban maupun pelaku, kerap tidak menyadari seberapa besar dampak buruk yang dapat ditimbulkan. Pasalnya, kesehatan mental pihak yang menjadi korban kekerasan dapat terganggu dan kehidupannya pasca hubungan abusive tersebut pun bisa jadi berantakan.

Mengingat hal ini, jadi penting bagi kita untuk tahu apa saja ciri-ciri hubungan yang penuh kekerasan agar kita nggak terjebak di dalamnya. Nah, biar kamu lebih sadar, ini pertanda hubungan abusive yang harus kamu perhatikan!

1. Mengucapkan kata-kata kasar

www.huffingtonpost.com

Masalah dalam sebuah hubungan tentu merupakan hal yang biasa, tapi bagaimana jika pasanganmu sering mengucapkan kata-kata kasar ketika ia marah? Atau bahkan sering memakimu hanya karena kesalahan kecil? Jangan anggap remeh sikap seperti ini ya, kamu nggak perlu memaklumi doi dengan bilang “namanya juga lagi emosi”. Mengucapkan kata kasar, memaki, dan menghina tetaplah perilaku abusive yang nggak perlu ditoleransi!

2. Memaksamu untuk melakukan sesuatu

www.elitedaily.com

Dalam sebuah hubungan, kamu dan pasangan berada di kedudukan yang setara. Tidak ada si superior yang mendominasi dan si inferior yang didominasi. Jadi, pasanganmu sama sekali nggak punya hak untuk memaksamu melakukan sesuatu. Kamu berhak menolak dan berkata “tidak”. Kalau pasanganmu marah karena penolakanmu, lebih baik tinggalkan dia sekarang juga!

3. Melakukan kekerasan fisik

www.advocate.com

Kalau pasanganmu sering melakukan kekerasan fisik seperti menampar, mendorong, mencubit, memukul, dan sebagainya, itu adalah ciri yang sangat amat jelas bahwa kamu sedang berada dalam hubungan yang abusive. Sekali ia melakukan kekerasan padamu secara fisik, tinggalkan dia! Kamu dan tubuhmu sangat berharga dan tidak ada seorang pun yang berhak melakukan kekerasan terhadapmu.

4. Mengekang dan membatasi
www.elitedaily.com

Mengekang dan membatasi adalah bentuk lain dari mendominasi. Kalau pasanganmu sering mengekangmu, seperti tidak boleh bepergian dengan temanmu, tidak boleh melakukan hal yang biasa kamu lakukan, tidak boleh menghubungi rekan kerjamu, maka sudah jelas bahwa pasanganmu adalah pasangan yang tukang atur dan abusive. Kamu harus sadar bahwa kamu sedang didominasi, dan hal tersebut tidak mungkin dilakukan oleh seseorang yang benar-benar menghargai, menghormati, dan mengerti bahwa kamu adalah seutuhnya manusia yang setara dengannya.

5. Cemburu yang berlebihan

www.elitedaily.com

Siapa bilang cemburu itu tanda sayang? Bagaimana kalau cemburunya sudah berlebihan dan jadi menimbulkan masalah? Kamu bisa saja dibatasi bahkan dilarang berteman dengan lawan jenis hanya karena kecemburuannya yang sangat berlebihan. Akibatnya, ruang sosialmu akan terganggu dan kamu akan merasa sangat tidak nyaman karenanya. Masih mau bilang cemburu itu tanda sayang?

6. Menjadi pribadi yang berbeda

www.elitedaily.com

Berpasangan dengan seseorang, sama sekali tidak berarti kamu harus ‘melebur’ dengan  pasanganmu. Kamu tidak perlu menjadi pribadi yang berbeda, yang sesuai dengan apa yang diinginkan pasanganmu. Kamu hanya perlu menjadi diri sendiri. Kalau kamu memaksa dirimu untuk menjadi orang lain yang diinginkan pasanganmu, kamu akan merasa sangat tidak nyaman karena apa yang kamu tunjukkan adalah suatu yang palsu.

7. Mudah stres

www.elitedaily.com

Senang, sedih, marah, dan kecewa adalah perasaan yang wajar dalam sebuah hubungan. Hampir tidak mungkin jika kita mengharapkan hubungan yang selalu harmonis, manis, dan romantis. Tapi, lain halnya kalau kamu sering merasa stres akibat hubungan yang sedang kamu jalani. Mudah stres menandakan kamu sedang dalam tekanan. Tentu hal ini sangat tidak baik bagi kesehatan psikologismu. Jika kamu menemukan dirimu terus menerus mengalami stress, keluarlah dari hubungan abusive yang sedang kamu jalani. Tidak perlu lagi mencari-cari alasan untuk bertahan!

8. Tidak berani memutuskan hubungan

www.welingelichtekringen.nl

Kadang kita merasa sudah tidak nyaman dengan suatu hubungan tapi kita tidak berani untuk mengakhiri hubungan tersebut. Kalau kamu mengalami hal tersebut, kamu perlu berpikir terlebih dahulu, mengapa kamu tidak berani memutuskan hubungan? Apakah karena kamu takut pasanganmu marah? Atau karena pasanganmu memaksamu untuk bertahan? Apapun alasannya, kamu tidak seharusnya merasa takut untuk mengakhiri sebuah hubungan. Kalau kamu merasa sudah tidak nyaman dengan perilaku pasanganmu, kamu berhak, bahkan harus memutuskan hubungan darinya!

Itulah 7 penanda hubungan abusive yang wajib kamu cermati dan pahami. Semoga kita semua dihindarkan dari pasangan-pasangan yang abusive dan manipulatif. Ingat, kamu dan pasangamu adalah setara dan dia tidak berhak mendominasi dirimu!

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Bikin Melting, 4 Zodiak Ini Sangat Serius Saat Menjalani Hubungan. Nggak Main-Main!

Bikin Melting, 4 Zodiak Ini Sangat Serius Saat Menjalani Hubungan. Nggak Main-Main!

Nggak Lolos Tes CPNS? Tenang, 7 Profesi Ini Menjanjikan Kemapanan di Hari Tua

Nggak Lolos Tes CPNS? Tenang, 7 Profesi Ini Menjanjikan Kemapanan di Hari Tua

Percayalah Kamu Bisa Keluar dari Kelamnya Friendzone dengan Melakukan Hal Ini

Percayalah Kamu Bisa Keluar dari Kelamnya Friendzone dengan Melakukan Hal Ini

Anti Buku Berantakan, DIY Rak Buku Asimetris Ini Cocok Buat Anak Kosan. Mursida!

Anti Buku Berantakan, DIY Rak Buku Asimetris Ini Cocok Buat Anak Kosan. Mursida!

7 Hal yang Bakal Dialami Sama Anak Kos di Masa Awal Menjadi Maba

7 Hal yang Bakal Dialami Sama Anak Kos di Masa Awal Menjadi Maba

Teori Aja nggak Cukup, Ini 6 Alasan Kamu Harus Ikut Magang Saat Kuliah!

Teori Aja nggak Cukup, Ini 6 Alasan Kamu Harus Ikut Magang Saat Kuliah!

loading