Tidak Ada Orang yang Terlahir Jahat, Hanya Saja Beberapa Orang Menjalani Hidup yang Lebih Pahit

unsplash.com

Kamu pasti pernah kan kenal orang yang ngeselin banget? Bisa dari cara berbicaranya, caranya berpenampilan... Pokoknya, duh... Ni orang datang dari planet mana seeeh... Kok gak punya common sense.. Kok gak punya manner... Bla bla bla.. Setumpuk makian kamu tujukan ke dia. Atau apa pun dalam dirinya, apa pun yang dia lakukan kamu merasa dia 'aneh' atau tidak biasa. Tapi... Tunggu dulu... Pernahkah kamu berpikir apa yang membuat dia seperti itu? Hayooo! Seringkali kita memiliki standar sendiri dalam menilai apakah seseorang itu baik atau gak. Seringkali kita melupakan rasa kemanusiaan kita. Begitu mudah kita menghakimi seseorang yang menyakiti hati kita dan menutup pintu hati, pokoknya udah gak mau kenal mereka lagi. TITIK! Hmmm. Slow guys... Artikel ini pengin ngajak kamu buat sekali aja melihat hidup dari sisi mereka. Apa sih yang buat mereka jadi kayak sekarang? 

1. Broken home

unsplash.com

Siapa sih yang ingin orang tuanya gak rukun? Gak ada kan. Bahkan sampai bercerai? Hiks! Sedih guys. Itu salah satu alasan kenapa orang yang memiliki keluarga broken home seringkali orangnya lebih tegar dan keras. Jika keluarganya broken sejak dia masih kecil, mungkin dia terbiasa dengan kesedihan dan keributan di dalam rumah. Piring terbang, sapu terbang.. ups (emang penyihir?), sudah biasa buat dia. Jika keluarganya broken di saat ini atau di saat dia sudah dewasa.. Bukan berarti semua okay. Tidak lho! Semua itu tetap terasa berat. Dia harus pura-pura bahagia di depan orang lain tentang ayah ibunya. Berusaha menunjukkan bahwa broken home is okay. Bahwa itu adalah proses dan 'gelar' baru yang dia belajar untuk terima seumur hidup.

2. Trauma masa kecil

unsplash.com

Kata para ahli kalo seseorang punya masa kecil yang indah dan terpuaskan oleh kasih sayang, maka orang itu akan tumbuh besar dengan baik pula. Katanya sih.. Hehe. Tapi emang bener kok. Yang jadi masalah, ternyata gak semua orang seberuntung itu. Ada orang-orang yang memiliki trauma masa kecil. Bisa jadi karena keluarga yang miskin, gak bisa mencukupi kebutuhan hidupnya. Makan aja susah. Sepiring berdua, bertiga.. udah biasa. Bisa juga trauma karena orang tuanya suka memukul, mabuk-mabukan, judi. Makanya anak-anak ini tumbuh jadi pribadi yang keras atau terlampau sensitif. Karena di masa kecil mereka sudah berusaha untuk bisa survive. Ada trauma yang membuat mereka takut. Dan seringkali mereka sulit didekati. Fiuh... 

3. Memiliki sakit mental atau fisik

unsplash.com

Oh no! Sakit? My God.. Denger kata itu aja udah bikin ngeri, ya. Gimana ngejalaninya... Slow.... Apa betul separah itu? Hmm.. Sebenarnya, ini hal yang sulit diterima. Baik itu sakit yang sejak lahir, sejak kecil atau ketika dewasa. Bayangin kalo kamu tiba-tiba divonis sakit kanker dan hidup hanya tinggal 1-2 tahun. Duh, jangan sampe deh.... Jadi seperti itulah yang mereka rasakan, guys. Tentu ini membingungkan bagi mereka. Dia tidak ingin menjadi lemah, dia menutupi sakitnya tetapi di satu sisi dia tau itu sebenarnya sangat menyedihkan. Hidup dengan topeng. Sementara bagi orang yang sakit mental atau gangguan psikologis, mereka terlihat baik-baik saja. Tetapi sebenarnya seumur hidup dia berjuang dengan itu. Dia bahkan tidak bermaksud melakukan A atau B tetapi semua terjadi begitu saja.... Cara mereka berpikir dan memandang hidup memang berbeda dengan kita yang tidak membawa 'kutukan' dalam hidup ini.

4. Kehilangan orang yang dicintai untuk selamanya

unsplash.com

Kematian selalu menyisakan luka. Dan terkadang mengubah seseorang untuk selamanya. Cieh! Tidak terbatas hanya yang memiliki hubungan darah, seperti ayah dan ibu aja lho! Tetapi calon suami, tunangan atau pacar.. Yang memang benar dia cintai... Ketika kematian memisahkan, hal itu sangat mematahkan hatinya berkeping-keping. Mungkin dia sedang dalam proses menyatukan kembali kepingan hatinya. Dan itu membutuhkan waktu. Sabarlah terhadap orang-orang ini, ya. Terkadang orang-orang ini menjadi sulit untuk dimengerti karena mereka selalu terkesan mellow. Baper terus bawaannya...! Semoga temanmu ini, bisa segera sembuh hatinya. Hiks!

5. Dikhianati

unsplash.com

Pengkhiatan bisa datang dari siapa saja. Dikhianati atau ditipu memang tidak mengenakkan. Ya kan? Apalagi ketika dia sudah sangat percaya pada orang itu. Bisa jadi pengkhiatan ini masalah perasaan atau harta. Orang-orang ini akan menjadi pribadi yang sulit percaya. Ibarat kalo salah dikit aja, kita tu bangunin macan yang lagi tidur. Hiiiiy! Apalagi kalo yang mengkhianatinya itu orang yang dia cintai. Duh, perih banget pasti. Orang-orang ini mungkin menjadi orang yang mudah curiga. Tidak hanya masalah kecil.. Soal pekerjaan, juga soal uang dan lainnya. Ada baiknya, kamu menunjukkan lebih dulu bahwa kamu bukan orang yang akan memanfaatkan dia. Okay?

6. Kehilangan segalanya

unsplash.com

Lost everything. EVERYTHING. Wow? Kebayang gak? Apa ini maksudnya? Apa sih artinya? Ini situasi hidup yang ekstrim jika seseorang mengatakan pernah kehilangan segalanya. Mungkin tidak hanya keluarganya tapi juga harta, virginity.. Apa pun. Segalanya. Tidak semua orang mengalaminya tetapi hal ini tetap bisa terjadi. Hal semacam ini biasanya melahirkan orang-orang yang besar. Coba nih berandai-andai.. Hehe.. Salah satu skenario aja (udah kayak sinetron).. Ada orang yang awalnya hidup di keluarga bahagia. Namun, ketika remaja orang tuanya meninggal. Dia tinggal bersama paman dan bibi yang tidak ikhlas mengurusnya. Dia bekerja sambilan untuk uang jajannya. Di usia remaja diperkosa oleh sepupunya. Setelah lulus SMA dia memutuskan untuk keluar dari rumah paman bibinya dan merantau di kota lain, bekerja ikut orang. Setelah itu, kamar kosnya kebakaran dan secara finansial dia kesulitan. Lalu kamu bertemu dia. Dia cantik tapi sikapnya sangat menjengkelkan. Dia yang di hadapanmu ini, pernah kehilangan segalanya......

So, gimana menurut kamu? Apa rasa jengkelmu udah ilang? Ato tambah jengkel? Haha. Semoga tulisan ini bikin pikiranmu lebih terbuka, ya. Gak ada salahnya kok sesekali berpikir apa yang bisa kamu lakuin untuk dia. Toh apa yang kamu lakuin, sebenarnya gak banyak membantu dia. Tapi seenggaknya, semoga itu mencerahkan harinya. Ya kan! Mau dong kamu jadi orang yang lebih baik. Mungkin dia nggak mudah buat berubah tapi gak ada salahnya kamu yang mulai berubah duluan. Semua orang pasti tersentuh dengan kebaikan hatimu kok. Percaya aja! So... mulai berpikir positif, memaafkan, selalu ada alasan di balik segala sesuatu, belajar jadi orang yang lebih berempati dan katakan pada mereka,"Kamu diterima." Peace!

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
7 Mie di Dunia dengan Rasa Unik yang Akan Bikin Kamu Penasaran!

7 Mie di Dunia dengan Rasa Unik yang Akan Bikin Kamu Penasaran!

Suka Cari Jodoh di Internet? Ini 7 Tips Jitu yang Harus Kamu Tahu!

Suka Cari Jodoh di Internet? Ini 7 Tips Jitu yang Harus Kamu Tahu!

Tips Membaca Tipe Kepribadian Gebetan Lewat Makanan Favoritnya, Mau coba?

Tips Membaca Tipe Kepribadian Gebetan Lewat Makanan Favoritnya, Mau coba?

Selingkuh dan Gak Pengen Ketahuan? Ini 10 Tips yang Wajib Dilakuin!

Selingkuh dan Gak Pengen Ketahuan? Ini 10 Tips yang Wajib Dilakuin!

9 Tato Di Tangan Ini Terlihat Keren dan Kreatif, Berani Coba?

9 Tato Di Tangan Ini Terlihat Keren dan Kreatif, Berani Coba?

Saking Tegangnya, Ekspresi Wajah Mereka Pas Main Roller Coaster Lucu Banget!

Saking Tegangnya, Ekspresi Wajah Mereka Pas Main Roller Coaster Lucu Banget!

loading