Tertarik Berprofesi Jadi Sound Engineer? Profesi Kerjanya Menguntungkan Lho!

Sumber Gambar

Ketika kamu dan temen-temen akan lulus dari bangku SMA, mungkin kalian pernah ngobrolin profesi-profesi yang kalian minati masing-masing dan akhirnya jadi bahan pertimbangan kalian buat memilih jurusan yang bakal kalian ambil untuk di tingkat pendidikan lebih lanjut baik secara formal maupun non-formal. Buat kalian yang pengen jadi pengacara atau hakim, kalian pasti bakal nimbang-nimbang buat masuk kuliah jurusan hukum. Kalo kalian pengen jadi penulis, mungkin kalian bakal kepikiran untuk milih antara jurusan sastra atau jurnalistik. Tapi pernah gak sih di antara kalian ada yang kepikiran untuk jadi sound engineer? Sound Engineer adalah profesi yang bertanggung jawab dalam penataan suara dalam suatu karya musik atau film.

Sebagai orang yang bertanggung jawab dalam penataan suara, seorang sound engineer harus memahami proses recording,mixing, dan mastering agar suara yang nanti bakal digunakan dalam suatu karya, bisa berfungsi secara maksimal sesuai dengan yang dibutuhkan. Buat jadi seorang sound engineer pun sebenernya gak perlu bisa main musik lho. Terpenting, kalian udah paham betul sama jenis suara dan ngerti gimana caranya untuk mengolah suara dengan perlengkapan-perlengkapan tertentu. Dalam hal ini, kepekaan indera pendengaran kalian emang penting banget dan mungkin bisa dikatakan sebagai “senjata utama” kalian dalam mengolah suara. Minat untuk jadi seorang Sound Engineer atau Penata Suara emang minat yang tampaknya nggak terlalu lumrah.

Pandangan kolektif masyarakat negara berkembang emang belum terlalu bisa percaya kalo profesi yang berkaitan dengan “seni suara” tuh memiliki jaminan yang bisa menyejahterakan secara finansial. Jadinya, orang berpikir kalo bidang ini tuh resikonya besar banget dibandingkan kalo kamu milih profesi yang berkaitan dengan bidang hukum atau ekonomi. Tapi jangan salah lho, meskipun bidang ini emang gak populer-populer amat, sebenernya banyak keuntungan yang bisa kamu dapetin kalo kamu milih bidang ini sebagai profesi kamu. Asalkan, para peminat tersebut emang serius dalam bidangnya dan pantang menyerah untuk meraih mimpi. Anjaaayy. Kira-kira apa aja yah keuntungan jadi Sound Engineer? Daripada penasaran, kepoin yuk di bawah ini!

1. Siapa bilang sound engineer penghasilannya pas-pasan?

Sumber Gambar

Alasan kenapa poin ini dijadiin yang paling pertama, soalnya masalah “duit” di zaman sekarang seringkali dijadiin bahan pertimbangan utama untuk mata pencaharian yang hendak kita lakukan. Banyak yang anggep kalo pekerjaan penata suara itu penghasilannya gak pasti dan gak menjamin kestabilan ekonomi dari para pelakunya. Kalo kamu emang demen banget terhadap hal-hal yang berbau pengolahan suara, hal-hal kayak gitu jangan kamu dengerin! Soalnya, untuk ngolah suara dalam satu lagu aja, kamu bisa dibayar dari hitungan ratusan ribu sampai jutaan lho! Sekarang aja standar mixing dan mastering yang bagus tuh biayanya bisa sampai 300-500 ribuan per lagunya. Tapi itu bergantung dari jam terbang kamu ya. Mungkin kalo awal-awal untuk bikin portofolio sih kamu harus siap untuk kerja tanpa dibayar. Tapi kalo kamu udah bikin portofolio yang bisa bikin banyak musisi percaya sama kerja kamu, mereka gak bakal ragu untuk bayar profesi kamu dengan biaya yang gak sedikit.

2. Bisa diajak ke berbagai acara musik tanpa bayar!.

Sumber Gambar

Kamu pernah gak sih lagi pengen banget dateng ke konser musisi pujaan kamu tapi sayangnya harga tiketnya nggak sesuai dengan keadaan dompet kamu? Kalo kamu jadi sound engineer, kamu dibutuhkan bukan hanya di dapur rekaman aja loh. Soalnya, kamu juga bisa jadi operator mixer yang bertanggung jawab untuk menata suara dalam musik panggung. Mau sehebat apapun musisi, tetep aja suara yang keluar bakal jadi semacam musik amatiran kalo di balik penampilannya nggak ada sound engineer handal yang bisa mengatur suara yang keluar jadi seindah mungkin. Emang sih, penataan suara ketika live itu lebih ribet ketimbang di dapur rekaman. Tapi, kalo kamu udah dikenal sebagai operator suara yang mahir, kamu bisa dateng ke acara musik besar tanpa harus bayar tiket dan justru malah dibayar! Kurang apalagi coba?

3. Bisa lebih dulu tahu materi dalam materi musik dan karya film!

Sumber Gambar

Selain kamu bakal punya keahlian dalam bidang musik, sound engineer juga bisa direkrut untuk penataan suara dalam film. Suara yang digunakan dalam film itu nggak direkam dan ditempel sembarangan gitu aja lho. Perlu penataan suara yang baik agar suara dalam karya audiovisual tuh bisa memanjakan tidak hanya mata penonton saja, melainkan telinganya juga. Pemilahan suara utama dan suara latar, pengaturan suara telinga kanan-kiri, pengaturan estetika dalam berbagai ragam suara, dan lain-lain adalah hal yang penting banget dalam film. Makanya, kalo kamu punya profesi ini,selain kamu bisa ngintip proses pembuatan lagu, kamu juga bisa ngintip proses syuting dalam film loh. Lumayan kan bisa tau duluan ceritanya atau bisa ketemu sama selebritis? Hehehe.

4. Indera pendengaran kamu bakal terlatih.

Sumber Gambar

Kalo yang satu ini, jelas banget manfaatnya buat profesi sound engineer. Karena kamu terbiasa untuk fokus terhadap berbagai jenis suara, indera pendengaran kamu bakal lebih peka dibandingkan orang lain lho. Kalo misalnya tiba-tiba kamu denger suara langkah kaki di dapur, kamu mungkin bisa membedakan itu maling atau adik kamu yang lagi ngumpet-ngumpet ngambil coklat dari kulkas dari berat-ringannya langkah kaki mereka. Selain itu, tingkat kefokusan kamu bakal terlatih ketika mendengarkan orang berbicara. Jadi, semoga nggak ada lagi deh kejadian kamu ngiler pas lagi ikutan seminar atau acara diskusi!

5. Bisa dikenal sama seniman-seniman ngetop!

Sumber Gambar

Kalo kamu terus fokus dan memperjuangkan profesi ini, siapa tau suatu saat kamu bakal dipercaya sama seniman-seniman hebat untuk menata suara dalam karya-karya mereka? Dengan begini, kamu bisa kenal sama seniman-seniman top yang biasanya cuma kamu bisa liat di TV atau media sosial lho!

6. Siapa tau kamu malah bisa jadi musisi yang mahir.

Sumber Gambar

Bonus dari profesi ini, mungkin suatu saat kamu bisa jadi musisi yang mahir juga lho. Soalnya, kamu bakalan meresepsi berbagai ragam musik dan suara dengan ragam yang berbeda-beda sehingga kamu bakal lebih kaya dalam wawasan estetika suara. Dengan begitu, mungkin aja kamu bisa memainkan suara-suara dengan bentuk yang indah sehingga selain jadi sound engineer, kamu juga bisa jadi musisi seperti halnya Piyu Padi yang bekerja sebagai musisi merangkap sound engineer.

7. Karena jarang ada yang mau sama profesi ini, kamu bakal lebih dicari!

Sumber Gambar

Tingkat minat terhadap profesi ini emang gak terlalu tinggi jumlahnya sehingga orang yang menekuni bidang sound engineer emang gak terlalu banyak. Makanya, kamu pasti bakal lebih terlihat lebih ekslusif dan mungkin bisa bikin kamu dicari-cari sama orang saking langkanya!

Meskipun keuntungan-keuntungan di atas terlihat menggiurkan dan mungkin bikin kamu jadi ngebayangin: “wah enak yah jadi sound engineer, bisa kenal deket sama artis-artis kece!”, pada kenyataannya emang butuh perjuangan juga untuk bisa ngetop seperti Donny Hardono atau Piyu Padi yang udah dikenal baik sebagai penata suara. Mungkin butuh waktu bertahun-tahun sampai nama kamu dikenal di dunia hiburan dan akhirnya sukses sebagai orang yang menekuni profesi yang tidak populer ini. Yang jelas, kalo kamu emang suka banget sama jenis profesi ini, kamu harus tekun dan tentunya harus sabar ya!

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Terekam CCTV Saat Ganti Baju, Selebgram Ini Disalahkan Saat Protes. Begini Klarifikasi Pihak Salon! - Keepodotme

Terekam CCTV Saat Ganti Baju, Selebgram Ini Disalahkan Saat Protes. Begini Klarifikasi Pihak Salon! - Keepodotme

Download Twitter Deh, Ada QR Code-nya Jadi Enak Follow-Followan!

Download Twitter Deh, Ada QR Code-nya Jadi Enak Follow-Followan!

Awas Meledak! Kata Ilmuwan Australia, Pelihara Ayam di Belakang Rumah Bisa Jadi Bom Waktu - Keepodotme

Awas Meledak! Kata Ilmuwan Australia, Pelihara Ayam di Belakang Rumah Bisa Jadi Bom Waktu - Keepodotme

Mau Tau Penyebab Cewek Kamu Ngambek? 7 Alasan Konyol Ini Jawabannya!

Mau Tau Penyebab Cewek Kamu Ngambek? 7 Alasan Konyol Ini Jawabannya!

Nisan Salib Dipotong Warga Bikin Gempar di Jogja. Pemakaman Warga Katolik Ini pun Jadi Viral! - Keepodotme

Nisan Salib Dipotong Warga Bikin Gempar di Jogja. Pemakaman Warga Katolik Ini pun Jadi Viral! - Keepodotme

Lagi Cari Kerja dan Ngarep Diterima? 7 Tanda Kalo Interview Kamu Gagal Total!

Lagi Cari Kerja dan Ngarep Diterima? 7 Tanda Kalo Interview Kamu Gagal Total!

loading