Ternyata Tanda Tangan Bisa Mencerminkan Kepribadian Seseorang. Seperti Apa Kepribadianmu?

01 Maret 2018
|Chandra W.
453SHARES

Sepintas mungkin kedengarannya konyol seperti ketika membaca karakter seseorang dari tanda tangan, tapi membaca kepribadian atau karakter seseorang dengan gal tersebut ada ilmunya lho. Namanya grafologi alias ilmu membaca tulisan tangan.

Grafologi pada awalnya berasal dari Cina dan muncul pada sekitar tahun 1000 M lalu disempurnakan di Perancis oleh Abbe Jean Hyppolyte Michon pada tahun 1875. Ternyata saat kita menulis, tulisan kita adalah wujud dari gerak refleks otot halus atas stimulus bawah sadar. Artinya, goresan itu jujur dan menunjukkan apa yang ada dalam pikiran bawah sadar seseorang.

Lalu bagaimana kaitannya  dengan kepribadian seseorang?

1. Tanda tangan dengan keterangan nama yang jelas menunjukkan tingkat kepercayaan diri yang tinggi

Setelah atau sebelum tanda tangan, pasti kamu menuliskan nama terang kan di bawahnya? Nah dari caramu menuliskan nama terang itu saja bisa ketahuan kamu orang yang percaya diri atau bukan. Jika kamu menuliskan nama depanmu, itu menandakan kamu memiliki sifat ekspresif.

2. Dilihat dari ukurannya, tanda tangan yang goresan tintanya tebal dan ukurannya lebih besar dari keterangan nama juga menunjukkan tingginya kepercayaan diri

Sementara jika ukurannya jauh, jauh lebih besar lagi, bisa jadi kamu punya sifat manipulatif, egois, dan suka caper alias cari perhatian nih. Waduh. Sayangnya nggak ada standar ukuran yang jelas nih sampai batasan seberapa sebuah tanda tangan dianggap mencerminkan sifat egois, terlalu percaya diri, manipulatif dan caper.

3. Jarak antara tanda tangan dengan keterangan nama merujuk pada kejujuranmu

Jika kamu tanda tangan jauh di atas nama terang, katanya sih menunjukkan nggak semua informasi yang kamu sampaikan benar adanya. Kamu juga mungkin ragu atas informasi yang kamu tuliskan sendiri. Bahkan bisa juga menunjukkan kebohongan. Waduh. Sulit juga ya. Sementara itu, tanda tangan yang dekat dengan nama terang menunjukkan bahwa kamu paham akan informasi apa saja yang kamu berikan dan memahaminya dan jujur akan semua itu.

4. Posisi tanda tangan: kanan, terlalu kanan, terlalu kiri juga memperlihatkan kepribadian yang berbeda-beda

Jika tanda tanganmu berada di kanan dan jaraknya ideal dengan nama terakhirmu, tandanya kamu mudah bersosialisasi dan cukup inisiatif.

Kanan tapi kanan banget bukan berarti kamu liberalis, dalam kaitannya dengan tanda tangan jika posisi awal tanda tangan jsutru dekat atau sejajar dengan nama terakhirmu, itu artinya kamu hiperaktif, kurang sabar, dan cenderung nggak suka dengan peraturan yang berlaku.

Lain lagi jika tanda tanganmu terlalu ke kiri. Jadi mulainya di kiri nama terang dan selesai sebelum nama terakhir. Itu menunjukkan kamu kurang percaya diri.

Coba cek lagi tanda tanganmu ada di sebelah mana.

5. Tanda tangan yang diakhiri dengan titik menandakan kamu mudah curiga kepada orang lain

Namun demikian, ironisnya, ini juga menunjukkan bahwa ketika kamu sudah percaya dengan seseorang, kamu terlalu percaya dan mudah dimanfaatkan. Benar begitu sobat kepo?

6. Semakin abstrak dan nggak terbaca, semakin tertutup pula kepribadian seseorang

Orang sulit mengerti kepribadianmu saking tertutupnya. Hayoo siapa yang tanda tangannya abstrak?

7. Tanda tangan seperti sandi rumput ternyata mengindikasikan beberapa sifat yang baik lho

Ingat ketika zaman sekolah ikut ekstrakurikuler Pramuka? Kan ada berbagai sandi tuh, salah satunya sandi rumput. Atasnya lancip dan goresannya seperti tajam-tajam atas bawah gitu. Ternyata tanda tangan orang seperti ini menunjukkan kecerdasan, semangat, keberanian, wibawa serta sifat agresif dan memperlihatkan bahwa orang ini berpendidikan tinggi.

8. Tanda tangan yang akhirannya goresan naik menunjukkan seseorang dengan ambisi tinggi

Juga sifat pantang menyerah sebelum tujuan utama tercapai. Meski ambisius dan pantang menyerah, orang yang tanda tangannya seperti ini ternyata ramah, hangat dan peduli dengan orang lain.

9. Sebaliknya, jika goresan tanda tanganmu menurun tandanya kamu sedang depresi, nggak puas dengan hasil yang telah kamu capai, atau putus asa dengan hidup

Waduh, sulit nih kalau sudah terlanjur tercantum di KTP. Buruan ganti!

10. Tanda tangan bergaris bawah mencerminkan kepribadian ulet dan pantang menyerah

Bahkan ketika semua berjalan kurang lancar dan harus memulai segalanya dari awal, orang-orang dengan tanda tangan seperti ini bakalan tetap on fire semangatnya. Skill kepemimpinannya bagus. Tapi jika garis bawahnya sangat pendek, maka itu bisa menunjukan sifat bossy, senang menyuruh bahkan diktator.

11. Beda tekanan beda sifat juga lho

Tanda tangan dengan goresan kuat dan dalam menandakan sifat perfeksionis, serius dan berkomitmen. Tapi kalau terlalu kuat bisa jadi kamu orangnya terlalu sensitif dan tegang.

Sementara itu jika goresannya ringan dan tipis, kamu orangnya mudah empati dan cukup sensitif. Kamu juga tahu mana yang benar-benar perlu dilakukan dalam hidup dan nggak membuang waktu untuk hal yang sia-sia.

Nah, coba deh sekarang lihat lagi tanda tanganmu. Kira-kira sesuai nggak sih dengan grafologi di sini? Perlukah tanda tanganmu diubah? Atau sifat-sifatmu saja yang pertama-tama diperbaiki, baru tanda tangannya ganti?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Chandra W.
"Sebaik-baik tulisan adalah yang dibaca sampai akhir."
453SHARES