Ternyata Makan Buah itu Gak Sembarangan Alias Ada Aturannya Lho!

21 Maret 2017
|Idham Nur Indrajaya
Life
0SHARES

Buah-buahan memang mengandung banyak nutrisi yang memiliki berbagai macam manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Makanya, dalam berbagai media informasi yang berkaitan dengan kesehatan, buah-buahan memang selalu muncul sebagai solusi untuk menjaga kesehatan tubuh manusia. Bahkan, ada beberapa orang yang mencoba untuk menggunakan buah sebagai pengganti air mineral loh.

Soalnya, buah-buahan sendiri memang mengandung banyak air yang memang bisa mengganti fungsi air mineral. Akan tetapi, hal ini belum diketahui hasilnya secara pasti lho. Jadi, mendingan kalau masih ada air mineral, jangan hanya mengandalkan buah untuk kebutuhan zat H2O dalam tubuh kamu ya.

Hal tersebut hanyalah salah satu dari beberapa pantangan lainnya yang perlu kamu patuhi saat hendak mengonsumsi buah. Meskipun buah-buahan terbukti dapat memberi manfaat bagi kesehatan, dalam pengonsumsiannya pun tetap ada aturannya lho. Kalau misalnya aturan itu tidak diikuti, nutrisi dalam buah pun tidak akan memberi manfaat yang signifikan bagi tubuh. Malahan, terkadang jika ada aturan yang dilanggar, buah-buahan pun malah bisa berbahaya bagi tubuh.

Nah, daripada nunggu lama lagi, mendingan kita langsung kepoin aja yuk, aturan-aturan apa aja yang harus dipatuhi dalam memakan buah-buahan. Tengok aja di bawah ini!

1. Jangan mengganti sayuran dengan buah

Disebabkan oleh adanya pengetahuan bahwa buah itu mengandung banyak vitamin yang berkhasiat untuk kesehatan fungsi-fungsi tubuh manusia, ditambah lagi dengan adanya zat asam organik dan zat aromatik dalam buah yang dapat membantu penyerapan nutrisi dalam tubuh, beberapa orang berpikiran bahwa buah-buahan dapat mengganti sayur-sayuran dalam suatu hidangan makanan.

Akan tetapi, pada kenyataannya, sayuran ternyata memiliki zat mineral yang lebih banyak jika dibandingkan dengan buah-buahan. Jika kita terlalu sering mengganti sayuran dengan buah, tubuh pun akan tetap kekurangan nutrisi. Apalagi, dilansir dari vemale.com, tubuh manusia itu membutuhkan 500 gram sayuran setiap harinya untuk memenuhi kebutuhan nutrisi. Dan kebutuhan itu tidak akan terpenuhi jika kita selalu menggunakan buah untuk mengganti sayur-sayuran.

2. Jangan terlalu sering menggunakan buah sebagai pengganti hidangan utama

Untuk menjaga regenerasi tubuh dan pemulihan organ tubuh yang rusak, manusia membutuhkan kandungan lemak dan protein yang cukup setiap harinya. Buah memang mengandung air mineral sebanyak 85 % yang baik bagi tubuh, hanya saja kandungan protein dan lemaknya tidak mencukupi kebutuhan tubuh manusia jika dikonsumsi setiap hari sebagai pengganti hidangan utama.

 

3. Jangan makan buah setelah makan nasi.

Kebiasaan makan buah setelah makan nasi memang menjadi hal yang lumrah di berbagai kalangan. Buah biasanya digunakan sebagai hidangan pencuci mulut setelah hidangan utama dihabiskan. Ternyata, kebiasaan ini sangat berbahaya bagi tubuh kita. Soalnya, buah-buahan itu termasuk makanan yang sangat cepat mengalami pembusukan, sedangkan nasi sendiri memiliki susunan materi yang padat sehingga proses pencernaannya membutuhkan waktu yang lama.

Jika buah masuk ke dalam lambung yang sedang mencerna nasi, buah tersebut harus menunggu nasi dicerna terlebih dahulu sebelum nutrisinya diserap oleh tubuh, dan akhirnya karena terlalu lama menunggu nasi dicerna, buah-buahan yang dikonsumsi pun akan busuk terlebih dahulu sebelum sempat dicerna. Inilah yang menyebabkan kenapa jika makan buah setelah makan nasi itu bisa membuat kita sakit perut. Kalau hanya makan buah saja tanpa makan nasi sebelumnya, nutrisi dalam buah akan lebih cepat diserap sebelum mengalami pembusukan sehingga kita tidak perlu merasakan sakit perut.

4. Buah impor tidak selalu lebih baik

Tidak hanya yang berkaitan dengan makanan saja, akan tetapi entah kenapa hal-hal yang berbau impor itu seringkali dianggap lebih berkualitas dibanding produk dari dalam negeri. Dalam konteks buah-buahan, perspektif bahwa yang diimpor itu selalu lebih baik pun sebenarnya tidak berlaku.

Alasan mengapa buah impor tidak selalu lebih baik dibanding produk lokal adalah jangka waktu yang dibutuhkan untuk mengirim buah-buahan dari luar negeri untuk sampai ke pasar dalam negeri. Meskipun buah-buahan yang dikirim itu tidak akan mengalami pembusukan karena sudah dilindungi oleh berbagai cara, nutrisi yang terkandung dalam buah tetap akan berkurang.

Makanya, buah-buahan dalam negeri itu sebenarnya lebih baik untuk dipilih karena kesegarannya masih terjamin. Yang lebih penting itu sebenarnya adalah pengolahan saat pertumbuhan tanaman sedang berlangsung.

5. Beberapa buah tidak boleh dimakan setelah atau saat pengonsumsian obat

Apakah kamu termasuk orang yang suka minum obat bersamaan dengan menelan buah? Kebiasaan ini ternyata perlu kamu evaluasi lagi. Soalnya, tidak semua buah itu bagus untuk digunakan saat meminum obat-obatan karena ada beberapa dampak yang justru tidak baik bagi tubuh.

Beberapa di antara buah-buahan yang tidak boleh dimakan bersamaan dengan menelan obat yaitu jeruk, apel, anggur, nanas, delima, cranberry, pisang, durian, dan semangka.

6. Jangan hanya bergantung kepada makan buah-buahan dalam proses diet

Orang-orang yang memiliki cita-cita untuk mendapatkan bobot tubuh yang ideal, seringkali melakukan diet dengan hanya memakan buah-buahan sebagai pengganti makanan berat. Mungkin hal ini memang berlaku untuk mengurangi kandungan lemak dalam tubuh. Akan tetapi, pada dasarnya buah bukanlah makanan yang rendah kalori.

Buah-buahan mengandung banyak gula yang sebagian besarnya terkandung dari gula fruktosa dan gula buah. Memang, kalori dalam gula ini tidak sebanyak kalori yang terkandung dalam makanan berat pada umumnya. Hanya saja, jika buah dikonsumsi dalam jumlah yang banyak, diet yang dilakukan pun akan percuma saja. Ditambah lagi, gula yang terlalu banyak menumpuk dalam tubuh akan memberi dampak yang berbeda lagi urusannya, misalnya dapat menyebabkan kantuk yang berlebih.

7. Jangan terlalu sering mengonsumsi buah yang dicampur susu

Memakan buah dengan susu memang nikmat. Kita dapat menemui kenikmatan ini misalnya dalam es campur atau sup buah yang dapat dengan mudah kita temukan di berbagai tempat. Meskipun terkesan sehat karena banyak buah-buahan di dalamnya, ternyata buah yang dicampur susu itu tidak boleh terlalu sering dikonsumsi.

Pasalnya, buah-buahan mengandung banyak asam organik yang tidak baik jika dikombinasikan dengan protein dalam susu. Zat asam dalam buah-buahan akan mengikat protein dalam susu sehingga akan sulit dicerna oleh tubuh. Makanya, jangan aneh jika tiba-tiba kamu merasa sakit perut ketika baru memakan sup buah dalam jumlah yang banyak.

Itulah beberapa aturan yang harus kita perhatikan dalam pengonsumsian buah-buahan. Meskipun buah-buahan banyak mengandung zat yang baik untuk kesehatan, percuma saja kalau kesalahan kita dalam memakannya malah memberi dampak buruk bagi tubuh.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Idham Nur Indrajaya
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES