Termasuk Presiden Indonesia, Inilah 7 Presiden Terkorup Sepanjang Sejarah

normansatria.files.wordpress.com

Tugas menjadi presiden bagi negara manapun memang bukan perkara yang mudah. Bukan hanya harus berorientasi pada rakyatnya, namun juga harus mampu menjaga stabilitas negara. Memang sih dengan jabatan paling strategis tersebut tentu saja kesempatan untuk melakukan penyimpangan memang terbuka lebar. Terutama kesempatan untuk korupsi. Makanya gak hanya satu atau dua presiden di dunia yang terlibat kasus tersebut. Seperti kali ini YuKepo sudah menyiapkan untuk kamu daftar presiden terkorup di dunia. Jangan kaget ya kalau ternyata ada mantan presiden kita juga di situ. Yuk langsung aja kepoin bareng YuKepo!

1. Joseph Estrada – Filipina

media.philstar.com

Joseph Ejercito Estrada lahir di Manila 19 April 1937. Beliau merupakan aktor terkenal yang kemudian menjadi Presiden Filipina yang ke-13. Ia menjabat sebagai presiden sejak 30 Juni 1998 hingga lengser pada tahun 20 Januari 2001. Sebenarnya sebelum ia terpilih menjadi presiden, sudah banyak isu negatif beredar tentangnya. Namun ia tetap menang karena mengangkat janji mengurangi angka kemiskinan di Filipina.

Cara tersebut rupanya berhasil, Estrada mendapatkan suara dominan dari masyarakat Filipina. Namun sayangnya setelah menjabat sebagai Presiden Filipina, Estrada bukannya menyejahterakan rakyatnya. Ia malah terlibat kasus korupsi dengan nilai USD (United States Dollar) 78-80 yang menjadikannya sebagai salah satu presiden terkorup di dunia.

2. Arnoldo Aleman – Nikaragua

100noticias.com.ni

Presiden terkorup selanjutnya datang dari Nikaragua. Arnoldo Aleman lahir di Managua, 23 Januari 1946. Aleman merupakan Presiden Nikaragua sejak 10 Januari 1997 hingga 10 Januari 2002. Sebelum menjabat sebagai presiden, Aleman merupakan seorang pengacara yang sudah pasti fasih mengenai hukum. Namun mirisnya, ia malah melakukan tindakan korupsi selama menjabat sebagai Presiden Nikaragua. Ia sudah merugikan negara hingga 100 juta USD (US Dollar).

3. Jean-Claude Duvalier – Haiti

media2.s-nbcnews.com

Jean-Claude Duvalier atau yang diberi julukan sebagai Baby Doc ini lahir pada tanggal 3 Juli 1951 dan wafat pada 4 Oktober 2014 lalu. Ia merupakan Presiden Haiti ke-41 dengan masa jabatan sejak 22 April 1971 hingga 7 Februari 1986. Duvalier terbukti sudah menyalahgunakan jabatannya demi melakukan tindakan korupsi dengan mengakibatkan kerugian negara sebesar 300-800 USD yang dilakukan dari tanggal 1971 hingga 1986.

4. Sani Abacha – Nigeria

media.premiumtimesng.com

Sani Abacha lahirdi Kano, 20 September 1943 dan wafat pada tanggal 8 Juni 1998. Beliau merupakan Presiden Nigeria ke-10 yang menjabat sejak 17 November 1994 hingga lengser pada 8 Juni 1998. Nigeria memang sudah lama menjadi negara yang dilanda perang. Begitu pun pada saat masa kepemimpinan Abacha. Secara logika pada saat negara sedang perang dan membutuhkan banyak uang untuk memulihkan perekonomian negara, sayangnya hal tersebut malah tidak dilakukan oleh Abacha. Sebaliknya, uang negara malah ia curi yang mencapai nominal 2-5 miliar USD. 

5. Mobutu Sese Seko – Zaire (Sekarang Republik Demokratik Kongo)

www.isange.com

Mobutu Sese Seko Kuku Ngbendu Wa Za Banga ini lahir pada 14 Oktober 1930 dan wafat di tanggal 7 September 1997. Beliau menjabat sebagai Presiden Zaire dengan rentang waktu yang sangat lama yaitu 32 tahun terhitung dengan masa jabatan sejak 24 November 1965 hingga 17 Mei 1997. Cara yang digunakan oleh Seko dalam hal korupsi uang negara senilai 5 miliar USD ini memang belum jelas diketahui. Tentunya dalam melakukan penyelewengan uang negara selama puluhan tahun dibutuhkan akal yang cerdik demi mengelabui hukum di negara tersebut.

6. Ferdinand Marcos – Filipina

upload.wikimedia.org

Ferdinand Edralin Marcos lahir pada 11 September 1917 dan wafat pada 28 September 1989. Marcos merupakan presiden ke-10 negara Filipina dengan masa jabatan sejak 30 Desember 1965 hingga 25 Februari 1986. Presiden yang juga pernah turun tangan di Perang Dunia II ini dianggap sebagai salah satu presiden terkorup dengan total penyelewengan uang negara sejumlah 5-10 miliar USD. 

7. Soeharto - Indonesia

analisadaily.com

Last but not least, kali ini presiden terkorup di dunia datang dari negeri sendiri yaitu Indonesia. Soeharto lahir di Yogyakarta 8 Juni 1921 dan wafat pada 27 Januari 2008. Beliau merupakan presiden ke-2 Indonesia dengan masa jabatan paling lama. Beliau menjabat sejak 12 Maret 1967 hingga 21 Mei 1998. Dengan total selama 31 tahun menjabat, ia banyak menempatkan keluarganya dalam posisi-posisi strategis pemerintahan. Entahlah harus bangga atau malu, Soeharto dianggap menjadi presiden terkorup di dunia dengan total penyelewengan uang negara bernilai fantastis yaitu 15-35 miliar USD. Piye, masih enak zamanku toh? 

Nah itulah tadi daftar presiden terkorup di dunia yang sudah merugikan negara segitu besarnya. Menjabat sebagai pemerintah ataupun presiden kalau orientasinya sudah mengenai materi pasti negara tersebut akan kacau. Negara bukannya semakin sejahtera malah justru sebaliknya. Semoga ke depannya tidak ada lagi kasus presiden yang korupsi, syukur-syukur kalau korupsi di Indonesia bahkan di dunia bisa hilang sama sekali. 

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Perhatikan Baik-baik Deh, 10 Logo Merek Perusahaan Besar Ini Punya Pesan Tersembunyi

Perhatikan Baik-baik Deh, 10 Logo Merek Perusahaan Besar Ini Punya Pesan Tersembunyi

Inilah 7 Judul Skripsi Unik dan Kocak yang Bisa Mengundang Gelak Tawa Penguji

Inilah 7 Judul Skripsi Unik dan Kocak yang Bisa Mengundang Gelak Tawa Penguji

7 Tipe Orang Ketika Belanja Baju, Kamu Termasuk Tipe yang Mana?

7 Tipe Orang Ketika Belanja Baju, Kamu Termasuk Tipe yang Mana?

7 Cara Jitu Agar Sang Mantan Menyesal Karena Telah Meninggalkanmu

7 Cara Jitu Agar Sang Mantan Menyesal Karena Telah Meninggalkanmu

Inilah 5 Perubahan Sikap Positif Orang yang Berpuasa Sebulan Penuh dengan Sungguh-sungguh

Inilah 5 Perubahan Sikap Positif Orang yang Berpuasa Sebulan Penuh dengan Sungguh-sungguh

Inilah 7 Hidangan Mie Terbaik di Seluruh Dunia, Mau?

Inilah 7 Hidangan Mie Terbaik di Seluruh Dunia, Mau?

loading