Termasuk Indonesia, Inilah 7 Latihan Militer Paling Ekstrem di Dunia

18 Juni 2017
|Atik Kencana S.
3.2 KSHARES

Demi menjaga pertahanan dan keamanan suatu negara memang dibutuhkan para tentara yang kuat dan mampu bertarung dalam segala kondisi. Karena itu mereka memang diwajibkan untuk menjalani serangkaian latihan fisik maupun mental agar kuat dalam pertarungan. Bukan hanya latihan ecek-ecek, berikut ini YuKepo sudah menyiapkan tentang 7 latihan militer paling ekstrem di dunia. Kalau kamu bukan profesional, mendingan jangan coba-coba di rumah deh ya.

1. Latihan di salju dengan suhu -4 derajat celcius – Korea Selatan

Gak semua orang bisa bertahan hidup di suhu ekstrim lho. Namun pasukan khusus Korea Selatan yaitu South Korea Special Warfare Forces harus mampu berlatih di kondisi ekstrim dengan suhu mencapai -4?C. Durasi latihan mereka juga gak kira-kira lho, seharian penuh fisik mereka digembleng dengan metode perang kombat, menyelam di air es dan simulasi penyelamatan korban longsorang salju. 

2. Jalan di jembatan tiang sambil dihujani AK47 – Belarusia

Pasukan Khusus Kementerian Pertahanan Belarusia atau yang terkenal dengan baret merahnya memang memiliki segudang menu latihan paling ekstrem. Jangankan latihan untuk naik tingkat, untuk bergabung aja mereka harus lari cepat sejauh 10 km, latihan serangan ekstrim, bela diri dengan tangan kosong, hingga melakukan aksi akrobatik.

Hal tersebut belum seberapa, pasalnya sang pelatih juga menyajikan menu tambahan untuk membunuh para tentara elit tersebut. Mereka harus melewati sebuah jembatan tiang dari besi dan rantai yang dibakar. Lalu para pelatih akan menembakkan senjata AK47 ke tumpukan ban mobil di bawah jembatan tersebut. Kalau ada tentara yang jatuh, riwayatnya akan tamat. Tumpukan ban mobil tersebut memang ditujukan untuk menjebak siapapun agar tidak bisa kabur secepatnya. Mereka juga dilatih untuk bisa menghadapi senjata kimia, salah-salah bisa nyawa mereka sendiri yang melayang.

3. Latihan anti tenggelam – Amerika Serikat

Navy Seals Amerika memang menjadi salah satu pasukan khusus terbaik di dunia pada saat ini. Gak heran kalau latihan mereka memang lumayan gila dan gak ada habisnya. Latihan yang paling gila adalah para tentara harus bertahan dalam posisi surfing sambil disiksa. Tubuh mereka juga dilapisi lumpur. Eitsss sabar, ini baru menu latihan awal lho.

Menu latihan selanjutnya adalah tentara diikat kedua kaki dan tangannya saat latihan anti tenggelam. Para tentara tersebut harus muncul ke permukaan dan tenggelam sebanyak 20 kali, kemudian terapung selama 5 menit. Lalu tentara tersebut berenang ke ujung kolam yang agak lebih dangkal dan berputar tanpa menyentuh dasar kolam. Lalu mereka harus kembali ke ujung kolam yang dalam,  melakukan salto depan belakang, dan terakhir mereka harus mengambil topeng wajah di dasar kolam. Ngebayanginnya aja udah “engap” ya?

4. Menembak dada sendiri – Rusia

Latihan menembak dada sendiri bagi para tentara pasukan khusus Rusia adalah untuk mempersiapkan diri jika mereka terkena tembakan musuh. Kemungkinannya hanya ada dua, antara terluka atau terlindungi oleh rompi anti peluru. Namun yang pasti mereka harus melakukan serangan balasan dengan cepat dan akurat.

Tentara pasukan khusus Rusia tersebut dengan keadaan terkapar di tanah akan menyuruh para warga untuk menjauh sambil menembaki musuh. Mereka harus menembaki target dengan akurat walaupun jaraknya sangat dekat dengan warga sipil. Tentu saja hal ini untuk melatih mental bagaimana tekanan bisa memengaruhi konsentrasi.

5. Mengoper Granat – Tiongkok

Mungkin para tentara Tiongkok memang senang bermain oper bola. Namun karena kurang “greget” kalau pake bola biasa, mereka menggantinya dengan granat. Latihan oper granat tersebut pernah terlihat saat Tentara Pembebasan Rakyat Tiongkok sedang ditempatkan di Hong Kong. Cara mainnya sama dengan oper bola pada umumnya, hanya saja bola ini diganti dengan granat. Granat tersebut dioper dari tentara yang satu ke tentara yang lainnya, hingga akhirnya granat tersebut dilemparkan ke lubang (fire in the hole!).

Para tentara berlarian secepat mungkin menghindari ledakan dari granat tersebut sambil menutup kepalanya sebagai perlindungan. Kadang mereka juga diminta untuk melompati cincin api seperti yang biasa kita saksikan pada acara sirkus. 

6. Minum darah ular kobra – Amerika Serikat

Kalau di Indonesia minum darah ular kobra atau reptil lainnya memang identik dengan metode pengobatan tradisional. Tapi bagi para prajurit marinir Amerika Serikat, membunuh ular kobra dan meminum darahnya serta memotong kepala ayam dengan gigi mereka sendiri sudah menjadi menu latihan mereka.

Awalnya memang mereka diberi pelatihan oleh Angkatan Laut Thailand mengenai cara membunuh ular kobra. Selanjutnya para prajurit Marinir AS diminta mencicipi kebiasaan warga untuk minum tuak darah kobra. Saking excited-nya, banyak dari mereka yang menenggak darah kobra langsung dari badan ular tersebut. Ngeri ya?

7. Dilepas di Hutan Nusakambangan – Indonesia

Yang terakhir datang dari negeri sendiri. Tentara Nasional Indonesia memang masuk dalam 10 besar pasukan militer terbaik yang diwakili oleh Kopassus (Komando Pasukan Khusus). Kekuatan satu anggota Kopassus sama dengan lima tentara reguler. Sudah tentu latihannya gak main-main lho. Dalam penyeleksian prajurit Kopassus, ada satu sesi yang menjadi paling sulit yaitu sesi Pelolosan dan Kamp Tawanan. Walaupun hanya berlangsung selama sehari, kayaknya bakal serasa seumur hidup penyiksaan deh.

Di sesi tersebut para calon prajurit Kopassus akan dilepaskan satu persatu di tempat rahasia. Merek tidak dibekali apapun dan dituntut untuk mampu melarikan diri dari kejaran musuh. Rekayasa latihan ini bisa berupa pengejaran sampai tertangkap maupun penembakan. Mereka juga dituntut untuk mampu bertahan hidup dengan cara berenang padahal kedua tangan dan kakinya dalam keadaan terikat. Mantab soul pokoknya!

Nah itulah tadi ketujuh latihan militer paling ekstrem di dunia. Untuk masuk jadi anggota saja latihannya tidak mudah, apalagi ke depannya. Mereka ditempa sedemikian rupa demi kekuatan pertahanan suatu negara. Memang sudah seharusnya mereka ditempa latihan fisik sedemikian rupa. Semangat terus ya bapak-bapak tentara. 


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Atik Kencana S.
"Semper Fi"
3.2 KSHARES