Tanpa Kanvas, 10 Lukisan Ini Dibikin dengan Teknik Sulam. Hasilnya Indah Dipandang!

10 Juli 2018
|Reza Pratama
0SHARES

Ketika mendengar kata lukisan, apa yang terbesit di pikiranmu? Pasti kebanyakan orang akan mengarah ke sebuah gambar indah yang terpampang pada kanvas putih. Pada umumnya lukisan memang merupakan karya seni yang dibuat menggunakan cat air pada sebuah kanvas putih. Namun, pada kenyataannya ada banyak seniman yang melakukan inovasi dengan membuat lukisan dari cara yang berbeda dan di luar kebiasaan. 

Hal inilah yang dilakukan oleh seorang seniman asal Rusia bernama Vera Shimunia. Ada yang unik dengan cara pembuatan karyanya. Bukan menggunakan cat atau cairan semacamnya, Vera Shimunia justru meggunakan keahliannya dalam menyulam untuk membuat sebuah karya yang terlihat menyerupai lukisan. Bahkan bias dikatakan, hasil karyanya lebih terlihat indah dibandingkan dengan lukisan biasa.

Karena tekstur benangnya yang halus, membuat lukisannya seolah-olah menonjol. Berikut beberapa karya indahnya yang dibuat dengan cara menyulam.

1. Dari jauh memang sepintas terlihat lukisan yang dibuat dari cat. Namun jika diperhatikan dengan detail, maka akan terlihat ada tekstur benang di dalamnya

2. Ukurannya bahkan tak lebih besar dari telapak tangan dewasa

3. Walau ukurannya kecil, tetapi detilnya mengagumkan. Bahkan terlihat seperti lukisan yang sangat realistis!

4. Campuran berbagai macam waran benang menyatu dalam satu lingkaran
5. Mungkin kalau dibuat dalam ukuran yang besar, akan tampak jauh lebih indah

6. Vera Shimunia benar-benar tau benang warna apa saja yang harus digunakan untuk membentuk sebuah pemandangan

7. Bahkan Vera mempertimbangkan hingga peletakan gradasi warna dan bayang-bayangnya

8. Karyanya nyaris terlihat seperti lukisan cat air

9. Walau hanya seukuran pin, tapi detilnya begitu mengesankan
10. Ada banyak berbagai macam koleksi lukisan sulam cantik lainnya di akun Instagram @shimunia

Kamu nggak akan nyangka kan kalo hasil seni menyulam ini bisa terlihat indah layaknya sebuah lukisan? Hebatnya lagi, Vera membuat karyanya dengan ukuran yang kecil. Tentu tidak semua orang yang ahli menyulam bisa menciptakan karya yang sama indahnya. Butuh ketelitian serta skill menyulam yang mumpuni untuk membuat satu karya indah ini. Benang yang digunakan pun beragam sesuai dengan gambar pemandangan yang ia buat.  

Jika kamu perhatikan dengan baik-baik, maka kamu akan kagum dengan detail sulaman yang terpampang di atas. Karyanya tentu sudah sangat layak untuk masuk ke dalam sebuah pameran seni.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Reza Pratama
"Drangan Trakioiot"
0SHARES