Tanda Ketika Fisik dan Psikis Seseorang Sedang Butuh "Me Time"

weheartit.com

Sesibuk apapun kegiatan yang dilakukan setiap harinya, yang namanya me time tetap dibutuhkan. Kamu harus membuat prioritas agar ada waktu yang dapat dihabiskan untuk menikmati waktu sendiri. Me time akan membantu kamu mencegah terjadinya born out baik secara psikis maupun fisik.

Sayangnya, nggak semua orang peka dengan dirinya sendiri sehingga dapat tahu kapan dibutuhkan waktu ini. Pasalnya, kamu pun tidak menyadari tanda-tandanya. Berikut ini adalah sinyal yang bisa diartikan sebagai tanda bahwa dirimu sendiri sudah butuh me time agar terhindar dari stres yang berlebihan.

1. Nggak ada hal yang menyenangkan

pinterest.com

Pernahkah kamu merasa bahwa nggak ada lagi hal yang menyenangkan yang bisa dilakukan? Hal yang biasanya bikin kamu antusias, mendadak jadi terasa biasa saja. Bahkan nggak menarik sama sekali. Kamu jadi terus-terusan merasa bosan dan jadi menunda-nunda pekerjaan. Itu adalah tanda bahwa kamu butuh isi ulang energi dengan me time.

Kamu bisa melakukan sesuatu yang bisa membuat bersemangat. Misalnya saja hanya dengan berdiam diri sambil mendengarkan musik, membaca buku, tidur, makan di resto favorit, dan lain sebagainya. Waktu sendiri dan menikmati hal yang ingin dilakukan akan menstimulasi otak untuk lebih kreatif dan energi akan kembali terisi.

2. Ingin makan terus sepanjang waktu

pinterest.com

Hal ini mungkin berlaku untuk beberapa orang. Saat stres, dia memiliki keinginan untuk makan terus. Dia menjadi emotional eater yang rasanya sulit untuk berhenti mengunyah. Harus selalu ada sesuatu di dalam mulut. Entah itu sesuatu yang manis, pedas, atau apapun. Ini adalah tanda bahwa kamu butuh me time.

Jangan biarkan kondisi ini berlangsung lama dan mengabaikannya. Kenali diri dan pahami bahwa ini merupakan sinyal bahwa fisik dan psikismu sedang tidak baik-baik saja. Kamu butuh sesuatu yang membuat lebih relaks.

3. Perasaan jadi menggebu-gebu meski hanya dipicu dengan hal sepele

pinterest.com

Karena kondisi psikis yang sedang lagi kurang baik, kamu jadi lebih reaktif terhadap hal-hal kecil. Kamu jadi mudah menunjukkan perasaan yang menggebu-gebu ketika terjadi sesuatu. Kamu bisa merasa sedih yang berlebihan, senang, atau bahkan marah karena hal sepele. Kamu jadi gampang tersinggung terhadap hal yang biasanya nggak begitu kamu hiraukan. Kalau sudah sadar sedang mengalami gejala ini, coba luangkan waktu untuk me time. Manfaatkan momen tersebut untuk menenangkan diri agar emosi kembali stabil. 

4. Mulai menggertak orang di sekitar
pinterest.com

Ketika kamu yang biasanya kalem mendadak bisa marah-marah dan menggertak orang di sekitar, artinya kamu sedang stres. Kamu butuh me time untuk meredakan ketegangan secara fisik dan psikis. Kamu butuh menyegarkan otak. Tarik nafas panjang, duduk, dan pergilah sebentar untuk menyendiri.

Jangan biarkan orang di sekitar kamu mendengarkan kata-kata kurang menyenangkan yang mungkin kamu ucapkan di kondisi yang sedang stres. Daripada nanti menyesal di belakangan karena sudah ngomong sesuatu yang buruk, lebih baik sendiri dulu, 'kan?

5. Merasa khawatir secara terus menerus
pinterest.com

Tanda yang lainnya adalah ketika kamu mulai lebih khawatir dari biasanya. Ada banyak hal yang mendadak dikhawatirkan secara berlebihan. Rasa itu terus menghantui sampai kamu nggak bisa berpikir jernih dan beraktivitas dengan lancar. Kalau sudah begitu, kamu harus segera menjadwalkan waktu untuk me time.

Berikan waktu untuk diri sendiri. Luangkan momen untuk bersenang-senang atau sekadar menenangkan diri. Jauh dari kebisingan dan jauh dari orang-orang yang mungkin akan membuat kamu makin merasa lelah dan khawatir. 

Itu adalah tanda paling umum yang dirasakan ketika seseorang membutuhkan waktu untuk sendiri atau me time. Kalau kamu sudah mulai merasakan sinyal di atas terjadi pada tubuh dan kondisi psikismu, coba lebih peka dan lungkan waktu untuk memberikan jeda dan jarak.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Brand Aksesoris Lokal Berkualitas yang Desainnya Bisa Bikin Khilaf

Brand Aksesoris Lokal Berkualitas yang Desainnya Bisa Bikin Khilaf

Prediksi Desain Sneakers yang Digadang-gadang Bakal Populer di 2021

Prediksi Desain Sneakers yang Digadang-gadang Bakal Populer di 2021

Jenis Jeans Terhits untuk Dipakai Hingga Beberapa Tahun ke Depan

Jenis Jeans Terhits untuk Dipakai Hingga Beberapa Tahun ke Depan

Ragam Pose Andalan Baru Agar Gaya Foto Terkesan Lebih Natural

Ragam Pose Andalan Baru Agar Gaya Foto Terkesan Lebih Natural

Merek Shampoo Bar Multiguna yang Menunjang Langkah Penghematan

Merek Shampoo Bar Multiguna yang Menunjang Langkah Penghematan

Deretan Kalimat Sepele yang Justru Bisa Jadi Toxic untuk Orang Lain

Deretan Kalimat Sepele yang Justru Bisa Jadi Toxic untuk Orang Lain

loading