Tanda Ini Adalah Barometer dari Wanita yang Punya Kestabilan Emosi

unsplash.com

Menjadi tua itu pasti, tapi dewasa tidak selalu dipandang dari segi usia. Menjadi dewasa secara emosional pada diri seseorang bukan tentang membangun kualitas personal semata. Membangun kualitas hubungan dengan orang lain seperti, keluarga, dan para kolega juga nggak kalah esensial.

Perempuan umumnya dinilai lebih cepat dewasa dibandingkan laki-laki. Tingkat intelektual dan presentasi seringkali menjadi indikator kedewasaan. Padahal tanda kedewasaan seseorang tidak hanya dari indikator tersebut. Merangkum dari berbagai sumber, di bawah ini adalah tanda yang bisa dijadikan acuan untuk perempuan yang dewasa.

1. Menurunkan ego

pixabay.com

Mengakui ketika pernah melakukan kesalah merupakan tanda kedewasaan secara emosional. Beberapa orang apalagi perempuan, diberkahi perasaan sensitif. Hal ini bukan berarti buruk, justru sensitivitas ini membuat seseorang lebih perhatian kepada orang lain selama rasa ini tidak menaikkan gengsi dan ego yang merugikan orang lain.

2. Menerima dengan lapang dada

pixabay.com

Menerima dengan lapang dada merupakan tanda perempuan sudah dewasa secara emosi. Ia mau mengenali dan menerima perasaan yang sedang dialami tanpa menyalahkan siapapun, termasuk dirinya sendiri. Orang yang mampu menjadi kusir di atas emosinya merupakan orang yang dewasa dan punya kuasa penuh terhadap emosi yang dialaminya sendiri.

3. Sadar mengenai kehidupan

pixabay.com

Menyadari bahwa setiap hal memiliki kekurangan dan kelebihan membuat seseorang lebih sabar menghadapi orang lain. Dewasa secara emosi berarti mampu menghadapi kenyataan yang ada. Lingkungan sosial membentuk masyarakat dan kamu adalah bagian dari itu. Tanda kamu sudah dewasa secara emosional adalah mampu mengambil keputusan dan bisa menghadapi lingkungan sosial tanpa terpengaruh bias sosial.

4. Tidak reaktif
pixabay.com

Tanda bahwa kamu memiliki emosional yang stabil adalah tidak terbutu-buru dalam melakukan sesuatu. Kamu selalu berpikir sebelum bereaksi ketika emosi. Tindakannya teratur dan tidak menggebu-gebu ketika dihadapkan dengan permasalahan. Berpikir sebelum bertindak merupakan tanda kamu sudah dewasa. Jika tidak impulsif, reaktif terhadap topik tertentu, serta mampu mengobservasi perasaan yang dirasakan sebelum gegabah melakukan sesuatu, kamu sudah dianggap mature.

5. Optimis
pixabay.com

Orang yang dewasa cenderung memandang sesuatu dari sudut pandang yang positif, optimis, tapi tetap realistis. Sikap ini natural hadir dalam diri seseorang yang secara emosional sudah matang.  Sesulit apapun masalahnya, mereka yakin akan ada titik terangnya. 

Kamu meyakini bahwa hidup ini terdiri dari yin dan yang. Akan ada banyak persoalan yang tidak bisa dikendalikan meskipun sudah direncanakan. Mereka yang sudah dewasa secara emosional, sekalipun merasa terpojok akan sebisa mungkin berkepala dingin dalam menghadapinya. 

Proses untuk menemukan solusi dari masalah adalah ketika kamu memberi kesempatan dan waktu pada dirimu untuk berpikir lebih dalam. Perubahan memang tidak pernah mudah, namun kamu tahu penyesuaian paling penting adalah dengan mengubah sikap.

Inilah kenapa orang dengan kecerdasan emosi akan hidup bahagia dan berkemungkinan kecil mengidap stres atau depresi. Kamu nggak ragu melayani orang lain untuk membentuk hubungan yang berkualitas. Kamu terbiasa mengucap terima kasih pada orang yang mau menghabiskan waktu dan berbagi pengalaman denganmu.

6. Empati

pixabay.com

Rasa empati yang muncul bisa jadi tanda kedewasaan. Perempuan yang dewasa secara emosional mampu untuk peduli terhadap keberhasilan masing-masing daripada memenuhi ego dari orang yang membencimu. Berempati terhadap orang lain merupakan salah satu bagian dari kematangan emosi.

Memilih untuk tidak balas dendam terhadap mereka yang membenci merupakan sikap yang tidak mudah. Berbesar hati kepada ujaran kebencian karena mencoba memahami penyebab seseorang berlaku seperti itu sudah membuatmu lebih stabil dalam urusan kedewasaan.

7. Hidup sehat

pixabay.com

Hidup sehat merupakan tanda kedewasaan secara emosional. Menjadi dewasa secara emosi artinya kamu telah menerima dirimu secara utuh, serapuh dan sekuat apapun itu. Kamu paham di titik mana batas itu tidak boleh dilewati untuk menjaga diri sendiri. Inilah alasan kenapa hidup sehat menjadi salah satu tanda sudah stabil. Kamu mengerti pola tubuh dan sampai di mana batas untuk tidak tidur terlalu larut sehingga jam metabolisme tidak terganggu.

Perempuan yang secara emosional telah matang, akan menguasai sikap dan perilaku ketika berhadapan dengan berbagai situasi. Dia bisa mengendalikan diri untuk tidak gegabah dan menghakimi sesuatu yang datang secara subjektif. Secara naluriah, wanita ini mampu menguasai dirinya dan tidak meledak-ledak meskipun sedang terpojok. Mereka adalah orang yang hidup dalam integritas dan tentu sangat terbuka terhadap segala pemikiran.

Meskipun tampak anggun dan tenang, bukan berarti kamu tidak menangis di momen haru. Tentu saja perempuan yang memiliki kedewasaan secara emosional akan tetap menangis ketika suatu hal menimpanya. Tetapi setelahnya, ia akan selalu berupaya untuk melanjutkan hidup. Kejujuran untuk menerima segala yang ada inilah adalah tanda kedewasaan secara emosional dan mampu menghadapi berbagai permasalahan hidup.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
40 Kata-kata Bijak Lucu Penuh Humor yang Mengundang Tawa | Keepo.me

40 Kata-kata Bijak Lucu Penuh Humor yang Mengundang Tawa | Keepo.me

Ide Kencan Murah Tapi Tetap Menyenangkan

Ide Kencan Murah Tapi Tetap Menyenangkan

Aplikasi Watermark Foto untuk Hindari Pencurian Karya Visual | Keepo.me

Aplikasi Watermark Foto untuk Hindari Pencurian Karya Visual | Keepo.me

Belajar Psikologi dan Ilmu Pengetahuan Lainnya Bisa Didapat di Channel YouTube Ini

Belajar Psikologi dan Ilmu Pengetahuan Lainnya Bisa Didapat di Channel YouTube Ini

5 Artis Cilik Ini Berani Berakting dalam Film Kategori Dewasa | Keepo.me

5 Artis Cilik Ini Berani Berakting dalam Film Kategori Dewasa | Keepo.me

Cara Mengontrol Rasa Cemburu Berlebihan dalam Menjalin Hubungan

Cara Mengontrol Rasa Cemburu Berlebihan dalam Menjalin Hubungan

loading