Tanaman Ini Memiliki Visual Indah Tapi Mengandung Racun yang Berbahaya untuk Tubuh

unsplash.com

Tanaman membuat halaman rumah menjadi indah. Tentunya kehadiranya bukan sekadar jadi pemanis di pekarangan rumah, tetapi bisa dijadikan terapi untuk menghilangkan rasa gelisah. 

Tidak hanya itu, tanaman dapat membuat suasana menjadi lebih sejuk dan asri. Berbagai jenis tanaman direkomendasikan untuk menghiasi rumah. Namun siapa sangka, ada beberapa tanaman yang dirawat bisa mengancam kesehatan kita. Tanaman beracun ini memiliki aroma yang tidak sedap dicium dan bisa menyebabkan pusing dan mual.

1. Daffodil

pixabay.com

Tumbuhan cantik ini bernama Daffodil. Masuk dalam keluarga narcissus, jenis tanaman hias ini ternyata memiliki racun berbahaya. Daffodil biasanya berwarna kuning saat sedang mekar. Ada juga bunga Daffodil dengan kelopak warna putih. Semua bagian bunganya mengandung bahan kimia seperti lycorin. 

Karena itulah daffodil tidak dianjurkan untuk ditanam di pekarangan rumah. Apalagi jika punya anak kecil. Jika tak sengaja menelan tumbuhan tersebut, gejala yang terjadi adalah mual, muntah, diare sampai iritasi parah pada mulut.

2. Dieffenbachia

pixabay.com

Tanaman hias dengan daun cukup lebar juga punya racun. Dieffenbachia yang punya nama beken seperti Sri Rejeki, Beras Wutah dan Dumb Cane tersebut memiliki getah yang cukup beracun. Tanaman hias yang umum ada di kantor dan sekolah ini berasal dari Kenya, Rwanda, dan Uganda. 

Getah Dieffanbachia memiliki kalsium oksalat yang ada pada batang dan daunnya. Getah inilah yang dapat menyebabkan gatal pada bagian bibir dan lidah. Lebih lanjut, getah ini bisa mengakibatkan kejang-kejang.

3. Foxglove

pixabay.com

Foxglove memang tanaman yang memiliki warna mencolok seperti ungu, merah, hingga kuning. Bentuknya yang seperti lonceng juga mengundang perhatian selain karena warnanya. Menarik, tetapi berbahaya. 

Meskipun unik, tanaman ini juga tidak disarankan ada di sekitar rumah. Seluruh bagian tubuh dari foxglove mengandung glikosida yang dapat menyebabkan keracunan. Karena jika kelopaknya tertelan, kamu akan mangalami gejala seperti mual, kejang-kejang, dan mengigau. Ciri-ciri orang yang keracunan foxglove ini mempunyai denyut nadi lemah, tremor, kejang, dan gangguan irama jantung yang mematikan.

4. Rhubarb
pixabay.com

Rhubarb adalah tanaman yang termasuk dalam famili talas. Daun Rhubarb memiliki racun yang bisa mematikan fungsi ginjal. Karena batangnya bisa diolah menjadi makanan untuk kue dan pie, tanaman hias yang satu ini cukup umum ditemukan di rumah.

Menghadirkan tanaman hias memang dapat menciptakan suasana hunian yang segar dan sejuk. Namun tetap waspada dengan apa yang ada. Jangan sampai kehadiran Rhubarb di rumah bisa membawa dampak buruk. 

5. Wisteria
pixabay.com

Wisteria merupakan tanaman yang umum ada di negara empat musim dan muncul di musim semi ini adalah salah satu tanaman hias yang cantik. Tanaman hias cantik berwarna ungu lavender ini biasa dilihat di Tiongkok dan Jepang. Sayangnya, bunga ini memiliki racun pada setiap bagiannya. Terutama pada biji yang mengandung senyawa saponin. Senyawa ini apabila masuk ke dalam mulut dan tertelan, dapat menyebabkan pusing, kebingungan, mual, muntah, sakit perut, diare, dan yang terparah pingsan.

6. Lily

pixabay.com

Tanaman dengan warna cantik ini dan selalu menarik. Lily selalu menjadi tanaman favorit banyak orang karena warnanya yang elegan. Bungaini sendiri punya beberapa jenis. Peace lily lah identik dengan bunga perdamaian. Meski sering dijadikan tanaman hias, kamu perlu berhati-hati dengan bagian daun dan bunga dari tanaman ini.

Racun dari lily ini bisa mengakibatkan mulut dan tenggorokan terasa terbakar. Gejala lainnya adalah muntah-muntah dan sakit perut. Racunnya tidak hanya menyerang panca indera manusia, tapi hewan juga. Tanaman ini tidak dianjurkan dirawat di pekarangan. Jika hewan peliharaan tak sengaja menelan bunga dan daunnya, akan mengakibatkan gagal ginjal bahkan kematian.

7. Oleander

pixabay.com

Bunga Jepun atau Oleander adalah tanaman hias yang umum dijumpai di pinggiran jalan tol. Tanaman hias dengan warna kelopak pink cerah ini ternyata punya bagian yang mengerikan. Tanaman hias asal Maroko dan Portugal yang cantik tetapi punya racun tidak diperbolehkan untuk ditanam di rumah. Zat racun oleandrin yang ada pada seluruh bagian Oleander sangat berbahaya bagi manusia dan hewan.

Apabila terkontaminasi ke dalam tubuh meski hanya dengan kandungan 0,5 miligram, racunnya mampu mematikan hewan. Racunnya dapat menyebabkan muntah, diare, masalah pada saraf pusat, hingga serangan jantung.

Indahnya tanaman memang bisa menenangkan hati saat melihatnya. Tapi memutuskan untuk menanam tanaman apa untuk mempercantik pekarangan rumah perlu memperhatikan dengan detail. Apakah berbahaya atau tidak hingga cara perawatannya. Jangan sampai keindahan bunganya meracuni orang tersayangmu.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Tanda Kamu Sudah Terobsesi dengan Harry Potter, Potterhead Sejati! | Keepo.me

Tanda Kamu Sudah Terobsesi dengan Harry Potter, Potterhead Sejati! | Keepo.me

Jajaran Aksesoris yang Sudah Terlalu Kudet Dipakai pada 2020 Ini

Jajaran Aksesoris yang Sudah Terlalu Kudet Dipakai pada 2020 Ini

Geng Wanita Paling Sangar dan Garang, Jangan Macam-macam! | Keepo.me

Geng Wanita Paling Sangar dan Garang, Jangan Macam-macam! | Keepo.me

Lawan COVID-19, Ini Serba Serbi Alat Pelindung Diri yang Mengalami Demand Tinggi di Tengah Pandemi

Lawan COVID-19, Ini Serba Serbi Alat Pelindung Diri yang Mengalami Demand Tinggi di Tengah Pandemi

Kelewat Jenius, Cara Konyol Orang Saat Pecahkan Masalah Ini Bikin Tepuk Jidat | Keepo.me

Kelewat Jenius, Cara Konyol Orang Saat Pecahkan Masalah Ini Bikin Tepuk Jidat | Keepo.me

Hal yang Bisa Direalisasikan Sebelum Memasuki Usia Kepala 3

Hal yang Bisa Direalisasikan Sebelum Memasuki Usia Kepala 3

loading