Tak Takut, Inilah 7 Potret Perempuan Pemberani dalam Aksi Demonstrasi

08 Mei 2017
|Olphi Disya
Life
0SHARES

Aksi demonstrasi merupakan salah satu bentuk dalam menyuarakan pendapat yang umumnya berasal dari rakyat untuk suatu pemerintahan. Tak sedikit juga aksi demonstrasi berbentuk protes akan sistem pemerintahan yang dinilai kurang adil bagi rakyatnya. Akhirnya, aksi protes tersebut berkecamuk di hati masyarakatnya yang kemudian dilakukan dengan cara protes besar-besaran untuk menuntut keadilan.

Ketika ada aksi demonstrasi, tentu aparat kepolisian hingga tentara keamanan dikerahkan agar tidak terjadi kerusuhan. Namun, banyak masyarakat yang menuntut keadilan nggak difasilitasi dengan baik. Sehingga masyarakat nggak punya cara lain selain berhadapan langsung dengan aparat keamanan yang udah pasang badan melindungi pemerintah dan rakyat agar aksi demonstrasi berjalan lancar. Nggak menutup kemungkinan juga para perempuan tangguh yang berani banget maju ke lini depan berhadapan langsung face to face dengan aparat.

Keberanian para wanita ini viral banget di sosial media internasional. Banyak yang mengapresiasi keberanian dari para perempuan berikut ini.

1. Brno, Republik Ceko (2017)

Awal Mei lalu, sosial media dihebohkan dengan aksi cewek pramuka berusia 16 tahun bernama Lucie Myslikova yang berani menghadapi sekelompok Neo-Nazi. Ia merasa bahwa anak muda perlu banget memahami isu-isu sosial dengan cara yang benar. Oleh karena itu, ia nggak gentar menghadapi aparat dan barisan Neo-Nazi tersebut.

2. Skopje, Makedonia (2015)

Pose yang nggak biasa dari Jasmina Golubovska membuatnya terlihat sangat epic. Ia memakai lipstick di depan perisai aparat yang menahannya dalam aksi demontstrasi di depan gedung pemerintahan Makedonia. Nggak heran sih, karena Jasmina Golubovska adalah seorang cewek berusia 30 tahun yang berprofesi sebagai analis politik untuk komisi nasional HAM Helsinki.

3. Birmingham, Inggris (2017)

Senyum menyeringai dari Saffiyah Khan di depan seorang pemrotes EDL (English Defence League) Birmingham, Inggris membuat dirinya viral di sosial media. Ekspresinya yang seolah menantang membuat polisi setempat pun berusaha memisahkannya. Kabarnya, foto ini diambil ketika ia berusaha melindungi seorang perempuan muslim yang kemudian dihadang oleh beberapa pemrotes yang diteriaki rasis olehnya.

4. Kiev, Ukraina (2004)

Foto ini sempat membuat dunia maya viral dan bergidik melihat seorang cewek yang meletakkan bunga anyelir di perisai aparat kepolisian dalam aksi kerusuhan Ukraina 2004 lalu. Kejadian ini dianggap sebagai simbol perdamaian bagi rakyat Ukraina yang memang menginginkan keadilan dari pihak pemerintahan Ukraina.

5. Louisiana, Amerika Serikat (2016)

Gerakan #BlackLivesMatter merupakan sebuah aksi protes terhadap rasisme yang masih melanda sebagian wilayah di Amerika Serikat. Hal ini dipicu karena adanya kejadian penembakan seorang warga kulit hitam. Dalam foto ini, seorang perempuan dengan anggunnya berjalan menuju ke arah aparat untuk membuktikan bahwa keberaniannya adalah upaya untuk menghapuskan kekerasan terhadap warga Amerika Serikat berkulit hitam.

6. Urumqi, Tiongkok (2009)

Urumqi merupakan salah satu wilayah di Tiongkok dengan mayoritas penduduk beragama Islam. Konon, pada tahun 2009 merupakan tahun di mana aksi protes paling tragis yang pernah terjadi di Urumqi. Aksi protes yang menegangkan tersebut tampaknya tak membuat perempuan pada foto ini menyerah untuk mendapatkan keadilan.

7. Seoul, Korea Selatan (2015)

Siapa bilang aksi demonstrasi hanya bisa disuarakan oleh yang muda-muda aja? Seorang nenek duduk di depan pagar betis kepolisian Seoul, Korea Selatan. Tampak seperti kelelahan, namun aksi protes yang dilakukan oleh nenek tersebut perlu kita apresiasi bahwa siapapun memiliki hak untuk menyuarakan pendapatnya terhadap pemerintahan.

Itulah ketujuh foto perempuan yang dengan gagah berani melawan ketidakadilan dengan ikut serta dalam aksi demonstrasi. Mungkin banyak perempuan yang nggak seberani mereka yang berhadapan langsung dengan aparat maupun pemrotes lain yang jumlahnya lebih banyak dan mayoritas laki-laki. Namun, ini membuktikan bahwa girl power memang benar-benar ada. And women can be as brave as men!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Olphi Disya
"Upcoming psychologist. Awesome weirdo."
0SHARES