Tak Punya Sahabat Memberi Baik untuk Kesehatan Mental Seseorang

pixabay.com

Banyak anak muda yang sejak kecil sudah disibukkan dengan proses pencarian sahabat. Menjajal kedekatan dari satu orang ke orang lainnya demi menemukan sahabat sejati juga bukan hal yang mudah.

Saat telah menemukannya pada satu orang, di lain waktu rasanya bukan orang itu yang cocok menjadi sahabatnya. Tapi benarkah kita benar-benar membutuhkan sosok itu?

Kenyataannya, Saat ini tidak memiliki satu sahabat justru lebih baik bagi kesehatan mental. Apakah kamu sudah merasakannya?

1. Tingkat kesepian milenial

www.fimela.com

Penelitian YouGov mendapatkan hasil yang menarik. Tingkat kesepian generasi milenial dan Gen Z kini semakin memuncak dan dianggap tertinggi sepanjang masa. Paling tidak, seperempat milenial mengaku sama sekali tidak punya teman.

Masih dari hasil penelitian tersebut, 30% millenial tidak memiliki sahabat. Hasil penelitian tersebut terkesan menyedihkan. Namun, penelitian lain menemukan bahwa semakin seseorang bertambah usia, kemungkinan berpisah dengan sahabat pun semakin besar.

Pertanyaannya, apakah ada dampak positif dari tidak memiliki satu orang sahabat? Benarkah tidak ada dampak baik dari banyaknya teman walaupun hanya melalui media sosial?

2. Kesempatan belajar dari orang baru

pixabay.com

Punya banyak teman memiliki dampak positif, bergantung pada cara mempertahankan pertemanan tersebut. Apalagi sifat dasar hubungan sosial telah berubah drastis 10 tahun terakhir.

Berkenalan di internet tidak lagi dianggap culun hanya karena tidak pernah bertemu langsung. Sedangkan memprioritaskan orang yang sudah lama dikenal terdengar seperti sesuatu yang wajar. Padahal tindakan seperti itu terbilang cukup kuno.

Kita bisa kehilangan kesempatan belajar dari orang baru. Dekat dengan satu orang saja seolah-olah kamu berhutang budi kepadanya, dipastikan akan berdampak negatif dalam jangka panjang.

3. Pentingnya kesejahteraan emosional

beritagar.id

Walaupun begitu, psikoterapis dan konselor Samantha bernama de Bono mengatakan semua itu bergantung pada seperti apa sahabat yang dimiliki. Sama seperti hubungan percintaan, seseorang akan memilih sendiri orang yang ingin dijadikan teman. Sehat atau tidaknya hubungan pertemanan, bergantung pada kesejahteraan emosionalnya.

4. Sahabat yang bisa diandalkan
health.uzone.id

Chloe Combi pernah menulis tentang hal ini. Dia percaya anak muda saat ini masih tertarik dengan gagasan memiliki sahabat yang bisa selalu diandalkan. Gen Z masih menyukai gagasan peran dan simbol berupa “sahabat”.

Mengumpulkan teman sebanyak-banyaknya mungkin sekadar konsekuensi dari kecemasan modern. Tujuannya bisa jadi agar kita masih memiliki teman walaupun sahabat pergi meninggalkan dan kondisinya serba tidak pasti.

5. Berteman dengan banyak orang
www.quipper.com

Di dunia yang penuh kesengsaraan dan kericuhan seperti sekarang ini, jauh lebih baik jika bisa berteman dekat dengan banyak orang. Dengan begitu, kita akan dikelilingi banyak teman.

Baik teman di dunia nyata maupun di internet, tanpa khawatir bisa mengandalkan satu orang saja. Bahkan dengan begitu, kita bisa menjalin persahabatan yang cakupannya lebih besar.

Intinya, tidak memiliki satu atau dua orang sahabat saja seharusnya bukan masalah. Justru hal itu baik karena kita tidak dibatasi oleh nilai apapun yang sebenarnya menghambat pergerakan. Berteman dengan lebih banyak orang justru akan membentuk diri kita menjadi individu yang lebih baik.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Cara Print Excel dari Laptop dan PC Anti Ribet, Kelar Secepat Kilat! | Keepo.me

Cara Print Excel dari Laptop dan PC Anti Ribet, Kelar Secepat Kilat! | Keepo.me

Trik Finansial Jitu Ala Anak Kos untuk Bertahan di Tanggal Tua

Trik Finansial Jitu Ala Anak Kos untuk Bertahan di Tanggal Tua

Resep Sempol Ayam Rumahan dengan Jaminan Rasa yang Juara | Keepo.me

Resep Sempol Ayam Rumahan dengan Jaminan Rasa yang Juara | Keepo.me

Temanmu Suka Pamer Aktivitas Lari? Justru Mereka yang Harus Ditiru!

Temanmu Suka Pamer Aktivitas Lari? Justru Mereka yang Harus Ditiru!

Cara Membuat Dimsum Rumahan yang Mendekati Resep Autentiknya | Keepo.me

Cara Membuat Dimsum Rumahan yang Mendekati Resep Autentiknya | Keepo.me

Kiat Sukses Jadi Freelancer dengan Income yang Berlimpah

Kiat Sukses Jadi Freelancer dengan Income yang Berlimpah

loading