Tak Perlu Khawatir, Ini 5 Berkah Tersembunyi yang Akan Kamu Dapat Setelah di-PHK!

27 Februari 2018
|Robertus Ari
7.4 KSHARES

Kesal, panik, dan bingung, mungkin perasaan campur aduk ini yang kamu rasakan saat di-PHK. Memang, kena PHK rasanya kayak diputusin sama pacar dan bisa bikin hidup jadi berantakan. Apalagi kalau kamu masih punya beberapa cicilan yang belum lunas, duh pasti pusing nggak karuan. Namun di balik itu semua, sebenarnya ada beberapa hikmah yang bisa kamu ambil dari cobaain ini. Terpenting adalah kamu bisa melihat sisi positifnya untuk memulai awal yang baru. Kira-kira apa saja ya?

1. Kamu akan mendapatkan pesangon setelah di-PHK

Pasti ketika kamu kena PHK mendapat pesangon. Karena ini adalah hak kamu. Bahkan sudah diatur di Undang-Undang Nomor 13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan. Asalkan kamu dipecat bukan karena tindak kriminal atau berbuat kesalahan, ya. Jumlah pesangon juga cukup banyak kok. Biasanya dua kali lipat dari gaji kamu (setiap perusahaan bisa berbeda). Jadi uang ini bisa kamu manfaatkan untuk kebutuhan yang mendesak sebagai solusi sementara.

2. Ini adalah waktu yang tepat untuk mencari pekerjaan yang lebih baik

Ketika kamu kena PHK, justru kamu punya kesempatan terbuka lebar untuk mencari pekerjaan lain yang lebih cocok untuk kamu. Sebab, pemecatan bisa juga menjadi membuka jalan terang untuk kamu. Terlebih jika sebelumnya kamu nggak nyaman dan cukup ‘tersiksa’ dengan kerjaan kamu. Jadi nggak heran kalau beberapa orang berpikir bahwa PHK sebagai jalan keluar dari hal tersebut.

3. Kamu punya lebih banyak waktu untuk orang-orang tersayang

Tentunya kamu akan memiliki waktu lebih banyak setelah di-PHK. Jadi, manfaatkan waktu luang ini untuk keluarga, pacar, dan sahabat. Kamu bisa mengagendakan kumpul bersama. Atau jika memungkinkan, tak ada salahnya kamu melakukan liburan untuk melepas penat dan menyegarkan pikiran. Siapa tahu hal ini bisa membantu kamu mendapatkan ide bagus setelah dipecat.

4. Ini kesempatan untuk menekuni hobi dan passion yang kamu miliki

Kalau selama ini kamu cukup sibuk dengan pekerjaan, inilah waktu yang tepat kamu menekuni hobi dan passion kamu. Bahkan di momen ini pula, kamu bisa mulai mengejar mimpi kamu sesuai minat dan bakat. Jadi, tak perlu sedih kalau kamu di-PHK!

5. Saatnya kamu keluar dari zona nyaman dan membangun relasi baru

Ada yang bilang keluar dari zona nyaman bisa menuntunmu menjadi sukses. Selain itu, membangun relasi baru juga bisa membuka peluang baru sebagai solusi. Sebab, pada umumnya seseorang mendapatkan peluang karier dari relasi atau orang terdekatnya. Jadi nggak menutup kemungkinan jika hal ini juga berlaku untuk kamu.

Benar, bukan? Kena PHK tak selalu menjadi bencana kok guys. Kamu masih bisa mendapatkan berbagi berkah yang bisa kamu ambil. Terpenting kamu tak perlu merasa galau atau sedih, selama kamu mau usaha pasti ada jalan kok di situ.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Robertus Ari
"be kind to each other"
7.4 KSHARES