Tak Hanya Menjadi Bumbu Dapur, 7 Manfaat Jahe Ini Tidak Banyak Diketahui Orang

10 November 2017
|Venanda
Life
0SHARES

Buat kamu yang suka memasak pasti sudah tidak asing dengan rimpang jahe dan manfaat jahe bagi rasa masakan. Salah satu rempah Indonesia ini sering dijadikan bumbu untuk berbagai masakan khas daerah. Selain itu jahe juga sering dijadikan minuman yang dapat menghangatkan tubuh. Tapi tahukah kamu bahwa selain hal tersebut, ada banyak manfaat jahe lainnya untuk kehidupan kita sehari-hari? Selain untuk bumbu masakan dan minuman, jahe dapat mengobati beberapa penyakit di tubuh kita. Berbagai senyawa kimia yang dimiliki jahe dapat mengatasi beberapa gangguan kesehatan yang terjadi di dalam tubuh. Nah, inilah berbagai manfaat jahe yang belum banyak diketahui oleh banyak orang

1. Menghilangkan ketombe

Tidak banyak yang tahu manfaat jahe yang satu ini. Ternyata jahe bisa digunakan untuk menghilangkan ketombe di kulit kepala. Hanya dengan mencuci rambut dengan sari jahe, ketombe akan hilang dan tidak akan muncul kembali di rambut. Selain itu jahe juga dapat mengurangi rambut yang rontok. Jangan lupa gunakan sampo sari jahe ini secara teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

2. Mengatasi kulit berminyak

Jahe memiliki mineral alami yang dipercaya dapat mengurangi kelebihan minyak pada kulit. Sehingga rempah ini dapat membantu kamu untuk mengontrol minyak berlebih di wajah. Caranya pun cukup mudah. Hanya dengan mencampur parutan jahe, bubuk kayu manis, garam laut, pala bubuk, dan sedikit air hingga menjadi seperti pasta. Setelah itu oleskan masker tersebut ke seluruh wajah kecuali mata dan bibir hingga mengering lalu bilas dengan bersih.

3. Mengobati sakit gigi

Sakit gigi juga dapat dicegah dengan jahe. Tidak perlu repot-repot membuat ramuan khusus. Hanya dengan meminum air jahe, kamu bisa mencegah nyeri gusi karena kandungan anti-bakteri dan anti-jamur yang ada di dalam jahe.

4. Mengatasi memar dan nyeri

Jika salah satu bagian tubuhmu memar atau nyeri, kamu bisa meredakannya dengan menggunakan sari jahe. Umbi kecil yang kaya akan manfaat ini memiliki sifat anti-inflamasi yang bisa meredakan nyeri dan memar karena benturan. 

5. Meredakan morning sickness

Banyak yang tidak tahu bahwa jahe bisa membantu ibu hamil untuk meredakan rasa mual-mual akibat morning sickness. Tingkat keberhasilan jahe mengatasi morning sickness adalah 75 persen. Sehingga jahe sangat direkomendasikan bagi ibu hamil. Cukup dengan minum jahe saja, rasa mual akan teratasi.

6. Mengatasi sakit perut saat menstruasi

Beberapa wanita ada yang merasakan nyeri saat sedang datang bulan atau menstruasi. Hal ini terasa sangat tidak nyaman dan membuat aktivitas terhambat. Jika hal ini terjadi, tidak perlu tergesa-gesa meminum obat pereda nyeri. Dengan meminum campuran jahe, teh, dan gula merah, dapat mengurangi kram dan nyeri saat datang bulan. Nggak nyangka kan manfaat jahe ternyata bisa meredakan nyeri haid?

7. Mengobati luka karena gigitan ular

Dan manfaat jahe yang terakhir dan tidak banyak diketahui orang adalah dapat menjadi pertolongan pertama dalam mengobati luka akibat gigitan ular. Caranya juga mudah, hanya dengan menumbuk rimpang jahe lalu beri sedikit garam dan tempelkan di atas luka akibat gigitan ular tersebut.

Ternyata banyak juga ya manfaat jahe bagi kehidupan kita. Selain dapat diminum, jahe juga memiliki berjuta kegunaan. Nggak heran jahe jadi salah satu komoditas yang membuat Bangsa Eropa sampai menjajah Nusantara.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Venanda
"Quote apa ya?"
0SHARES