Tak Hanya Mendekatkan yang Jauh, Ini 7 Manfaat Teknologi Saat Bulan Puasa

23 Mei 2018
|Chandra W.

Meski kemajuan teknologi sering dikaitkan dengan hal-hal negatif seperti membuat orang-orang antisosial, sebenarnya masih banyak kok dampak positif yang dibawa teknologi dalam kehidupan manusia. Saat bulan puasa pun, kita boleh menghindari media sosial yang kira-kira dapat mengurangi pahala, terutama akun-akun gosip. Tapi selain itu, manfaatkan teknologi untuk hal-hal berikut selama bulan puasa yuk. 

1. Menelusuri pengetahuan agama

Memang pengetahuan agama sebaiknya diperdalam dari berbagai sumber, mulai dari kitab suci hingga pengajian. Tapi, siapa bilang nggak boleh mencari informasi melalui internet? Yang penting, pastikan situs yang kamu akses merupakan sumber valid dan bisa dipercaya. Jurnal internasional, misalnya. 

2. Sebagai acuan waktu beribadah

Kesibukan tidak berkurang selama puasa bukan alasan untuk tidak beribadah tepat waktu. Sebelum pulang kantor, kamu bisa mengecek jadwal buka puasa, azan Maghrib dan azan Isya dari gawai. Hal ini bisa membuatmu lebih bisa bersiap pulang, menentukan rute jalan pulang mana yang sebaiknya diambil. Itu satu contoh saja. Kemudahan ini nggak akan kamu dapatkan kalau nggak ada teknologi. 

3. Mencari resep untuk hidangan sahur dan berbuka puasa

Buat yang hobi masak atau ingin berhemat, selama puasa wajib banget dong memasak berbagai hidangan sahur dan buka. Bosan kan kalau makan itu-itu saja? Dengan internet, kamu bisa mencari inspirasi santapan sahur dan buka puasa, menelusuri resep-resep khas daerah satu dengan lainnya. Di akhir bulan puasa, tahu-tahu sudah bisa memasak 30 hidangan baru! Wah nggak sia-sia deh puasanya. 

4. Membantu dalam berbelanja untuk lebaran

Ketika THR sudah terlihat di depan mata, mungkin kamu bisa mulai memikirkan akan membelikan apa untuk keluarga dan orang terdekat. Tak perlu lagi berdesak-desakan di toko dan mal siang hari berebut diskon, tinggal klik barang yang kamu inginkan di online shop terpercaya. Lalu tunggu beberapa hari, pesanan akan sampai di tangan. Sungguh mudah.

5. Berburu tiket mudik sejak awal puasa

Bagi yang merantaunya di luar Jakarta, persaingan untuk mendapatkan tiket lebaran mungkin tak sekejam di ibukota ya. Jadi kalaupun baru mencari ketika sudah masuk bulan Ramadan, masih ada kemungkinan untuk mendapatkan tiket. Nggak perlu repot-repot ke biro perjalanan, kamu bisa mengecek jadwal keberangkatan dan ketersediaan tiket berbagai moda transportasi dari layar handphone atau laptop saja. Tinggal cek, pesan, bayar lewat mobile banking, selesai. 

6. Mencari inspirasi OOTD buka puasa dan lebaran

Bulan puasa pasti banyak undangan buka puasa bersama dari teman SD sampai kolega di tempat kerja. Nggak mau dong tampil begitu-begitu saja? Makanya kamu butuh mencari inspirasi gaya berpakaian dan juga makeup dari internet. Teknologi memudahkan kita menemukan gaya yang sesuai. Nggak kucel, nggak terlalu simpel, nggak berlebihan juga. Pas deh kalau benar-benar mengikuti rekomendasi. 

7. Mendekatkan yang jauh

Ini berlaku untuk kamu yang tinggal jauh dari rumah. Meski baru akan bertemu dengan keluarga saat libur lebaran nanti, kamu tetap bisa berkomunikasi setiap hari dengan orang rumah baik via chat, telepon sampai video call. Teknologi bisa menjauhkan yang dekat, tapi juga bisa mendekatkan yang jauh. Kamu mau pilih yang mana?

Semua hal di dunia ini pasti memiliki sisi negatif dan positif, termasuk teknologi. Dalam hal ini, semua tergantung cara kita memanfaatkan dan menyikapinya. Jadi, manfaatkan dengan baik ya gawai kamu. Agar menunjang kegiatan puasamu.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Chandra W.
"Sebaik-baik tulisan adalah yang dibaca sampai akhir."
SHARES