Tahu Nggak? Ternyata Ini lho yang Bikin Bule Suka Banget Sama Orang Indonesia

19 Desember 2017
|Robertus Ari
0SHARES

Kita suka melihat, bahkan belajar budaya-budaya yang ada di negara lain. Kita mencari tahu seperti apa mereka - sifatnya, kebiasaan, gaya hidupnya, dan lainnya sebagainya. Hal ini wajar saja kita lakukan, karena mempelajari hal baru itu memang cukup mengasikkan, terlebih di negara yang terkenal indah dan belum pernah kita jamah.

Namun bagaimana jika orang barat atau bule melihat orang Indonesia? Apa sih yang mereka sukai dari kita yang menyebabkan bule-bule terus berdatangan ke negara kita? Yuk, kepoin!

1. Bule mengenal orang Indonesia sebagai pribadi yang sangat ramah

Mungkin ini sudah menjadi rahasia umum kalau bule mengenal kita sebagai orang yang ramah. Orang Indonesia lebih murah senyum, suka saling menyapa kepada bule meskipun belum saling mengenal. Berbeda dengan mereka di negaranya, karena orang-orangnya terkenal cukup cuek satu sama lain.

2. Mereka ingin tahu mengapa orang Indonesia selalu terlihat bahagia

Tak sedikit bule yang heran mengapa banyak dari kita yang terlihat selalu bahagia, sekalipun saat tidak ada uang. Kita suka saling bercanda, tertawa bersama, dan selalu bersyukur dengan apa yang ada. Inilah yang menyebabkan orang barat ingin tahu mengapa kita selalu bahagia.

3. Bule suka dengan gaya hidup kita, yang santai seakan nggak ada beban

Mereka kagum dengan cara kita menikmati hidup. Orang Indonesia memang dikenal santai, tidak terburu hingga tak jarang bule menilai kita suka membuang-buang waktu. Namun inilah kebanyakan orang kita dalam menikmati hidup. Oleh karena itu, bule juga suka mengikuti cara kita hidup yang santai, seakan tidak memiliki beban.

4. Orang Indonesia dikenal pekerja keras dan bertanggung jawab

Meskipun dikenal santai, tetap saja kita juga bisa menjadi pekerja keras ketika sudah diberi tanggung jawab. Kita juga bisa menjadi profesional. Lihat saya para ibu-ibu yang pagi-pagi sudah ke pasar, para petani yang pagi-pagi sudah berada di sawah, anak-anak sekolah yang berangkat pagi-pagi untuk mulai belajar, dan lain sebagainya.

5. Indonesia adalah negara yang ‘bebas’ – dalam memeluk agama atau kepercayaannya

Hal ini juga membuat bule suka dengan Indonesia. Kita memiliki beragam agama, suku, budaya, bahkan bahasa daerah, yang bikin orang barat cinta dengan Indonesia. Kita juga dikenal rajin beribadah dan suka mengikuti kegiatan keagamaan, bahkan tempat ibadah semua agama juga tersedia. Itulah mengapa orang barat kagum dengan Indonesia, karena keberagaman di negaranya tidak seperti di sini.

6. Sudah menjadi rahasia umum kalau orang Indonesia sangat kreatif

Dari sisi pendidikan, banyak kampus di Indonesia yang melakukan pertukaran pelajar, dan tak sedikit mahasiswa luar yang memilih belajar kesenian. Bahkan banyak dari mahasiswa asal luar negeri yang merasa betah kuliah di Indonesia karena mereka merasa ini adalah negara yang tepat untuk belajar tentang seni. Tak sedikit pula dari mereka yang melakukan pameran seni dan dibantu oleh orang seniman Indonesia karena membutuhkan kreativitasnya.

7. Saling menolong sudah biasa bagi orang Indonesia, namun bule melihatnya ini sebagai kebaikan hati

Saling tolong menolong tanpa mengharapkan sebuah imbalan adalah kebiasaan orang Indonesia. Sifat inilah yang membuat bule merasa kerasan. Sebab di negaranya, hal seperti ini sangat jarang ditemui. Dan para bule, melihatnya kebiasaan sebagai sebuah kebaikan hati orang Indonesia.

8. Bule heran, mengapa kita bisa terbuka sekali dengan orang yang baru

Kita memang cukup terbuka dengan orang baru, atau yang belum lama dikenal termasuk dengan bule. Kita suka menceritakan tentang segala sesuatu dengan orang lain dan saling berbagi. Namun berbeda dengan bule ketika di negaranya. Mereka menganggap berbicara dengan orang asing atau yang baru dikenal bisa memberikan sebuah ancaman bahaya kepada dirinya sendiri. Oleh karena itu, di negaranya mereka sangat hati-hati dengan orang yang baru dikenal dan tak bisa menceritakan banyak hal.

9. Orang Indonesia memiliki semangat gotong royong dan saling peduli, inilah yang membuat mereka suka iri

Di negara barat, hal seperti ini susah banget ditemui. Tradisi gotong royong memang sudah ada di Indonesia sejak dulu, lihat saja seperti kerja bakti. Sampai sekarang, kebiasaan ini masih sering dilakukan oleh orang Indonesia, terlebih di daerah pedesaan yang masih sangat kental kebersamaannya. Tak jarang karena hal ini, orang barat suka iri karena di negaranya nilai kepedulian dan gotong royong sangat rendah.

Banggalah menjadi orang Indonesian - hidup dengan berbagai keberagaman dan kebudayaan yang tidak dimiliki oleh negara lain. Semoga semua hal di atas tadi terus terjaga hingga anak cucu kita nanti.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Robertus Ari
"be kind to each other"
0SHARES