Syahnaz Sadiqah Mendapat Kejutan Bridal Shower, Sebenarnya Perlu Nggak Sih Tradisi Ini?

www.kapanlagi.com

Entah sejak kapan perempuan-perempuan di Indonesia menjadi getol menyelenggarakan prosesi bridal shower untuk teman-temannya yang hendak menikah. Tak terkecuali kalangan selebritis. Atau justru tren ini dimulai dari dunia selebritis? Baru-baru ini Syahnaz Sadiqah juga mendapatkan kejutan pesta bridal shower bagi teman-temannya. Jika di kalangan selebriti, budget untuk hal-hal semacam ini bisa terkover dengan baik, bagaimana untuk perempuan-perempuan biasa kelas menengah yang baru merintis karir seperti kita-kita, termasuk kamu yang sedang membaca tulisan ini? Seberapa pentingkah menyelenggarakan bridal shower untuk teman?

1. Memasuki usia 22-24 tahun, kalender dipenuhi dengan agenda kondangan ke pernikahan teman

greenweddingshoes.com

Tentu saja sebagai teman, kita turut berbahagia melihat seorang teman akhirnya menemukan kekasih hatinya dan bersedia berkomitmen untuk menjadi teman hidup satu-satunya dan selamanya. Celakanya, di usia 22-24, beberapa dari kita baru saja merintis karir bahkan ada juga yang masih kuliah. Dengan kata lain, kondisi finansial masih berantakan, bahkan masih ada yang disokong orangtua.

2. Tentu saja sebelum si calon mempelai sampai ke proses akad dan resepsi, beberapa teman akan mengusulkan untuk mengadakan pesta bridal shower

www.brilio.net

Entah sejak kapan tren ini ada dan berkembang di Indonesia, sampai saat ini juga masih dipertanyakan kecocokannya dengan budaya kita. Selain budaya, juga budget perempuan usia 22-24 yang sudah disebutkan di poin pertama. Di Indonesia, bridal shower digelar oleh teman-teman calon mempelai menggunakan dana iuran dari satu geng, sebagai contoh, dengan anggota 5-10 orang.

3. Sejauh ini, bridal shower yang sudah pasti akan diunggah ke media sosial itu adalah pesta lajang berhadiah

www.hipwee.com

Hadiahnya tentu saja untuk si calon pengantin. Biaya sewa tempat, dekor, dan membeli hadiah untuk calon manten ditanggung oleh anggota geng 5-10 orang ini. Karena tren ini tidak hanya berkembang di Jabodetabek, tetapi juga telah merambah kota-kota lain yang lebih kecil, kita akan mengambil contoh di Yogyakarta.

4. Ilustrasi biaya bridal shower di Yogyakarta adalah sebagai berikut:

uangpasti.000webhostapp.com

Asumsikan kita menggunakan party planner iuran untuk 6 orang ditanggung 5 orang (satunya si calon manten, tentu dibebaskan dari biaya). Per kursi (per orang) biaya dekor 100-150 ribu rupiah = 600-750 ribu rupiah. Ditambah makanan per pax anggap saja 75 ribu = 450 ribu rupiah. Masih ditambah lagi iuran kado anggap saja 50 ribu per orang = 250 ribu rupiah. Totalnya (600/750+450+250) : 5 = 1.300.000 s.d. 1.450.000 totalnya dibagi lima. Setiap orang harus iuran sekitar 260 hingga 290 ribu rupiah. Tentu saja ini masih hitungan kasar. Tapi garis bawahnya memang ada di angka 200 ribuan.

5. Bayangkan jika gaji yang didapat masih di kisaran UMR dan dalam sebulan ada lebih dari satu teman yang menikah
uangpasti.000webhostapp.com

Lalu keduanya pakai acara bridal shower segala. Itu belum biaya yang dikeluarkan untuk kado menikah dan menjahit baju jika diberi kain seragaman. Pusing kan memikirkannya? Berteman sih berteman, bersahabat sih bersahabat. Tapi benarkah pengorbanan yang dilakukan harus sampai membuat kita mengelus dada dan ingin menangis melihat dompet?

6. Di negara-negara Amerika dan Eropa, bridesmaid benar-benar ditugasi untuk menjadi semacam panitia dalam pesta pernikahan
hot.detik.com

Ada jobdesc yang jelas antara satu bridesmaid dengan yang lain. Sementara itu, di Indonesia, keluarga lah yang masih memegang peran sentral dalam penyelenggaraan pesta pernikahan. Kalau tidak keluarga, sekalian memakai wedding organizer. Artinya semua tugas sudah bisa selesai tanpa bridesmaid.

7. Apakah bridesmaid di sini masih esensial? Selain menjadi pager ayu berjejer dengan seragaman, apa lagi perannya?

www.gogobli.com

Tidak ada. Segala prosesi dari bridal shower dan seterusnya itu sebenarnya tidak penting-penting amat, kok. Jadi jangan membebankan anggota geng atau circle-mu dengan mengadakan bridal shower yang berlebihan. Tanyakan dulu kepada masing-masing orang, setuju atau tidak, jika setuju berapa biaya yang disepakati. Dan pastikan mereka mengiyakannya tanpa rasa terpaksa.

giphy.com

Apalah artinya foto-foto bahagia dengan senyum palsu bersama calon pengantin jika di balik itu ada yang menangis dalam hati melihat kantung yang semakin menipis sementara tanpa acara-acara bridal shower saja, setiap akhir bulan pasti keuangan mepet? Seberapa krusialnya bridal shower untuk pertemanan dan persahabatan? Kamu yang tahu jawabannya.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
7 Filosofi Orang Jawa yang Bakal Buat Hidup Kamu Lebih Bermakna

7 Filosofi Orang Jawa yang Bakal Buat Hidup Kamu Lebih Bermakna

Biar Dapat Banyak "Like", Ini 10 Caption Instagram untuk Kamu dan Sahabat

Biar Dapat Banyak "Like", Ini 10 Caption Instagram untuk Kamu dan Sahabat

7 Negara Paling Kotor di Dunia, Miris, Tapi Ulah Manusia Juga!

7 Negara Paling Kotor di Dunia, Miris, Tapi Ulah Manusia Juga!

Potret Kebersamaan Chelsea Islan-Daffa Wardhana Tunjukkan Bahwa Pacaran Nggak Harus Selalu Romantis

Potret Kebersamaan Chelsea Islan-Daffa Wardhana Tunjukkan Bahwa Pacaran Nggak Harus Selalu Romantis

Tak Masuk Akal, Tren Tindik Berlian Gantikan Cincin Pernikahan

Tak Masuk Akal, Tren Tindik Berlian Gantikan Cincin Pernikahan

Butuh Inspirasi untuk Bikin Doodle Nama Pacar? Coba Intip 10 Desain Keren Ini!

Butuh Inspirasi untuk Bikin Doodle Nama Pacar? Coba Intip 10 Desain Keren Ini!

loading