Supel, Gaul, dan Stereotip yang Menempel di Anak Ilmu Komunikasi. Benar Semua Nggak?

27 Februari 2018
|Chandra W.

Setiap jurusan pasti punya stereotip yang menempel di mahasiswa yang berkuliah di sana. Entah dari mana stereotip itu berasal, ujung-ujungnya menjadi generalisasi atas mahasiswa jurusan tertentu, termasuk Jurusan Ilmu Komunikasi.

Menjadi salah satu bidang ilmu yang cukup banyak diminati, anak-anak yang berhasil masuk Jurusan Ilmu Komunikasi juga menghadapi stereotip, yang entah benar entah tidak. Tapi katanya kebanyakan anak komunikasi punya karakter ini.

1. Karena dilatih untuk dapat menyampaikan bahasa dan maksud dengan baik dengan sesama manusia, anak komunikasi dianggap semuanya supel

Ibaratnya nih, kalau kamu anak komunikasi tapi masih canggung bertemu orang baru, kamu belum sah dan belum pantas masuk jurusan ini. Padahal mah orang beda-beda ya, ada yang sekali bertemu orang asing bisa langsung akrab, ada yang perlu proses lebih lama.

2. Baju bagus, penampilan menarik, dan gaul. Nongkrongnya juga di tempat-tempat kece

Anak komunikasi biasanya minatnya terbagi di beberapa bidang yang lebih spesifik: jurnalistik, periklanan, dan kehumasan (PR). Semuanya industri yang kalau tidak mewajibkan, ya paling tidak menganjurkan pelakunya untuk berpenampilan rapi dan menarik. Makanya anak komunikasi kalau kuliah lewat kampus lain pasti bisa ‘kelihatan’. Udah gitu nongkrongnya juga di tempat kece. Kalau yang ini benar nggak ya?

3. Sering pergi ke mana-mana dengan mengalungkan kamera, stereotip: jago fotografi

Tugas anak komunikasi ada banyak, meliputi membuat konten kreatif termasuk foto-foto jurnalistik yang punya makna. Mereka juga ada mata kuliah khusus yang mempelajari fotografi. Jadi tertanam pula dalam pikiran anak-anak selain komunikasi bahwa anak komunikasi pasti jago fotografi beserta editing-nya.

4. Karena tugasnya bikin sesuatu yang kreatif, anak komunikasi juga dianggap pintar desain

Photoshop, Corel, dan aplikasi desai grafis pasti anak-anak komunikasi udah khatam nih pakainya. Nggak ada tuh yang namanya gaptek. Multitalenta banget lah ya. Anak-anak komunikasi yang berminat di dunia periklanan biasanya paling jago nih. Betul?

5. Karena diharapkan jadi pentolan untuk berkomunikasi dengan banyak orang, anak komunikasi juga biasanya pede abis

Pokoknya yang penting berani maju. Kalau udah berani maju, harus berani malu. Iya, anak komunikasi harus berani malu walaupun akhirnya malu-maluin. Kelas komunikasi selalu ramai inisiatif, jarang yang hanya diam ketika ada tawaran untuk maju di depan kelas menyampaikan ide baru terkait hal yang sedang dibahas.

6. Pasti anak komunikasi pandai bicara di depan umum

Ini yang selalu jadi tantangan anak-anak yang cenderung introvert ketika pertama kali kuliah. Public speaking adalah salah satu keahlian atau skill yang wajib banget dikuasai oleh anak komunikasi, khususnya yang berminat di dunia kehumasan.

Kamu anak komunikasi? Benar nggak sih semua stereotip di atas? Sebenarnya sih setiap orang beda-beda ya. Hanya karena jurusan nggak lalu membentuk setiap orang di dalamnya jadi sama juga kan. Tapi ya, namanya juga stereotip. Sudah terlanjur menempel.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Chandra W.
"Sebaik-baik tulisan adalah yang dibaca sampai akhir."
SHARES