Sulit Hamil? Kesuburan Tubuh Wanita Dipengaruhi oleh 9 Faktor Ini

unsplash.com

Sebagai pasangan yang sedang menunggu kabar kehamilan kelahiran dari sang istri, setiap cek dengan test pack selalu deg-degan. Tidak semudah yang dibayangkan, ternyata supaya bisa hamil, ada banyak faktor yang mempengaruhi.

Sejumlah mitos menyebutkan jika faktor kehamilan ditentukan oleh kesuburan pihak pria. Sedangkan sebagian lainnya bilang bahwa pihak wanita lah yang memegang peran apakah pembuahan bisa berhasil atau tidak.

Kesuburan ini dipengaruhi oleh kedua belah pihak, pria dan wanita. Jika kamu ingin segera menimang momongan, ada baiknya untuk mulai menjaga kesehatan mulai dari sekarang. Ikuti saran di bawah ini yang dikompilasi dari berbagai sumber.

unsplash.com

Faktor genetika menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi kesuburan seseorang. Jika tingkat kesuburan orangtua kamu kurang baik, ada kemungkinan jika kamu dan pasangan akan mengalami kesulitan yang sama ketika akan memiliki momongan. Setelah menikah, ada baiknya untuk ngobrol dan kilas balik tentang proses sebelum kamu dilahirkan dulu.

Selain itu, usia juga bisa mempengaruhi kesuburan rahim seorang wanita. Perlu diingat, wanita akan mengalami menopause di usia 40-50-annya. Semakin usiamu dengan menopause, kesuburanmu juga akan menurun drastis.

Banyak ahli yang menyatakan bahwa beberapa tahun sebelum menopause, di kisaran usia 35 tahun, seorang wanita sudah mengalami kesulitan untuk memiliki momongan karena produksi sel telur sudah mengalami penurunan. Jika sudah tidak sabar ingin memiliki momongan, kamu busa memulai program hamil sebelum masuk usia 30 tahun.

unsplash.com

Sehat atau tidak sehatnya seorang wanita bisa dicek dari siklus menstruasinya. Normalnya, jarak menstruasi tiap bulan berkisar antara 21-35 hari. Jika tidak teratur, maka segeralah berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan. Ini jadi salah satu faktor yang memengaruhi tingkat kesuburan wanita juga.

Saat berkonsultasi dengan dokter, ada baiknya kamu memeriksakan hormon tiroidmu, ladies. Jika proses produksi hormon tiroid dalam tubuh kurang lancar dan terhambat, kehamilan proses ovulasi di rahim juga akan terpengaruh.

Selain memeriksakan kedua hal penting di atas, kamu juga perlu lebih aware dengan keputihan. Sebenarnya keputihan itu normal dan dialami oleh setiap wanita. Namun, jika cairan keputihan yang keluar berwarna keruh serta mengeluarkan bau yang tidak sedap, bisa jadi vaginamu sedang terinfeksi virus. Keberadaan virus ini dapat mempengaruhi kesehatan di organ reproduksimu.

unsplash.com

Selain memeriksakan kondisi badan dari dalam, kamu juga perlu menjaga berat badan. Berat badan berlebih atau obesitas dapat meningkatkan risiko terkena Polycistoc Ovarium Syndrome (PCOS) yang menyebabkan adanya gangguan fungsi ovarium pada wanita di usia subur. Pakar ob-gyn Thomas Jefferson menyatakan bahwa semakin berat bobot seorang wanita, fungsi ovarium jadi semakin rentan dan lemah.

Punya badan kurus atau underweight juga tidak lebih baik. Berat badan yang terlalu rendah pada wanita akan membuat ia kekurangan hormon Leptin yang membuat dapat membuat tidak teraturnya siklus menstruasi. Maka dari itu, pastikan bobotmu tetap terjada dengan mengonsumsi asupan nutrisi dan berolahraga secara rutin.

Tapi jangan sampai kamu melakukan diet ekstrem untuk menjaga berat badan ini. Jika pengaturan pola makan ini dilakukan secara ekstrem, dapat membuat seorang wanita kehilangan masa suburnya. Kadar gulamu juga akan menurun, penyerapan hormon progesteron jadi kurang lancar. Padahal hormon ini penting untuk menjaga kesehatan sel telur.

unsplash.com

Faktor yang memengaruhi kesuburan wanita lainnya adalah kebiasaan merokok dan minum alkohol. Menurut American Society of Reproductive Medicine, setidaknya 13% dari total kasus mandul pada wanita disebabkan oleh kebiasaan merokok.

Begitu pula dengan kebiasaan mengonsumsi minuman beralkohol. Kebiasaan ini terbukti meningkatkan risiko seorang wanita mengalami masalah kehamilan sehingga memerlukan terapi medis tambahan. Daripada minum yang mengandung beralkohol dan merokok, sebaiknya kamu mulai beralih dengan mengonsumsi jus dan ngemil sayuran.

Selain itu, kebiasaan mengonsumsi berlebihan juga dapat memengaruhi kesuburan wanita! Kafein yang terkandung di dalam teh dan kopi terbukti dapat menghambat proses pematangan sel telur. Bagi penggemar berat kopi, mulai dari sekarang bijaklah dalam menentukan batas dan jumlah kafein perharinya.

Faktor yang dipaparkan di atas adalah yang dapat memengaruhi kesuburan wanita. Jika semua kebiasaan buruknya dan kelainannya bisa dikurangi dan disembuhkan, harapan untuk mendapatkan momongan dalam waktu dekat bisa jadi kenyataan.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Jangan Ngaku Maniak Sebelum Tahu 9 Hal Tentang Aplikasi PUBG ini Nih! | Keepo.me

Jangan Ngaku Maniak Sebelum Tahu 9 Hal Tentang Aplikasi PUBG ini Nih! | Keepo.me

Alasan Mutlak Kenapa Pria Zaman Sekarang Lebih Suka dengan Wanita yang Lebih Tua

Alasan Mutlak Kenapa Pria Zaman Sekarang Lebih Suka dengan Wanita yang Lebih Tua

6 Startup Unicorn Terbesar 2018 Berbasis Teknologi yang Inovatif | Keepo.me

6 Startup Unicorn Terbesar 2018 Berbasis Teknologi yang Inovatif | Keepo.me

Renungan Menyoal Keluarga dan Orang Tua, Semoga Kamu Tidak Lupa Mereka

Renungan Menyoal Keluarga dan Orang Tua, Semoga Kamu Tidak Lupa Mereka

3 Cara Cepat Upgrade OS Android Tanpa Bantuan Profesional | Keepo.me

3 Cara Cepat Upgrade OS Android Tanpa Bantuan Profesional | Keepo.me

Manfaat Luar Biasa dari Minyak Zaitun untuk Kesehatan Badan dan Wajah

Manfaat Luar Biasa dari Minyak Zaitun untuk Kesehatan Badan dan Wajah

loading