Suka Grogi dan Malu? Pupuk Percaya Dirimu dengan 7 Cara Mudah Ini, Girls!

13 Mei 2018
|Dista Mardani
0SHARES

Pernah mengalami momen “mati kutu” waktu ditunjuk jadi pembicara kelompok untuk presentasi atau Public Speaking? Apalagi kalau kalian nggak terlalu suka tampil di muka umum. Ini tentunya akan menjadi momen tak terlupakan seumur hidup bagi kalian yang suka gugup dan panik sendiri. Padahal saat presentasi atau tampil di depan public, kita dituntut untuk percaya diri agar mampu membuat penonton menerima pesan yang kita sampaikan.

Jangan keburu pingsan dulu kalau kalian masih punya waktu untuk mempersiapkan segala hal sebelum unjuk diri. Tetap rileks dan ikuti cara-cara untuk lebih meningkatkan rasa percaya diri di bawah ini

1. Mulailah dengan tersenyum saat bercermin

Cara pertama yang paling mudah dilakukan adalah tersenyum kepada bayangan di cermin. Ada sebuah studi yang disebut "teori umpan balik wajah" yang menunjukkan bahwa ekspresi di wajah kita benar-benar dapat mendorong otak kita untuk mengintensifkan emosi tertentu. Jadi, dengan melihat ke cermin setidaknya selama 1-5 menit sambil tersenyum setiap hari, kita mungkin merasa lebih bahagia dengan diri sendiri dan lebih percaya diri dalam jangka panjang. Cara ini juga akan membantu kita merasa lebih mencintai penampilan dan diri kita sendiri.

Coba pikirkan lagi, orang lain akan menanggapi kita dengan baik ketika kita tersenyum kepada mereka, sehingga selain membuat kita merasa lebih bahagia, kita akan mendapatkan dorongan rasa percaya diri karena umpan balik yang kita dapatkan dari orang lain juga.

2. Membuat catatan mengenai hal yang kamu sukai dari dirimu sendiri. Toh tak masalah narsis sekali-kali

Tahukah kalian bahwa sebenarnya sumber rasa kurang percaya diri adalah rasa kurang puas? Perasaan tidak pernah cukup dalam memiliki sesuatu, entah itu pengakuan emosional, materi, keberuntungan, penampilan, atau uang, akan terus menghambat kita untuk merasa percaya diri. Dengan mengakui dan menghargai apa yang sudah kita miliki, kita dapat melawan perasaan tidak lengkap dan tidak puas.

Menemukan kedamaian batin yang disertai rasa syukur akan berdampak sangat besar bagi kepercayaan dirimu. Cara ini bisa dilakukan setiap malam sebelum tidur dengan meluangkan waktu untuk duduk dan berpikir tentang semua hal yang telah kamu lalui dan miliki dalam sehari. Kamu bisa tulis senarsis-narsisnya pujian bagi diri kalian. Dari fisik, sifat, dan jangan lupa tambahkan rasa syukur setiap kali mengulang membacanya. Hal ini akan mendorong rasa positif dalam diri kalian.

3. Merawat diri, cara termudah untuk menghargai diri sendiri

Ada banyak langkah kecil untuk melakukan kegiatan yang satu ini sesuai dengan minat kalian tentunya. Tidak hanya merawat fisik dan olahraga, memakan makanan dalam jumlah yang tepat dan makan makanan yang lezat dan sehat juga berarti merawat diri sendiri.  Meluangkan waktu untuk diri sendiri, merupakan hal yang terpenting dalam perjalanan untuk meningkatkan kepercayaan diri.

4. Pakai fashion item paling favorit! Maka kepercayaan diri bakal beranjak ke level yang lebih tinggi

Ketika rasa tidak percaya diri pada penampilan fisik membuat kalian putus asa, ada baiknya kalian tidak melewatkan cara satu ini. Pilih satu item favoritmu atau aksesoris yang nggak pernah lepas dari badan kalian atau yang paling mudah adalah memilih memakai suatu item dengan warna kesukaanmu. Tidak perlu menutupi kekurangan kalian, justru sebaliknya, hal favorit ini dapat menunjang penampilan yang mengesankan. Seperti kacamata, jaket jins, topi, rok berwarna pastel, dan sebagainya.

 

 

5. Berhenti membandingkan diri dengan orang lain

Jika kamu ingin membangun kepercayaan diri, maka kamu harus fokus untuk meningkatkan kehidupan kamu sendiri menjadi lebih baik. Bukan menjadikan hidup seperti selebriti yang kalian lihat di TV atau siapapun. Kamu perlu tahu bahwa akan selalu ada seseorang yang lebih cantik, lebih pintar, dan lebih kaya. Jadi, yang relevan adalah peduli tentang memajukan tujuan dan impian diri kita sendiri. Bukan fokus pada kehidupan orang lain.

6. Sayangi dirimu sendiri dan bersabarlah. Karena menjadi percaya diri adalah proses yang panjang

Bersabarlah dengan dirimu sendiri! Kamu harus ingat bahwa terkadang kita jatuh untuk bangkit lagi. Mendapatkan kepercayaan diri bukan sulap yang terjadi dalam semalam. Jika semua cara sudah kita lakukan tapi nggak memenuhi tujuan, berarti hal itu adalah kesempatan untuk belajar lebih banyak tentang diri kita sendiri. Kepercayaan diri harus dipupuk dan ditumbuhkan, sedikit demi sedikit. Luangkan waktu untuk meditasi atau perbanyak ibadah untuk menjernihkan pikiran. Kamu nggak boleh memaksa diri untuk mampu beradaptasi di segala hal. Kuncinya adalah bersabar dan mengingat bahwa hidup ini penuh pelajaran.

7. Beristirahatlah yang cukup setiap hari. Ada energi yang harus selalu diisi

Menjadi percaya diri adalah proses yang sangat panjang dan mungkin melelahkan bagi kamu yang sedang mengalami krisis ini. Maka dari itu, beristirahatlah dengan cukup. Karena harus ada energi dalam diri yang harus selalu diisi.

Biarpun tips ini terbilang mudah dan sederhana, jangan gegabah dan mau instan saja ya. Sabar dan ikuti semua prosesnya demi menjadi pribadi yang lebih percaya diri sesuai harapan kalian!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Dista Mardani
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES