Suka Baca Novel? Download Novel Remaja Gratis di 5 Situs dan Aplikasi Ini

19 Maret 2018
|Chandra W.
0SHARES

Kalau nggak punya uang untuk traveling, seenggaknya kamu baca buku. Entah dari mana kalimat tersebut berasal, tapi kalau dipikir-pikir benar juga. Dengan membaca, kamu bisa ‘pindah’ ke tempat dan suasana yang sama sekali berbeda. Tapi sayangnya banyak pembaca yang masih sayang menghabiskan uang untuk membeli buku apa saja, termasuk novel.

Apakah kamu termasuk salah satunya? Jika iya, maka kamu bisa mengunjungi lima situs atau aplikasi berikut untuk membaca dan mengunduh secara gratis novel-novel remaja dalam berbagai format termasuk pdf.

1. Cabaca.id / Cabaca app

Cabaca.id adalah platform baca dan penerbitan digital di Indonesia yang mudah dan menyenangkan. Di sini kamu bisa membaca novel karya penulis-penulis baru, gratis dan ada juga yang berbayar dengan ‘kerang’ yang bisa didapat dengan pulsa reguler. Masih jauh lebih murah dibandingkan membeli novel bentuk cetak. Selain itu, kamu juga bisa menulis dan menerbitkan karyamu sendiri di sini.

2. Bookslife.co

Sebenarnya Bookslife adalah sebuah platform penerbitan buku digital. Namun Bookslife juga menyediakan buku dan novel berbagai genre untuk kamu yang suka membaca. Biasanya novel akan dibagi menjadi beberapa part dan dijual terpisah per part-nya. Part 1 biasanya dapat dibaca secara gratis untuk membantumu memutuskan akan membeli versi digitalnya atau tidak. Satu buku all parts jauh lebih murah dibandingkan buku versi cetak di toko buku. Cocok banget nih buat kamu yang lebih suka membaca di smartphone. Selain itu, hasil karya penulis juga tetap dihargai dengan royalti meski tidak sebesar royalti buku cetak.

3. Pecandu Kata

Di sini kamu bisa menemukan banyak sekali novel, baik Indonesia maupun novel luar negeri, dalam versi bahasa asli maupun terjemahan. Kamu hanya tinggal meng-klik novel yang kamu inginkan dan akan diarahkan ke Google Drive di mana kamu bisa mengunduh novel tersebut dalam format pdf. Cara ini nggak dianjurkan sih. Soalnya kamu, sebagai pembaca harusnya yang paling tahu bahwa penghargaan terbesar terhadap penulis adalah dengan membeli bukunya.

4. Ebook-Indonesia.id

Di sini kamu bisa mendapat sample ebook dari penulis-penulis kenamaan di Indonesia. Tujuan didirikannya situs ini adalah supaya pembaca memiliki referensi sebelum membeli buku versi cetak di toko buku.

5. Download-pdf.ikhsan.my.id

Di sini juga kamu bisa mengunduh banyak novel Indonesia dalam bentuk pdf. Tapi, lagi, harus kamu ingat bahwa ketika kamu membaca karya-karya ini secara gratis, mana bentuk penghargaanmu terhadap pemikiran penulisnya?

Begitu ya, para pembaca novel yang budiman. Bayangin deh kalau kamu jadi penulis, apakah kamu nggak sakit hati ketika tulisanmu dibaca secara cuma-cuma padahal itu hasil pemikiranmu selama berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun? Download gratisnya buat referensi sebelum beli versi cetak atau digitalnya saja.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Chandra W.
"Sebaik-baik tulisan adalah yang dibaca sampai akhir."
0SHARES