Sudah Tau Belum 7 Tradisi Unik Saat Merayakan Tahun Baru Imlek?

30 Januari 2017
|Indana Putri
Life
1296SHARES

Imlek atau tahun baru Cina merupakan tahun baru bagi masyarakat Tionghoa yang perhitungannya berdasarkan penanggalan bulan. Tahun baru Cina sendiri biasanya ditandai dengan berakhirnya musim dingin dan datangnya musim semi (musim bercocok tanam), sehingga tahun baru Cina dianggap penuh keberuntungan dan rezeki. Penanggalan Cina sendiri dipercaya untuk perhitungan hari baik jika ingin menikah, memulai usaha, dan kegiatan-kegiatan penting lainnya. Layaknya umat yang sedang merayakan hari besar, Imlek pun dirayakan secara besar-besaran. Umumnya, Tahun baru Cina ini dirayakan selama 15 hari mulai tanggal 1 dalam kalender Cina, dan ditutup di tanggal ke 15 tepat saat bulan purnama pada perayaan Cap Go Meh. Dari serangkaian acara tersebut, terdapat 7 tradisi unik dalam merayakan tahun baru Cina. Semuanya menyenangkan!

1. Larangan menyapu rumah

Wah, asyik nih, tahun baru bebas dari kegiatan bersih-bersih! Yups, tanggal 1 bulan 1 pada penanggalan Cina, atau lebih tepatnya hari H perayaan Imlek, sebisa mungkin tidak boleh menyapu rumah. Karena masyarakat Tionghoa percaya bahwa menyapu rumah sama dengan menyapu rejeki keluar dari rumah. Tapi jangan salah, sebelum hari H mereka sudah terlebih dulu membersihkan rumah sampe kinclong. Karena masyarakat tionghoa percaya, membersihkan rumah menjelang Imlek sama seperti menghapus segala kesialan, sehingga rumah mereka akan dipenuhi keberuntungan tepat saat tahun baru. Apalagi jika hujan deras turun di pagi hari, maka deraslah rejeki mereka sepanjang tahun.

2. Memakai atribut serba merah

Masyarakat Tionghoa memiliki kepercayaan kuno akan Nian, makhluk buas yang berasal dari gunung atau dasar laut, yang suka mengganggu manusia terutama pada saat tahun baru Cina. Namun, Nian takut warna merah, sehingga masyarakat Tionghoa memakai atribut serba merah agar Nian tidak berani mendekat. 

3. Menyalakan kembang api

Selain takut dengan warna merah, Nian rupanya juga takut dengan suara gaduh seperti letupan kembang api. Maka dari itu tahun baru Cina salah satunya dirayakan dengan menyalakan kembang api. Meskipun suaranya gaduh, tapi terlihat amat cantik benderang di langit malam yang gelap.

4. Berkumpul bersama keluarga besar

Tradisi yang satu ini hampir sama dengan lebaran. Saat tahun baru Imlek, seluruh keluarga akan berkumpul dan saling mengunjungi untuk tetap menjaga tali silaturahmi.

5. Makan besaaaaar!

Kumpul keluarga pasti identik dengan makan-makan. Makanan yang wajib disajikan saat Imlek pun ada banyak dan berbagai rupa. Hayo, bisa sebutin nggak apa aja makanan yang wajib ada saat Imlek?

6. Dilarang membalik ikan

Ikan merupakan salah satu hidangan yang wajib ada saat Imlek. Uniknya, kita hanya boleh memakan daging ikan di satu sisi saja (sisi atas). Kita tidak diperkenankan membalik ikan untuk memakan daging di bagian lainnya, sebab masyarakat Tionghoa percaya bahwa daging di sisi lainnya merupakan rejeki untuk tahun depan. Intinya, tradisi ini mengajarkan kita untuk nggak serakah.

7. Bagi-bagi angpao

Dari semua tradisi yang dirayakan saat Imlek, inilah yang paling ditunggu. Apalagi kalau bukan bagi-bagi angpao. Angpao sendiri biasanya berupa amplop berwarna merah berisi uang kertas. Nggak perlu nominal besar, yang penting uangnya masih baru. Tradisi ini mengandung makna bahwa kita harus berbagi rezeki dengan sesama.

Nah, itu tadi 7 tradisi yang pasti ada saat merayakan tahun baru Cina. Kalau di daerahmu, gimana tradisinya?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Indana Putri
Gak Punya Quote Nih!
1296SHARES