Strategi Cerdas untuk Mengatasi Stres Karena Masalah Finansial

www.pexels.com

Stres karena keuangan bisa disebabkan oleh berbagai macam hal. Salah satunya adalah perkara finansial. Bisa saja kamu tengah mencari solusi untuk melunasi utang, pemasukan yang kurang, pengeluaran yang jauh lebih banyak dari yang seharusnya, atau kesalahan dalam mengelola keuangan.

Hal di atas ternyata bisa menjadi sumber stres yang mempengaruhi mood dan kinerja sehari-hari. Supaya nggak semakin runyam, kamu harus segera mencari jalan keluar.

Berikut ini adalah beberapa strategi yang bisa dicoba dalam menghadapi stres kamu karena masalah keuangan. Bakal sangat membantu apabila diterapkan dengan tertib dan konsisten. 

1. Membuat rencana keuangan

www.usatoday.com

Banyak orang yang kondisi keuangannya makin buruk dan makin stres karena nggak mau membuat rencana keuangan. Mereka merasa financial plan justru akan membuat kadar stresnya bertambah. Padahal ini adalah cara untuk mengontrol keuangan dan jadi awal untuk mulai perlahan mengurangai rasa khawatir terkait kondisi keuangan. 

Dengan rencana keuangan yang pasti, kamu bisa melihat dan memutuskan strategi untuk memakai uang dengan bijak dan menghindari pengeluaran yang tidak terlalu penting. Dari catatan tersebut, kamu bisa menganalisis pengeluaran apa yang bisa ditekan dan meningkatkan target tabungan.

Pada awalnya, mungkin akan berat untuk tertib dengan budget yang sudah tertulis pada rencana keuangan. Setelah kamu paham flow dan merasakan manfaatnya, semua akan segera membaik. Justru kekhawatiran tentang keuangan malah akan berkurang secara perlahan. 

2. Menyiapkan dana darurat

thriveglobal.co

Dana darurat adalah tabungan yang ditujukan untuk kebutuhan tak terduga. Misalnya saja untuk biaya kendaraan pribadi, kesehatan, dan kehilangan pekerjaan. Akan sangat membantu karena dana ini bisa langsung dipakai tanpa perlu memecah tabungan pensiun apalagi hingga berutang.

Dengan mempersiapkan dana darurat sejak awal, rasa khawatir dan stres bisa diatasi. Idealnya jumlah darurat paling tidak adalah biaya hidup selama 3-6 bulan ke depan. Setiap bulannya, kamu harus memasukkan sebagian penghasilan ke rekening dana darurat meski sedang memiliki utang. Jika baru memulai sekarang, nggak usah langsung menyisihkan jumlah yang besar. Kamu bisa mencicil mulai dari Rp100 ribuan misalnya. Setelahnya, tinggal disesuaikan dengan jumlah penghasilan.

3. Meminta bantuan

financialwellness.org

Kalau sudah mentok, terlalu stres, dan nggak bisa mengatasi masalah keuanganmu sendiri, jangan ragu untuk meminta bantuan. Bantuan ini bukan berarti berutang. Maksudnya adalah meminta bantuan kepada orang yang lebih paham mengenai masalah keuangan untuk membantumu menyusun rencana keuangan dan memberi pemahaman tentang menabung dan investasi.

Mereka bisa memberi masukan dan strategi efektif agar kamu segera keluar dari masalah keuangan. Bahkan masalah keuangan utama yang kamu miliki adalah utang, kamu juga bisa mencari cara bisa segera lunas tanpa hidup terlunta-lunta.

4. Menentukan "pos" yang bisa dimodifikasi
www.mente.co.uk

Sebagian besar orang yang mengalami masalah keuangan pasti memiliki masalah terkait pengeluaran, pemasukan, dan keduanya. Kalau nggak bisa mendapatkan penghasilan yang cukup, kamu harus mencari cara untuk segera mengubah situasi. Misalnya dengan mencari pekerjaan tambahan dan meningkatkan skill sebagai batu loncatan karier.

Kalau yang merasa pengeluaran adalah masalah utaman, coba untuk lebih bijak dan mengontrol diri dalam membelanjakan uang. Jangan ragu untuk ikut kelas dan bertemu dengan ahli keuangan untuk membantu mengubah kebiasaan dan situasi finansial yang masih buruk. 

5. Melihat dan mencatat perkembangan
www.forbes.com

Tips ini terkesan seperti bukan solusi atas masalah keuangan yang tengah kamu hadapi. Tapi nantinya, kamu akan sadar bahwa ini adalah sesuatu yang sangat berfaedah. Kamu bisa mencari hal positif dari kondisi finansial yang sekarang, melihat, dan mengamati perkembangannya terhadap target keuangan. Melihat hal positif seperti itu akan membuat kamu merasa sedikit lebih tenang dan mengurangi stres.

Ingatlah bahwa kondisi keuangan tidak akan membaik jika tidak ada keinginan untuk mengubah mindset dan gaya hidup. Ada kemungkinan justru akan semakin buruk jika membiarkan dirimu terus terjebak rasa stres dan khawatir. Kamu harus tenang dan relaks untuk dapat mencari solusi terbaik. Dengan perubahan yang signifikan dan konsisten, masalah finansial perlahan bisa teratasi dan pikiran jadi lebih tenang.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Alwiansyah Duet dengan Agnez Mo? Duet Alwiansyah dengan Penyanyi Senior Yang Ditunggu!! | Keepo.me

Alwiansyah Duet dengan Agnez Mo? Duet Alwiansyah dengan Penyanyi Senior Yang Ditunggu!! | Keepo.me

Kunci Agar Hidup Lebih Produktif dan Tertata Tanpa Merasa Burnout

Kunci Agar Hidup Lebih Produktif dan Tertata Tanpa Merasa Burnout

Nikita Mirzani Bocorkan Reaksi Gofar Hilman Jika Melihatnya Tanpa Busana | Keepo.me

Nikita Mirzani Bocorkan Reaksi Gofar Hilman Jika Melihatnya Tanpa Busana | Keepo.me

Mengenal Jenis Dress Wanita untuk Tambah Pengetahuan Soal Dunia Fashion

Mengenal Jenis Dress Wanita untuk Tambah Pengetahuan Soal Dunia Fashion

Bikin Atta Halilintar Kalang Kabut karena Bra, Nikita Mirzani Sebut Otaknya Ada di Payudara | Keepo.me

Bikin Atta Halilintar Kalang Kabut karena Bra, Nikita Mirzani Sebut Otaknya Ada di Payudara | Keepo.me

Tips dan Trik Berpakaian Formal yang Jauh dari Kesan Membosankan

Tips dan Trik Berpakaian Formal yang Jauh dari Kesan Membosankan

loading