Stop Ucapkan Kalimat Pemicu Sakit Hati Ini ke Orang di Sekitarmu

unsplash.com

Pepatah “mulutmu, harimaumu” memang valid kebenarannya. Mulut bisa berubah menjadi ganas dan berpengaruh besar terhadap orang lain sudah banyak terbukti sepanjang sejarah umat manusia di Bumi. Itu sebabnya, menjaga ucapan sangat penting.

Kalau tak ada hal baik yang disampaikan, lebih baik diam. Kekerasan verbal bahkan bisa lebih berdampak buruk ketimbang kekerasan fisik. Sudah banyak orang yang hancur hidupnya akibat sering mendapat kekerasan verbal dari orang lain.

Maka dari itu, kamu harus berpikir ulang sebelum mengucapkan sesuatu dan usahakan setiap ucapan yang keluar dari mulut kamu tidak menyakiti orang lain. Kontrol diri ini memang sulit, tapi dengan tidak mengucapkan hal ini, tidak ada orang yang tersakiti.

1. “Itu bukan kerjaanku”

unsplash.com

Jangan pernah mengucapkan kata-kata ini kepada atasan dan rekanmmu di kantor. Pekerjaan yang berada di luar jobdesc-mu bisa menjadi kesempatan berharga untuk menunjukkan kepada atasan mengenai keterampilanmu.

Selain itu, mungkin atasanmu mulai percaya memberikan tugas baru untuk memberikan tantangan yang lebih. Intinya, jangan menolak tugas dengan alasan tugas tersebut bukan bagian dari pekerjaan. Kalau menjawab demikian, mungkin kamu akan dinilai sebagai orang yang enggan menerima tanggung jawab lebih dari tempat kerjamu.

2. “Aku tahu yang terbaik untuknya”

unsplash.com

Berhenti berkata seperti ini kepada mertuamu nanti. “Orang tua dan anak memiliki ikatan kuat. Mencoba untuk membuktikan bahwa hubunganmu dengan anaknya lebih baik daripada yang dia miliki, hanya akan melukai perasaan dan menuai kebencian dari mertua," ujar Francesca Di Meglio, pakar hubungan pernikahan.

Pernyataan dari Francesca ini menunjukkan bahwa kita tidak perlu mengklaim bahwa hubungan kita dengan pasangan lebih baik. Tetap rendah hati dan menerima saran dari mertua tidak ada salahnya, kok. Toh, keputusan akhirnya ada di tanganmu dan pasanganmu. Jadi, tidak perlu menyangkal dengan kalimat yang menyakitkan.

3. “Kenapa nggak bisa seperti saudaramu?"

unsplash.com

Mengucapkan kata-kata ini kepada anak dan kepada saudara hanya akan membuat mereka merasa tidak pernah cukup dan mampu menurunkan harga dirinya. Myrna Shure, PhD, seorang profesor psikologi, mengatakan bahwa membandingkan anak dengan saudaranya tidak bermanfaat, berapapun usianya.

Kamu juga pasti tahu kan rasanya dibandingkan dengan orang lain? Membandingkan seseorang dengan orang lain hanya membuat seseorang tersebut merasa minder dan tidak percaya diri. Bahkan kamu tidak tahu apa yang ia rasakan ketika ia dibandingkan dengan saudaranya.

4. “Aku tidak percaya dengan alasanmu”
unsplash.com

Apakah kamu sering berkata seperti ini kepada pasangan? Cobalah untuk berhenti melakukannya karena kalimat itu sama sekali tidak berguna. Terutama ketika kepercayaan adalah salah satu tanda hubungan yang sehat.

Kata-kata seperti ini hanya akan membuat kamu terdengar menuduh, yang bisa menjadi bumerang bagi hubungan kalian. Kamu terlihat tidak peduli pada pasangan. Komunikasi yang baik dalam sebuah hubungan itu perannya sangat penting. Jika kamu dan pasangan tidak bisa berkomunikasi dengan baik, hubunganmu tidak akan sehat!

Ucapan negatif lebih menyiksa bagi orang lain, apalagi jika orang tersebut memiliki masalah di dalam dirinya. Ubahlah ucapan negatif tersebut menjadi positif. Jika tidak bisa, lebih baik tidak mengatakan apapun ketimbang menyakiti orang di sekitar kamu.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Makanan yang Meminimalisir Minyak Berlebih di Wajah

Makanan yang Meminimalisir Minyak Berlebih di Wajah

Perubahan Baik yang Dirasakan Jika Rajin Isi Bullet Journal

Perubahan Baik yang Dirasakan Jika Rajin Isi Bullet Journal

Trik Mendekorasi Ruang Tamu dengan Tatanan Anti Mainstream

Trik Mendekorasi Ruang Tamu dengan Tatanan Anti Mainstream

Tanda Seseorang Terindikasi Jadi Bucin ke Pasangan

Tanda Seseorang Terindikasi Jadi Bucin ke Pasangan

Lakukan Hal Ini Agar Meja Belajar Selalu Rapi dan Nyaman

Lakukan Hal Ini Agar Meja Belajar Selalu Rapi dan Nyaman

Tips Menciptakan Kamar Mandi dengan Nuansa Alam

Tips Menciptakan Kamar Mandi dengan Nuansa Alam

loading