Skill Langka yang Paling Dicari oleh Perusahaan Ternama di 2021

unsplash.com

Sudah serba daring, banyak orang yang kini mulai terjun ke dunia bisnis. Banyaknya kegiatan yang beralih dari sistem offline ke online, mau tidak mau membuat siapa saja untuk bisa beradaptasi agar bisa bertahan hidup. Meningkatkan skill tentunya jadi cara terbaik untuk bertahan saat kondisi ekonomi masih belum stabil.

Perubahan yang serba digital secara masif dan mendadak ini membuat perusahaan membutuhkan orang dengan kemampuan baru yang sesuai dengan tren. Kebutuhan ini membuat banyak perusahaan skala kecil hingga besar ingin memiliki seorang karyawan yang ahli dalam teknologi, content, dan spesialisasi lain kekinian lainnya.

Supaya tidak ketinggalan zaman, sebaiknya kamu perlu menguasai skill berikut untuk bisa jadi kandidat yang paling dicari. Kalau jadi expert di salah satu bidangnya, bukan mustahil kamu akan direkrut sebagai karyawan di perusahaan tersebut.

1. SEO specialist

pixabay.com

Kandidat yang kini sangat dicari adalah seorang spesialis SEO yang bertanggung jawab untuk membuat sebuah konten berada pada peringkat atas mesin pencarian. Hal ini tidak lepas dari banyaknya website yang dibuat para pebisnis. Meningkatnya pertumbuhan kebutuhan ini membuat mereka berbondong-bondong bersaing untuk muncul di halaman pertama dan peran SEO specialist sangat dibutuhkan.

Website yang berada di peringkat atas membuat trafik yang tinggi dan berimbas pada sales dari perusahaan. Semakin tinggi trafik, semakin tinggi pula tingkat penjualannya. Skill ini jadi tren di 2021 dan bisa dipelajari secara otodidak melalu course atau online class untuk belajar SEO.

2. UI/UX Design & Research

pixabay.com

Beberapa tahun belakangan, ahli di UI/UX mulai banyak dicari para perusahaan besar. Beberapa unicorn startup terus menerus mencari designer dan researcher hebat untuk terus membuat aplikasi berkembang semakin baik. Tidak hanya aplikasi, UI/UX juga sangat dibutuhkan untuk kenyamanan para pengguna website yang perlu perencanaan matang agar pelanggan merasa puas ketika singgah ke platform tersebut.

Peran UI/UX designer dan researcher adalah melakukan riset, analisis, rancangan, sampai pengalaman tampilan dari sudut pandang pelanggan. Pertimbahannya tidak hanya bagus secara visual, tapi juga bertujuan untuk memberikan kemudahan penggunanya. Kalau sering melihat tampilan isi website dan aplikasi yang terus di-update dan berubah, itu merupakan hasil pekerjaan UI/UX. Yakin nggak tertarik dengan pekerjaan yang sangat dicari ini?

3. Cybersecurity

pixabay.com

Mungkin banyak yang belum tahu pekerjaan ini. Selain karena yang dikerjakan gaib dan tidak bisa digenggam, para pekerjanya pun biasanya tidak bekerja ke kantor umumnya. Mereka bekerja di rumah, standby di depan PC untuk memantau adanya threat yang mengancam dari hacker.

Jika keamanan data yang rentan diretas, kepercayaan pelanggan akan hilang dan kerugian akan ditanggung akan sangat besar. Jobdesc-nya adalah mengumpulkan informasi pelanggan dan menjaga keamanan jaringan. Bekerja sebagai cybersecurity cukup menarik dengan bayaran yang nggak main-main. Sekali gajian bisa tiga kali lipat UMR Jakarta. Yakin nggak mau asah keterampilan ini?

4. Web development
pixabay.com

Meskipun sudah sangat banyak seorang web developer, tapi tingkat peminat yang tinggi membuat pekerjaan ini masih banyak dicari. Perubahan yang serba digital juga membuat banyak bidang ikut berubah, termasuk manajemen perusahaan dan integrasi sistem digital. Permintaan pembuatan app dan website semakin meningkat.

Seorang developer punya peran untuk merancang, mengunduh, menguji, dan memelihara sistem yang tepat untuk web, mobile, maupun software tergantung dari permintaan klien. Karena banyak yang harus dikerjakan, maka ada bidang turunannya. Mulai dari di bagian front end, back end developer, full stack developer, database administrator, QA engineer, dan lainnya. Masalah gaji, nggak usah khawatir dengan nominal.

5. Cloud computing
pixabay.com

Pekerjaan ini terbilang masih minim SDM tapi sangat dibutuhkan untuk mengintegrasi penyimpanan dari server tradisional ke cloud. Peluang kerja untuk seseorang yang ahli dalam bidang cloud computing semakin dicari di 2021.

Skill cloud computing diperlukan untuk mengembangkan solusi perancangan, perencanaan, pengelolaan, pemeliharaan, dan mendukung penggunaan cloud itu sendiri. Meskipun tidak banyak juga yang membuka kelas khusus untuk belajar cloud computing, skill ini bisa kamu pelajari dari dasar IT.

6. Data science

pixabay.com

Sistem yang menjadi digital memuat banyak data masuk ke perusahaan. Karena itulah seorang data scientist harus mampu mengerti perolehan wawasan dan informasi, memanfaatkan perpaduan alat, algoritma, dan prinsip pembelajaran mesin untuk menentukan peluang yang lebih baik berdasarkan data yang ada.

Data science ilmunya bisa dipelajari di kelas banyak online. Kamu bisa mulai mempelajari hal dasar di bidang keuangan, penjualan, marketing, manajemen operasional, manajemen SDM, dan lainnya. Skill ini sangat dibutuhkan terutama pada industri utama seperti keuangan, perbankan, dan industri kesehatan. Menjadi seorang data scientist merupakan karier yang sangat menjanjikan.

7. Digital marketing

pixabay.com

Maraknya bisnis online membuat digital marketer sangat dicari. Kemampuan marketer secara digital sangat diperlukan di seluruh perusahaan karena peningkatan penggunaan e-commerce dan media sosial sebagai jadi wadah pemasaran produk. Belajar jadi seorang digital marketing bisa dilakukan dengan mengikuti banyak kelas online. Bila memiliki sertifikasi dari BNSP, value-mu akan semakin tinggi.

Digital marketing bertugas untuk mempromosikan brand melalui media digital. Mulai dari blog, website, email, iklan, media sosial, content marketing, dan lainnya. Dibutuhkan skill untuk melakukan riset mengenai tips dan trik melakukan pemasaran secara digital yang ampuh. Untuk bisa bersaing dengan yang lain, digital marketer biasanya punya ide yang jitu, unik, dan menarik agar produknya bisa dikenal luas.

Itu dia beberapa skill yang diminati oleh perusahaan besar pada 2021. Kamu bisa mempelajarinya dari sekarang karena area pekerjaan di bidang teknologi akan semakin sangat luas. Tidak perlu bisa di semua skill, fokuskan saja ke satu hal untuk dipelajari dan kuasai.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
7 Aplikasi Terbaik Pengubah Suara di Android | Keepo.me

7 Aplikasi Terbaik Pengubah Suara di Android | Keepo.me

Rahasia Membuat Kue Lamington yang Gurih dan Manisnya Pas

Rahasia Membuat Kue Lamington yang Gurih dan Manisnya Pas

100% Ampuh, 13 Cara Mengusir Cicak dari Rumah, Biar gak Kembali! | Keepo.me

100% Ampuh, 13 Cara Mengusir Cicak dari Rumah, Biar gak Kembali! | Keepo.me

Tips Tampil Stylish dengan Belted Cullotes yang Kekinian

Tips Tampil Stylish dengan Belted Cullotes yang Kekinian

Beginilah Aksi Nekat Copet di Brasil. Terang-Terangan Banget, Padahal di Tengah Keramaian! | Keepo.me

Beginilah Aksi Nekat Copet di Brasil. Terang-Terangan Banget, Padahal di Tengah Keramaian! | Keepo.me

Cara Membuat Chicken Schnitzel dengan Salad Sebagai Menu Makan Siang Baru

Cara Membuat Chicken Schnitzel dengan Salad Sebagai Menu Makan Siang Baru

loading