Single di Usia Matang Bukan Kutukan. Tak Perlu Panik Sekalipun Semua Temanmu Sudah Menikah!

cloudmedia.no

Umumnya kalau cewek usianya sudah 26 tahun ke atas, pasti banyak yang disarankan untuk mengakhiri masa lajang. Terlebih bagi mereka yang sudah mencapai usia 30, pasti banyak desakan untuk segera menikah. Tapi masalahnya, menikah itu bukan perkara yang mudah. Iya kalau sudah ada pasangannya, kalau belum bagaimana? Apa iya harus cari dulu di aplikasi kencan? Atau terima saja lamaran orang yang nggak benar-benar dicintai? Nggak juga kan?

Jadi bagi kamu para cewek yang sudah berada di usia matang untuk menikah, kamu nggak perlu khawatir kalau pun kamu masih single atau belum ingin menikah. Kamu juga tak perlu panik saat semua teman kamu sudah menikah dan punya anak. Sebab, menjadi lajang di usia matang bukanlah hal yang buruk. Belum menikah juga bukan akhir dunia, kok. Nggak percaya? Simak dulu ulasan berikut!

1. Menikah itu tentang sebuah “kesiapan”, kalau belum siap ya nggak usah kamu paksakan

unsplash.com

Menikah itu butuh banyak persiapan untuk membangun keluarga. Bukan cuma perkara punya pasangan lalu tinggal langsung ke KUA saja. Butuh kesiapan mental dan material untuk dapat membangun rumah tangga yang harmonis. Kalau kamu merasa belum siap secara mental meskipun usia sudah matang, kamu tak perlu memusingkan komentar orang. Ini hidup kamu, kok. Apalagi nikah juga butuh modal yang nggak sedikit.

2. Menikah itu bukan sebuah perlombaan, jadi tenang saja, nggak ada yang mengejar kamu sehingga kamu nggak perlu terburu-buru

www.crosswalk.com

Mungkin beberapa cewek ada yang panik kalau semua temannya sudah menikah. Seakan mereka ‘ketinggalan bus’ sekolah. Padahal pernikahan bukanlah sebuah perlombaan atau kompetisi. Ini semua pilihan pribadi. Sebab, sekalipun kamu sudah menikah juga bukanlah sebuah prestasi atau pencapaian tertentu. Jadi kamu tak perlu merasa buru-buru. Oke?

3. Masih single justru bikin kamu lebih fokus dengan diri sendiri atau mengejar karier untuk memperkaya diri

unsplash.com

Masih lajang itu membuat kamu lebih bebas dan fokus untuk melakukan banyak hal, seperti mengejar karier misalnya. Kamu bisa menggunakan waktumu untuk mengejar kesuksesan dan memperkaya diri sendiri dari hasil kerja kerasmu. Lagi pula ketika kamu sudah menikah, belum tentu kamu memiliki kesempatan yang sama. Jadi manfaatkan waktu single-mu sekarang ini.

4. Semua orang memiliki versi sendiri untuk bahagia, sekalipun ketika kamu masih sendiri
unsplash.com

Setiap orang itu memiliki versi kebahagiaan yang berbeda-beda. Mungkin bagi beberapa cewek, menikah itu membuatnya bahagia. Ya sudah kamu harus hormati itu. Bukan malah memukul rata kalau kamu juga harus melakukan hal serupa. Padahal kamu bisa merasakan kebahagiaan yang berbeda dalam hidupmu sendiri. Kamu bisa bebas melakukan segala hal yang kamu mau.

5. Sebelum kamu memilih untuk membangun keluarga, tanyakan pada diri sendiri apakah ada yang perlu kamu perbaiki sebelum melangkah ke tahap tersebut?
unsplash.com

Memiliki keluarga itu butuh komitmen dan tanggung jawab yang tinggi. Pokoknya banyak faktor di dalamnya dan sangat kompleks. Itulah mengapa, sebelum kamu memilih melakukannya, cobalah tanyakan pada dirimu sendiri apakah ada yang perlu kamu perbaiki di kehidupan kamu? Bagaimana egomu? Apakah kamu orang yang tanggung jawab dan disiplin? Apa kamu orang yang sabar? Jadi fokuslah untuk memperbaiki diri dulu, ya.

6. Percayalah kalau setiap orang itu memiliki masanya sendiri-sendiri. Jadi lebih baik, nikmati dan syukuri apa saja yang ada di depan matamu saat ini

travelsisters.co

Percayalah semua itu ada waktunya sendiri-sendiri, kok. Kamu tak perlu memikirkan jalan hidup orang lain. Jadi sekarang nikmati apa yang semesta berikan kepadamu. Sebab, semua yang ada di depan matamu saat ini tak akan bisa terulang lagi dan waktu terus berjalan. Live the moment, oke?

Jadi, mulai sekarang kamu nggak perlu memusingkan lagi masalah ini. Santai saja dengan kehidupan yang kamu punya. Kamu juga nggak perlu membanding-bandingkan hidupmu dengan orang lain. Kalau ada yang bertanya dan mendesakmu untuk lekas menikah, minta doa mereka saja dan tidak perlu kamu pusingkan. Semua akan terjadi di waktu yang tepat kok!

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Kontroversi Menyusui Anak di Tempat Umum: Seksual atau Fungsional?

Kontroversi Menyusui Anak di Tempat Umum: Seksual atau Fungsional?

Gaya Pacaran Dulu Vs Sekarang: Cara Nembak Pun Makin Minimalis!

Gaya Pacaran Dulu Vs Sekarang: Cara Nembak Pun Makin Minimalis!

4 Tipe Orang Ini Akan Kamu Temui Saat Bakar-Bakaran Idul Adha. Bikin Kzl!

4 Tipe Orang Ini Akan Kamu Temui Saat Bakar-Bakaran Idul Adha. Bikin Kzl!

7 Tipe Teman Ini Pasti Ada Dalam Lingkaran Pergaulan Setiap Cewek. Kzl Tapi Sayang!

7 Tipe Teman Ini Pasti Ada Dalam Lingkaran Pergaulan Setiap Cewek. Kzl Tapi Sayang!

8 Manfaat Luar Biasa Cuka untuk Pakaian. Bisa Bikin Awet dan Selalu Kelihatan Baru!

8 Manfaat Luar Biasa Cuka untuk Pakaian. Bisa Bikin Awet dan Selalu Kelihatan Baru!

Biar Kelihatan Elegan, Ini 7 Cara Halus Tapi Ampuh untuk Menarik Perhatian Cowok!

Biar Kelihatan Elegan, Ini 7 Cara Halus Tapi Ampuh untuk Menarik Perhatian Cowok!

loading