Simpan Datamu Secara Online dengan Cloud Ini, Gratis!

unsplash.com

Punya smartphone seringkali ikut dipakai untuk melakukan beberapa kegiatan dalam sekali waktu. Hal ini membuat memori terisi cache yang notifikasi jadi dipenuhi tulisan memory storage is full. Meskipun bisa menambah memory card, entah mengapa rasanya masih kurang.

Teknologi yang meningkat dan dinamis setiap waktunya, secara tidak langsung menuntutmu untuk memiliki storage berkapasaitas untuk menyimpan data penting. Perlu diketahui, cloud bisa memberikan kemudahan dalam menyimpan berbagai file. Termasuk backup pekerjaan yang sudah selesai kamu garap.

Ada beberapa layanan cloud storage yang bisa kamu gunakan untuk menghindari munculnya notifikasi memori penuh. Data pentingmu bisa tersimpan dengan aman. Backup bisa tetap aman dan bisa diakses sewaktu-waktu.

1. Google Drive

pixabay.com

Layanan cloud storage yang sering dipakai adalah Google Drive. Layanan penyimpan milik Google menyediakan 15 GB yang bisa digunakan untuk menyimpan foto, video, text, bahkan file dengan format .rar dan tentu saja gratis. Penyimpanan gratis ini sebenarnya telah dibagi-bagi untuk menyimpan e-mail, hangouts, dan aplikasi lainnya besutan Google.

Google Drive juga merupakan aplikasi bawaan di beberapa perangkat Android, dan tidak perlu repot meng-install aplikasi di PlayStore. Kalian juga bisa langsung menyingkronisasi data dengan driver supaya langsung otomatis disimpan ke layanan cloud storage ini. 

Tidak hanya menyimpan, kamu juga bisa berbagi dan mengeditnya langsung dari berbagai perangkat. Kemudahan dari Drive ini adalah bisa berkolaborasi dengan orang lain untuk mengakses file. Jadi, kalau sedang Work from Home bisa bekerja langsung dengan membuka Drive dan share pekerjaan. 

Kalau ternyata media penyimpanannya yang 15 GB itu kurang, kamu bisa beli layanan penyimpanan premium dengan harga $1.99/bulan untuk kapasitas 100 GB. Kalau akun bisnis yang portofolionya perlu diamankan di Drive, bisa membeli seharga $9.99/bulan dengan kapasitas 1 TB. Bahkan Google Drive menyiapkan layanan premium 10-30 TB dengan harga $99-299/ bulan.

2. Dropbox

pixabay.com

Sama terkenalnya dengan Google Drive, Dropbox juga tidak perlu diragukan lagi kualitasnya. Dropbox sendiri adalah layanan penyimpanan dengan penyimpanan 2 GB secara gratis. Layanan cloud storage yang sangat mudah untuk diakses maupun dibagikan ke orang lain juga tersedia dalam berbagai perangkat Android maupun iOS.

Uniknya, kita bisa mendapatkan ruang penyimpanan tambahan sampai 16 GB gratis jika berhasil mengajak teman untuk juga menggunakan layanan cloud storage milik Dropbox ini. Dropbox juga menyediakan layanan pro dan bisnis untuk menyimpan data lebih banyak. Dropbox Pro berkisar $9.99 / bulan untuk menyimpan sampai 1 TB. Sedangkan untuk Dropbox Business dibandrol $15.50/bulan untuk penyimpanan sebanyak yang dibutuhkan!

3. One Drive

pixabay.com

Tidak mau kalah dari Google, Microsoft juga punya layanan cloud storage. Sebelumnya bernama SkyDrive, OneDrive kini telah diperbarui layanan penyimpanannya oleh Microsoft. Sehingga para pengguna Microsoft bisa langsung menyimpan data di akun Microsoft.

Onedrive memberikan free space up memory sebesar 7 GB sampai 15 GB untuk penggunanya. Bahkan memberi tambahan ruang penyimpanan sebesar 5 GB jika kita berhasil mengajak teman yang lain untuk menggunakan OneDrive. Layanan premium dari OneDrive juga cukup murah dibanding sebelumnya, yakni $1.99/bulan dengan penyimpanan sebesar 50 GB.

4. Box
pixabay.com

Kalau kalian adalah seorang enterpeneur, Box adalah layanan cloud storage sangat populer. Perusahaan biasanya menggunakan Box untuk menyimpan data. Karena lebih populer di kalangan bisnis dan perusahaan, tentu fasilitas yang diberikan juga berbeda dengan Google Drive, Dropbox, atau OneDrive.

Box memberikan 10 GB penyimpanan gratis untuk penggunaannya. Dengan account pribadi, kita hanya dapat mengunggah data kecil karena dibatasi 250 MB saja. Layanan cloud storage ini juga dapat mengakses file dengan menggunakan perangkat dan platform berbeda. Karena untuk bisnis, harga layanan personal pro Box diberi harga $11.50/bulan dengan penyimpanan 100 GB saja.

5. Mega
flickr.com

Meskipun bukan milik perusahaan sebesar Google, nyatanya Mega diminati untuk dijadikan layanan cloud storage. Mega sendiri adalah layanan yang berasal dari file hosting Mega Upload yang kemudian cukup populer untuk dijadikan tempat penyimpanan data karena cukup besar kapasitasnya.

Mega Upload sendiri dulunya sangat populer untuk menyimpan file download. Meskipun sudah ditutup, perusahaan tersebut akhirnya meluncurkan Mega sebagai layanan cloud storage. Mega memberikan ruang penyimpanan gratis sampai 50 GB. Nggak main-main bahkan untuk layanan Pro harganya cukup miring $9.5/bulan dengan kapasitas 4 TB yang merupakan ruang penyimpanan yang besar, 'kan?

6. ADrive

pixabay.com

Meskipun asing didengar, ADrive adalah layanan cloud storage yang juga memberikan ruang penyimpanan cukup besar. Seperti Mega, Adrive memberikan 50 GB penyimpanan secara gratis. Kamu bisa mencoba paket trial 60 hari untuk kapasitas 100 GB. Ada beberapa paket yang bisa dibeli untuk meningkatkan kapasitas penyimpanan.

ADrive bukan merupakan layanan cloud storage full free, karena setelah trial dibebankan biaya $ 2.50/bulan untuk 100 GB pertama. Kelemahan lainnya, layanan ini masih belum stabil pada aplikasi ADrive pada Android dan iOS.

7. SpiderOak

www.flickr.com

SpiderOak juga memberikan layanan cloud storage sebesar 2 GB secara gratis. Layanan ini menjamin keamanan data pribadi yang tersimpan pada cloud storage dan masih dapat meningkatkan kapasitas ruang penyimpanan sampai 10 GB dengan mengajak teman untuk menggunakan SpiderOak dengan syarat kita akan mendapatkan 1 GB untuk setiap teman yang menggunakan layanan SpiderOak. Untuk layanan pro, SpiderOak memberi harga $12 dengan kapasitas 1 TB.

Cloud storage atau penyimpanan awan adalah model penyimpanan data digital. Data ini disimpan dalam komputer server, dan biasanya dimiliki dan dikelola oleh perusahaan hosting. Penyedia layanan cloud storage ini bertanggung jawab untuk menjaga data yang tersedia dan dapat diakses dari berbagai platform.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Depopulasi Dunia: Pesawat Semprot Zat Kimia Berupa Chemtrails di Angkasa (Project Cloverleaf)? | Keepo.me

Depopulasi Dunia: Pesawat Semprot Zat Kimia Berupa Chemtrails di Angkasa (Project Cloverleaf)? | Keepo.me

Deretan Items Termurah yang Bisa Dibeli dari Brand Mewah

Deretan Items Termurah yang Bisa Dibeli dari Brand Mewah

Lihat Nih Penampakan Calon Penganten Pas Bridal Shower, Bikin Merinding! | Keepo.me

Lihat Nih Penampakan Calon Penganten Pas Bridal Shower, Bikin Merinding! | Keepo.me

Inspirasi OOTD Buat yang Berencana untuk Virtual Date

Inspirasi OOTD Buat yang Berencana untuk Virtual Date

Kisah Ini Memperingatkanmu Supaya Berhati-Hati Jika Mencari Jodoh Lewat Online | Keepo.me

Kisah Ini Memperingatkanmu Supaya Berhati-Hati Jika Mencari Jodoh Lewat Online | Keepo.me

Aksesoris HP Lawas Ini Sempat Jadi Primadona Pada Era Kejayaannya Dulu

Aksesoris HP Lawas Ini Sempat Jadi Primadona Pada Era Kejayaannya Dulu

loading