Siapkah Kamu Menikah? Yuk Kenali Tanda-tandanya Biar Nggak Salah Langkah

13 Mei 2018
|Galih Wisnu Brata
257SHARES

Menikah menjadi impian setiap orang. Setiap orang mempunyai impian untuk membangun keluarga yang bahagia. Namun, mengikat diri dalam pernikahan bukanlah perkara mudah. Maka dari itu, dibutuhkan persiapan matang sebelum menapaki kehidupan berumah tangga. Nah, biar kamu nggak kecele, bisa nih kenali tanda-tanda kalau kamu sudah siap nikah. Penasaran? Langsung simak deh.

1. Tahu prioritas dan mampu mengaturnya

Kalau kamu tahu prioritasmu dan mampu mengaturnya, bisa dibilang kamu sudah siap untuk menikah. Karena saat menikah, kebutuhanmu akan semakin melonjak. Nah, dibutuhkan kemampuan yang baik dalam mengatur prioritas kebutuhan supaya tidak keteteran.

2. Time management sudah berjalan baik

Ketika menikah, hidupmu bukan hanya untuk diri sendiri. Pasanganmu juga berhak mendapatkan kesempatan waktu untuk bersamamu. Apalagi kalau sudah punya anak, menikmati kebersamaan bersama keluarga adalah hal yang harus disediakan. Makanya, kamu harus pintar-pintar mengatur waktumu. Kerja tetap jalan dan kumpul keluarga pun bisa terlaksana.

3. Mampu mengatur keuangan hingga stabil

Setiap harinya, kebutuhan kita semakin bertambah. Kalau sudah menikah, pastinya kebutuhan akan semakin banyak. Iya dong karena kita sudah memiliki pasangan. Kamu harus bisa mengatur keuangan untuk banyak hal. Kebutuhan bulanan rumah tangga, biaya pendidikan anak, biaya kesehatan hingga biaya liburan harus diatur dengan baik supaya kita tidak kebingungan.

4. Berpikir lebih dewasa

Menjalin hubungan dengan pasangan harus disikapi dengan dewasa, terlebih saat sedang mengalami permasalahan. Salah satu di antaranya harus bisa mengalah agar masalah tidak semakin keruh.

5. Bisa menoleransi perbedaan

Setiap orang memiliki perbedaan, begitu pula dengan pasanganmu kelak. Entah perbedaan pendapat, hobi, atau rencana. Namun, ketika sudah menikah, tidak seharusnya perbedaan menjadi sumber pertengkaran. Malah seharusnya, perbedaan menjadikan pemerkuat hubungan.

6. Selalu belajar tidak egois

Dengan menikah, kamu tidak bisa mengutamakan egomu. Sifat egois harus ditekan seminimal mungkin. Kamu harus sadar bahwa kamu tidak bisa seenaknya dan sebebas ketika masih melajang. Semua hal harus dibicarakan dengan pasangan agar tidak terjadi kesalahpaham yang bisa berujung pertengkaran.

7. Memahami komitmen dengan baik

Menikah berarti kamu telah membuat komitmen dengan pasanganmu. Komitmen yang satu ini tidaklah seperti komitmen yang lain. Selain berjanji dengan pasangan, Tuhan pun ikut dilibatkan. Oleh karenanya, kamu tidak bisa main-main dengan pernikahan. Susah dan senang harus siap dihadapi bersama.

 

Gimana nih diri kamu setelah melihat tanda-tanda tersebut, udah siap nikah? Atau masih ingin menikmati masa lajangmu?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Galih Wisnu Brata
"memahami karena menjalani"
257SHARES