Shibal Biyong dan Gaya Hidup Milenial di Korea Selatan

unsplash.com

Setiap orang memiliki caranya masing-masing untuk mengatasi stres dan frustrasi dalam dirinya. Salah satu cara yang dilakukan oleh millenial Korea Selatan ialah dengan menghamburkan uang yang mereka miliki. Fenomena yang sedang merebak ini dinamai Shibal Biyong.

Mengapa milenial Korea Selatan memilih untuk menghamburkan uang demi menghilangkan frustrasinya? Lalu mengapa mereka frustrasi? Jawabannya adalah kesenjangan yang semakin lebar di Korea Selatan yang juga dirasakan oleh milenial di sana.

1. Sulit merintis karier

foreignpolicy.com

Generasi milenial kelas menengah di Korea Selatan adalah kelompok yang rentan mengalami kesulitan hidup. Sulit mendapatkan pekerjaan apalagi yang berpenghasilan besar. Persaingan yang ketat untuk merintis karier di perusahaan ternama adalah salah satu penyebabnya.

Apalagi praktik nepotisme masih sangat kental di Korea Selatan. Bagi seseorang yang bukan berasal dari lingkaran pemilik dan pemimpin perusahaan, akan sangat sulit untuk mencapai karir tertinggi di perusahaan tersebut. Hingga akhirnya, milenial Korea Selatan merasa ketimpangan pendapatan adalah masalah terbesar dalam hidup mereka.

2. Gangguan mental

www.cup.com.hk

Bukan hanya sulit membeli rumah, milenial Korea rentan terhadap gangguan kesehatan mental. Anggapan ini dibuktikan oleh Jeongmin Kim, seorang analis politik dari Seoul National University. Dalam sembilan tahun terakhir, jumlah pengangguran di Korea Selatan menyentuh angka tertinggi pada 2018.

“Hampir separuh jumlah kematian pada kelompok usia 20-an di Korea Selatan disebabkan oleh bunuh diri."

3. Fenomena shibal biyong

www.baohomnay.com

Sebagian milenial yang masih ingin hidup, memilih untuk menghamburkan uang untuk banyak hal. Misalnya dengan gaya hidup suka-suka seperti makan makanan mahal, liburan tanpa perencanaan, hingga menggunakan transportasi mahal alih-alih naik bus atau komuter.

Begitulah fenomena shibal biyong yang sedang tren di kalangan milenial Korea Selatan. Menghamburkan uang untuk menghilangkan stres akibat tekanan di tempat kerja dan berbagai tekanan hidup lainnya jadi hal yang biasa.

4. Mustahil punya rumah
bizlive.vn

Akibat gajinya yang pas-pasan, mereka sulit dalam mendapatkan aset. Seperti membeli rumah, mobil, atau mengumpulkan dana untuk hari tua. Ini membuat muda-mudinya memakai uang yang dimiliki untuk bersenang-senang.

Sebab menurut mereka, kebutuhan hidup terus meningkat ssedangkan pendapatan tidak naik. Jadi mustahil bagi mereka untuk bisa membeli rumah. Akhirnya, mereka lebih memilih menghabiskan uang.

5. Tidak suka menabung
tirto.id

Pada kenyataannya, harga rumah di berbagai negara melambung tinggi. Bukan hanya di Korea, milenial di negara lain pun merasa frustrasi dan menganggap rumah bukanlah indikator kesuksesan dalam hidupnya. Bebas dari utang adalah yang terpenting.

Menabung memang bukan prioritas bagi milenial. Mereka cenderung ingin menjalani hidup dengan cara yang menyenangkan dan santai. Itu sebabnya generasi ini lebih senang berlibur ke suatu tempat yang indah ketimbang menabung untuk membeli rumah. 

Fenomena shibal biyong yang dialami oleh milenial Korea Selatan sebenanrnya juga dialami oleh generasi yang sama di negara lain. Gaya hidup yang menyenangkan membuat mereka sulitnya memiliki properti. Ditambah lagi masalah pemasukan yang tidak begitu besar, membuat sebagian besar milenial frustrasi. Sudah saatnya millenial belajar mengontrol pengeluaran dan memilih investasi yang tepat.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Film dan Drama Choi Minho SHINee, Kualitas Aktingnya Jempolan | Keepo.me

Film dan Drama Choi Minho SHINee, Kualitas Aktingnya Jempolan | Keepo.me

Tokoh Berzodiak Virgo yang Berprestasi dan Menginspirasi

Tokoh Berzodiak Virgo yang Berprestasi dan Menginspirasi

Dear Ladies, Ini Cara Menghitung Masa Subur dengan Kalender yang Akurat | Keepo.me

Dear Ladies, Ini Cara Menghitung Masa Subur dengan Kalender yang Akurat | Keepo.me

Cara Mempertahankan Hubungan Harmonis dengan Rekan Kerja

Cara Mempertahankan Hubungan Harmonis dengan Rekan Kerja

Dangdut Academy 4 Bikin Heboh, Ada Penampakan Kuntilanak Saat Live Show | Keepo.me

Dangdut Academy 4 Bikin Heboh, Ada Penampakan Kuntilanak Saat Live Show | Keepo.me

Suka Baca Zodiak dan Percaya Garis Tangan, Ini Alasan Kenapa Orang Suka Diramal

Suka Baca Zodiak dan Percaya Garis Tangan, Ini Alasan Kenapa Orang Suka Diramal

loading