Sering Tidur Malam Bangun Siang? Coba Sekali-kali Jadi Morning Person, Banyak Manfaatnya!

01 Oktober 2017
|Chandra W.
Life
0SHARES

Setiap pagi rasanya diburu-buru waktu, karena semaleman nggak bisa tidur. Kalaupun tidur cukup dan bisa bangun sebelum matahari terbit, hawanya kepingin tarik selimut lagi. Akhirnya tetap kesiangan. Jadilah seharian ngantuk di tempat kerja. Duh duh duh, jangan diterusin deh kebiasaan kayak gini. Kamu boleh beralasan "aku kan memang bukan dan nggak pernah bisa jadi morning person.." Ah kata siapa? Bisa kok.

1. Bangun lebih awal membuatmu punya lebih banyak waktu untuk 'ngumpulin nyawa'

Kalau kamu butuh waktu sekitar lima sampai sepuluh menit tiap bangun tidur, artinya kamu nggak bisa kan bangun tidur langsung mandi dan lain-lain. Nah kalau kamu bangun lebih awal, waktunya masih ada tuh buat ngumpulin nyawa. Otak kamu jadi lebih siap untuk memroses kejadian selanjutnya. Sedangkan kalau bangun aja udah siang, mana sempat peregangan otot pagi-pagi, yang ada cuma badmood karena buru-buru. Mending mana?

2. Karena waktunya lebih banyak, harusnya persiapan jadi lebih matang

Kamu masih punya waktu untuk mengecek apa saja yang perlu dibawa untuk presentasi dan rapat hari ini. Tapi harus udah disiapkan dari malam sebelumnya ya. Soalnya, kalau kamu menggeser waktu persiapan ke pagi hari karena berpikir waktunya banyak, kamu malah akan stress misalnya waktu salah satu kaos kakimu hilang sementara yang lain belum kering. Pagi hari hanya untuk mengecek ulang.

3. Sayang sama tubuhmu bisa dimulai dengan menjadi morning person

Tubuh kita punya jam biologis sendiri dan malam hari adalah waktunya organ dalam untuk beristirahat sedangkan pagi sampai sore hari adalah waktunya beraktivitas. Dengan mengatur pola tidur, tubuh akan terbiasa dan lama-lama kamu bisa bangun tanpa menyetel jam alarm sekalipun. Lagipula, terbangun oleh alarm sebenarnya nggak sehat karena kamu bangun dalam keadaan kaget. Dengan tidur cukup dan bangun sebelum matahari terbit, kesehatan kulitmu juga lebih terjaga.

4. Bisa menikmati sarapan yang tenang

Coba deh ingat-ingat, kapan terakhir kali kamu bikin kopi sendiri di rumah lalu menyesapnya dalam ketenangan? Memang sih sekarang banyak kafe yang menyediakan menu sarapan dan take away coffee. Tapi apa nikmatnya sih makan roti sambil jalan, sambil naik ojek, sambil lari-lari nyebrang jalan? Kembalikan waktu-waktu emasmu di pagi hari hanya dengan sedikit usaha untuk bangun pagi.

Semua yang akan kita lakukan hari ini ditentukan oleh bagaimana kita menghabiskan pagi lho. Nggak mau dong, pekerjaanmu berantakan karena kesiangan lalu lupa sarapan lalu berkas penting ketinggalan dan akhirnya harus bolak-balik dan membuang lebih banyak waktu? Makanya, mulai nanti malam, rebahkan tubuh maksimal pukul sepuluh dan bangun pagi besok maksimal pukul lima. Lebih banyak waktu, lebih siap menghadapi hari.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Chandra W.
"Sebaik-baik tulisan adalah yang dibaca sampai akhir."
0SHARES